Wajib Coba, Olahraga Sebelum Tidur

Sabtu, 8 Januari 2022 | 00:01:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

Wajib Coba, Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga Ssebelum Tidur.(Special)

Ladiestory.id - Kamu yang mempunyai kebiasaan di malam hari langsung tidur, sebaiknya kebiasaan itu diubah. Kamu perlu melakukan sedikit aktivitas agar bisa tidur lebih nyenyak atau membuat badanmu menjadi lebih segar untuk tidur.

Yuk intip olahraga sebelum tidur berikut.

Olahraga Sebelum Tidur

1. Push Up

Push Up.(Special)

Push up adalah gerakan yang mudah dilakukan sebelum tidur. Kamu bisa melakukannya 10-15 menit. Cara melakukan push up adalah dengan tengkurap , lalu badan sedikit di tarik keatas dan kedua tangan terbuka lebar dan kaki juga dibuka sedikit. Lakukan gerakan naik dan turun dengan posisi yang stabil sehingga pernapasan kamu bisa diatur.

Manfaat ketika melakukan push up adalah memperkuat otot punggunng, bahu dan lengan, membuat pernapasan menjadi stabil, menjaga keseimbangan tubuh, mengencangkan payudara, dan memperbaiki postur tubuh kamu agar tetap tegang dan tidak menunduk.

2. Squad Jump

Squad Jump.(Special)

Squad Jump merupakan gerakan tubuh dengan posisi diawal berdiri degak dengan kedua kaki dibuka lebar dan kedua tangan lurus keatas. Lalu gerankan jongkok dilakukan dan kedua tangan ditekuk seperti gambar di atas. Lakukan lompat dan jongkok selama 10 menit sebelum tidur.

Kegiatan ini dilakukan agar otot persendianmu tidak sakit atau nyeri. Manfaat saat melakukan squad jump adalah melatih otot kaki dan paha selain itu melatih kelincahan dan dapat membakar lemak yang ada pada tubuh.

3. Meditasi

Meditasi.(Spesial)

Meditasi atau biasa disebut dengan semedi merupakan sebuah relaksasi semua organ tubuh. Ini bertujuan agrar tubuh kamu semakin rileks dan ringan ketika tidur. Selain menenangkan orang-organ tubuh dari akivitas sehai-hari, meditasi juga bermanfaat sebagai mengurangi stres yang berlebih, mengatur pernapasan dan mengurangi tingkat emosional yang tinggi.

Cara melakukan meditasi yang benar adalah duduk dengan posisi kaki yang dilipat, lalu posisi badan yang tegak dan jari-jari setiap masing-masing tangan membentuk huruf o antara ibu jari dan telunjuk. Kemudian Kamu menutup kedua mata dan fokus. Tarik napas secara perlahan dan hembuskan. Lakukan meditasi di ruangan yang sepi tanpa ada seorangpun agar meditasi berjalan dengan lancar.

4. Peregangan otot atau Streching

Peregangan otot atau Streching.(Special)

Peregangan otot aalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk membuat otot-otot agar tetap lentur dan kuat. Peregangan otor bisa dilakukan selama 10-15 menit. Aktivitas ini bertujuan membuat semua urat pada otot bisa lemas dan lebih ringan lagi. Jadi ketika Kamu tidur, bisa tidur dengan nyenyak.

5. Plank

Plank.(Special)

Melakukan aktivitas plank tidak menggunakan alat jadi bisa dilakukan dirumah dan sebelum tidur. Latihan plank ini juga bisa berfungsi membantu meratakan perut dan membentuk otot-otot perut. Jadi buat kamu yang memiliki perut buncit, bisa melakukan aktivitas gerakan plank ini sebelum tidur.

Langkah-langkah dalam melakukan gerakan plank antara lain:

Pertama, posisi tengkurap dengan posisi siku diatas karpet.

Kedua, letakkan pergelangan tangan didepan tubuh hingga bahu sejajar dengan siku.

Ketiga, tarik bahu keatas secara perlahan dan kencangkan area bokong.

Keempat, kencangkan otot perut dengan menarik pusar Kamu kebelakang dan pastikan punggung juga lurus.

Kelima, posisikan kepala Kamu menghadap kedepan atau menghadap ke tembok.

Keenam, jangan lupa atur pernapasan agar tetap stabil. Ketujuh, lakukan kegiatan Plank selama 5-10 menit sebelum tidur.