Tradisi Minta Hujan, Wali Kota Meksiko Menikah dengan Buaya

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:30:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Tradisi Minta Hujan, Wali Kota Meksiko Menikah Dengan Buaya

Pernikahan dengan Buaya. (Special)

Ladiestory.id - Wali kota San Pedro Huamelula, Meksiko, Victor Hugo Sosa, ramai diperbincangkan di media sosial usai menikahi seekor buaya. Upacara pernikahan digelar besar-besaran dengan menampilkan musik dan tarian tradisional pada pada Kamis (30/6/2022).

Dirinya bahkan tak segan untuk mencium moncong sang mempelai. Tidak ada kekhawatiran baginya mencium buaya tersebut karena mulutnya sudah diikat.

Menurut Victor Hugo Sosa, ritual pernihakannya memiliki tujuan sebagai permintaan hujan kepada alam, sehingga sungai-sungai bisa menghasilkan cadangan makanan yang cukup bagi warga sekitar. Pernikahan ritual ini sudah dilakukan selama berabad-abad.

"Kami meminta hujan yang cukup kepada alam, untuk makanan yang cukup, sehingga kami memiliki ikan di sungai," ujar Victor Hugo Sosa, di pantai Pasifik, Oaxaca, dikutip dari Reuters, Minggu (3/7/2022).

Ritual kuno di San Pedro Huamelula, yang sekarang bercampur dengan Katolik, diawali dengan mendandani buaya menggunakan gaun pengantin putih dan baju warna-warni. Buaya berusia tujuh tahun itu disebut sebagai putri kecil.

Pernikahan dengan Buaya. (Special)

Sang buaya diyakini sebagai dewa mewakili ibu pertiwi. Pernikahan buaya dengan pemimpin lokal melambangkan penyatuan manusia dengan dewa.

Begitu terompet dibunyikan dan drum dipukul, penduduk setempat membawa pengantin buaya di tangan dan melewati jalan-jalan desa. Kemudian, disambut para pria yang mengipasinya dengan topi mereka.

"Ini memberi saya begitu banyak kebahagiaan dan membuat saya bangga dengan akar saya," ujar Elia Edith Aguilar, yang dikenal sebagai ibu baptis yang mengatur pernikahan.

Elia Edith Aguilar mengatakan bahwa dirinya merasa istimewa karena dipercaya untuk melaksanakan upacara pernikahan tersebut.

Pernikahan dengan Buaya. (Special)

"Ini tradisi yang sangat indah," ujarnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Oaxaca diketahui merupakan wilayah yang kaya dengan tradisi dan budaya. Warganya juga masih mempertahankan kabiasaan turun-menurun ini.

s