Wajib Tahu, Ini 7 Waktu yang Mustajab agar Doa Segera Terkabul

Rabu, 27 April 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Wajib Tahu, Ini 7 Waktu Yang Mustajab Agar Doa Segera Terkabul

Foto: priangan timur news

Ladiestory.id - Berdoa kepada Allah SWT menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh umat muslim. Doa yang dipanjtakan bisa bermacam-macam, mulai dari yang berhubungan dengan rezeki, kesehatan, keselamatan, karier, maupun masalah yang sedang menimpa.

Allah SWT sangat menyukai hamba yang senantiasa memanjatkan doa kepada-Nya dan berjanji akan mengabulkannya. Hal ini seperti yang tertuang dalam QS. Ghafir ayat 60 yang berbunyi:

“Berdoa lah kepada-Ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam dalam keadaan hina dina."

Umumnya umat muslim memanjatkan doa setelah selesai menjalankan ibadah salat, baik itu salat wajib maupun sunah. Namun tahukah Kamu, jika berdoa bisa dilakukan kapan saja tanpa kenal waktu. Kamu pun bisa melakukannya tanpa harus menunaikan ibadah salat terlebih dahulu.

Karena ada beberapa waktu tertentu yang diyakini sangat mustajab untuk berdoa, sehingga apabila memanjatkan doa di waktu tersebut akan lebih mudah dikabulkan.

Bagi umat muslim, tentunya wajib mengetahui beberapa waktu mustajab tersebut.

Setelah Menjalankan Salat Wajib dan Salat Malam

Ilustrasi salat. (Special)

Berdoa setelah selesai salat lima waktu maupun salat malam menjadi waktu yang mustajab karena sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al Bahili.

Dalam hadis tersebut diceritakan ada seorang hamba yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, doa manakah yang didengar oleh Allah?”. Rasulullah pun menjawab, “Doa pada akhir malam dan setelah salat maktubah atau salat wajib”, (HR. Tirmidzi dan Hasan).

Untuk waktu salat malam atau tahajud yang diketahui sangat mustajab untuk berdoa adalah pada sepertiga malam terakhir.

Di Antara Waktu Azan dan Ikamah

Ilustrasi umat muslim berdoa. (Special)

Waktu selanjutnya yang dianggap mustajab untuk berdoa adalah setelah selesai azan berkumandang dan sebelum ikamah. Waktu di antaranya inilah yang dipercaya membuat doa yang dipanjatkan tidak akan tertolak.

Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Imam Abu Daud, Imam Turmuzi, dan Imam Nasal dalam kitab Al-Yaumu wal Lailah yang berbunyi:

“Doa yang dipanjatkan diantara azan dan iqamah tidak ditolak."

Saat Sujud dalam Salat

Ilustrasi sujud. (Special)

Saat melakukan sujud, posisi seorang hamba menjadi lebih dekat dengan Tuhan. Bahkan, waktu sujud diketahui menjadi salah satu waktu mustajab untuk memanjatkan doa. Sehingga tak heran banyak sekali para ulama yang memperpanjang waktu sujudnya ketika sedang menjalankan salat, karena bisa digunakan untuk memanjatkan doa.

Hal ni sesuai dengan hadis riwayat Muslim yang berbunyi:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu."

Saat Turun Hujan

Ilustrasi hujan. (Special)

Saat turun hujan menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Karena hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Al Hakim 2534 yang berbunyi:

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika azan berkumandang dan ketika hujan turun.”

Ketika Sedang Berpuasa dan Saat Berbuka

Ilustrasi buka bersama. (Special)

Momen Ramadan memang sangat tepat jika diisi dengan berdoa. Pasalnya, banyak keberkahan yang bisa didapatkan pada bulan ini. Berdoa saat sedang puasa maupun saat berbuka diyakini sangat mustajab untuk dikabulkan.

Hal ini sesuai dengan hadis Jabir bin ‘Abdullah yang diriwayatkan oleh HR. Al-Bazaar.

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, akan dikabulkan.”

Saat Sahur

Ilustrasi sahur. (Special)

Sahur dianjurkan untuk dijalankan bagi umat muslim yang hendak menjalankan puasa. Selain bisa digunakan untuk mengisi perut agar kuat menjalankan puasa selama seharian penuh, sahur juga menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. AdzDzariyat ayat 18.

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.”

Pada Hari Arafah

Ilustrasi berdoa saat hari Arafah. (Special)

Hari Arafah jatuh pada hari kesembilan dalam bulan Zulhijah. Hari ini sangat spesial bagi umat muslim karena menjadi hari pelaksanaan salah satu rukun haji, yaitu wukuf di Arafah. Selain itu, juga menjadi hari kedua dalam menjalankan ibadah haji.

Berdoa saat hari Arafah diketahui menjadi waktu yang mustajab agar lekas terkabul. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi.

“Sebaik-baik doa adalah pada hari arafah. Dan sebaik-baik ucapanku dan Nabi sebelumku adalah ‘Tiada ilah kecuali Allah SWT yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah segala kerajaan, bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

s