Wajib Tahu! 5 Cara Mudah Atasi Masalah Rambut Rontok

Sabtu, 30 Juli 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Wajib Tahu! 5 Cara Mudah Atasi Masalah Rambut Rontok

Ilustrasi Atasi Rambut Rontok. (Pinterest)

Ladiestory.id - Rambut rontok merupakan salah satu masalah serius yang nggak boleh kamu sepelekan begitu saja. Pasalnya, salah satu mahkota wanita ini juga memiliki karakter khusus bagi pemiliknya. Selain menunjang penampilan, rambut yang indah terawat pun memberikan kesan percaya diri bagi seseorang.

Masalah rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti rambut sering di-styling, baik di hair dryer mau pun dicatok, kekurangan vitamin dan gizi, masalah hormon, stres, hingga pola hidup yang kurang sehat.

Jika kamu mengalami rambut rontok, enggak usah khawatir dulu. Kamu bisa mengatasinya dengan 5 cara berikut ini, loh.

Pilih Produk yang Tepat

Pilih Produk yang Tepat. (Pinterest)

Memilih produk perawatan rambut pun enggak boleh asal-asalan. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan jenis kebutuhan dan permasalahan rambutmu saat ini.

Saat ini pun sudah banyak sekali produk perawatan rambut dengan ragam keunggulan yang terkandung di dalamnya. Pastikan sebelum membeli, produk yang kamu pilih sudah tepat supaya enggak menimbulkan masalah baru bagi rambutmu.

Yoghurt dan Madu

Yoghurt dan Madu (pinterest)

Yoghurt dan madu juga memiliki manfaat untuk melindungi rambut dari kerontokan. Hal ini dikarenakan yoghurt kaya akan kandungan vitamin B5 dan protein. Sedangkan madu memiliki kandungan probiotik yang dapat melindungi rambut dari masalah kerusakan, termasuk kerontokan.

Cara menggunakannya, sediakan 2 sendok makan yoghurt, 1 sendok madu dan ambil setengah potong buah lemon yang diambil perasan airnya. Campurkan seluruh bahan yang sudah dimasukan kedalam wadah dan aduk hingga merata.

Kemudian oleskan seluruh adonan ke permukaan rambut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya bilas dengan bersih menggunakan air.

Putih Telur

Putih Telur. (Pinterest)

Telur juga bisa digunakan sebagai alternatif perawatan kecantikan, salah satunya untuk mengatasi permasalahan rambut. Telur diketahui memiliki kandungan protein hingga vitamin B yang dapat membantu menutrisi rambut hingga ke akarnya.

Cara menggunakannya pun mudah, ambil satu buah putih telur dan campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk kedua bahan ini hingga merata. Setelah itu, oleskan ke bagian akar hingga pangkal rambut secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas rambut hingga bersih. 

Santan Kelapa

Santan Kelapa (pinterest)

Santan merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, loh! Santan juga memiliki kandungan vitamin E, mineral dan lemak esensial yang dapat membantu melembabkan rambut, sekaligus menyehatkan rambut.

Tak hanya itu, kandungan minyak pada santan juga dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan mampu menutrisi rambutmu. Hal ini dikarenakan santan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melindungi rambutmu dari kerusakan, termasuk kerontokan rambut.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Cukup oleskan santan kelapa ke seluruh permukaan rambut hingga merata menggunakan kuas. Kemudian, tutup rambutmu dengan pelindung kepala dan diamkan selama kurang lebih 10-20 menit. Setelah meresap, lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukannya setiap seminggu sekali.

Lidah Buaya

Lidah Buaya (pinterest)

Lidah buaya juga memiliki manfaat yang baik untuk menyeimbangkan pH kulit dan rambutmu, loh. Teksturnya yang lembut dapat membantu menutrisi kelembapan hingga kulit kepala maupun akar rambut.

Namun, sebelum mengaplikasikan lidah buaya ke permukaan rambutmu, alangkah baiknya jika direbus terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari irtasi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pertama-tama rebus terlebih dahulu lidah buaya, kemudian ambil dagingnya. Setelah dingin, gosokkan lidah buaya ke permukaan rambut dengan gerakan memutar secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, baru kemudian bilas hingga bersih dengan air.

s