Wajib Tahu! Ini Rahasia Waktu Kerja Otak Manusia

Senin, 25 Juli 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Wajib Tahu! Ini Rahasia Waktu Kerja Otak Manusia

Ilustrasi aktivitas manusia (Special)

Ladiestory.id - Salah satu organ terpenting bagi manusia adalah bagian otak. Sebab, otak menunjang seluruh aktivitas manusia dalam kesehariannya mulai dari pikiran hingga fisik. Sama halnya dengan tubuh, otak pun memiliki irama tersendiri sehingga ada waktu-waktu terbaik yang dimanfaatkan agar lebih maksimal dalam bekerja atau belajar.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui cara kerja otak dan kapasitasnya. Hal tersebut berpengaruh ketika melakukan sebuah pekerjaan di mana kinerja otak menjadi kurang maksimal.

Lalu, waktu apa saja yang baik untuk memaksimalkan fungsi dan kinerja otak? Berikut penjelasannya, Ladies!

Pukul 09:00-11:00

Ilustrasi aktivitas manusia. (Special)

Waktu ini merupakan saat yang paling baik untuk melakukan aktivitas yang produktif. Sebab, otak mengeluarkan hormon stress yang cukup, sehingga kamu lebih fokus dalam bekerja. Oleh karena itu, selesaikan tugas yang kamu miliki pada waktu ini. Selain menjadi lebih fokus, hasil yang kamu dapatkan juga lebih maksimal.

Pukul 11:00-14:00

Ilustrasi aktivitas manusia. (Special)

Pada waktu ini, sangat baik bagi kamu mengerjakan tugas yang berat maupun sulit. Hormon tidur yang menyebabkan kantuk jadi turun tajam. Kamu dapat berkonstrasi dalam melakukan pekerjaan. Adapun yang perlu diperhatikan adalah, kurangi melakukan pekerjaan secara bersamaan. Sebab, selain membuatmu kehilangan konsentrasi juga membuat otakmu berkerja lebih keras.

Pukul 14:00

Ilustrasi aktivitas manusia (Special)

Setelah melakukan berbagai aktivitas dari pagi hingga menjelang siang, waktu ini menjadi saat terbaik untuk kamu istirahat siang. Kamu bisa melakukan tidur siang untuk mengistirahatkan tubuh yang telah aktif sejak tadi serta mengembalikan tenaga untuk berkativitas kembali. Saat ini asupan darah atau oksigen ke otak juga agak berkurang. Kamu pun akan menjadi mengantuk dan lemas.

Pukul 15:00-17:00

Ilustrasi aktivitas manusia (Special)

Waktu ini sangat baik untuk menghabiskan waktu dengan bersantai dengan teman atau keluarga. Sebab, otak merasa lelah serta kinerja otak pada waktu ini juga tidak terlalu tajam. Sehingga, menikmati waktu dengan bersantai merupakan pilihan yang tepat sebelum kembali memulai aktivitas selanjutnya.

Pukul 19:00-22:00

Ilustrasi aktivitas manusia (Special)

Selepas malam, otak berada dalam fase pemeliharaan, yaitu ketika produksi hormon melatonin (penyebab kantuk) berada di level rendah. Sehingga, sangat tepat jika digunakan untuk mengerjakan tugas yang masih belum terselesaikan. Lalu, ketika sudah mendekati larut malam, kamu dapat mulai meninggalkan pekerjaan dan bersiap untuk mulai tidur. Sebab, saat ini hormon melatonim meningkat dan suasana ngantuk mulai menghampiri.

Pukul 22:00 ke Atas

Ilustrasi aktivitas manusia (Special)

Jam segini merupakan waktu untuk beristirahat malam. Kamu dapat mulai mengatur cahaya dalam ruangan menjadi lebih redup untuk membantu otak perlahan beristirahat. Mulailah untuk terbiasa tidur dengan cukup, selama 7-8 jam perhari agar kamu dapat menjaga kesehatan serta memiliki energi yang optimal di pagi hari.

Bagi kamu yang masih menempuh pendidikan, berikut waktu terbaik otak untuk belajar:

  • Pukul 9-11 pagi, otak memiliki tingkat fokus yang baik serta tubuh terasa segar. Sangat baik untuk digunakan belajar.
  • Pukul 11-12 siang, otak berkosentrasi melakukan aktivitas berat. Kamu dapat memanfaatkannya untuk mempelajari materi yang sedikit lebih sulit.
  • Pukul 6-8 malam, merupakan waktu terbaik bagi otak untuk belajar sebelum akhirnya kamu menutup hari dengan beristirahat penuh di malam hari.

Itulah, rahasia waktu kinerja otak yang pelu kamu tahu dan dapat membantu hasil pekerjaan lebih maksimal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Ladies!