Waspada! 6 Bahaya yang Muncul Akibat Malas Bersihkan Alat Makeup

Kamis, 21 Juli 2022 | 23:45:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Waspada! 6 Bahaya Yang Muncul Akibat Malas Bersihkan Alat Makeup

Ilustrasi Akibat Malas Membersihkan Alat Makeup. (Pinterest)

Ladiestory.id - Menggunakan makeup beserta alat-alat penunjangnya merupakan satu kesatuan yang sangat penting. Sebab, akan membuat tampilan makeup menjadi lebih rapi, flawless dan juga memberikan hasil yang maksimal.

Alat-alat makeup yang sering digunakan secara terus-menerus juga bisa membahayakan kulit apabila tidak dibersihkan, loh. Oleh karena itu kamu juga harus rajin membersihkan alat makeup supaya tidak menimbulkan 6 bahaya ini, Ladies.

Kulit Mudah Berjerawat

Kulit Mudah Berjerawat. (Pinterest)

Yup! Hal menakutkan dan juga paling dijengkelkan oleh banyak orang tentunya adalah jerawat. Tanpa disadari, makeup tools seperti brush, spons, maupun alas bedak yang tidak pernah diganti atau bahkan tidak pernah dicuci, akan mempermudah bakteri bersarang dan menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat.

Selain itu, kuas makeup yang kotor juga akan mengandung banyak bakteri sehingga menimbulkan masalah kulit dan infeksi.

Pada saat kamu mengaplikasikan foundation menggunakan brush yang kotor dan tidak pernah dicuci, tentunya pada saat itu juga kotoran dan bakteri berpindah ke kulit wajahmu.

Nggak hanya itu, sisa makeup yang menempel di permukaan alat tersebut dapat menyumbat pori-pori sehingga kulit wajahmu mudah berjerawat.

Infeksi

Infeksi. (Pinterest)

Ladies, tak hanya menimbulkan jerawat, alat makeup yang kotor juga dapat menyebabkan infeksi akibat bakteri. Alat-alat makeup yang jarang dibersihkan akan memunculkan bakteri E.Coli, Staphylococcus dan Streptococcus, jamur hingga virus.

Akibat malas membersihkan alat makeup, bakteri ini akan mudah bersarang pada alat-alat tersebut sehingga menyebabkan kulit infeksi akibat bakteri.

Iritasi Kulit

Iritasi Kulit. (Pinterest)

Hal selanjutnya yang bisa terjadi karena kamu malas membersihkan alat makeup adalah kulit wajah menjadi iritasi. Jika kamu malas membersihkan makeup tools-mu dan masih saja menggunakannya dalam keadaan kotor, maka kulitmu akan bereaksi seperti timbul ruam merah, gatal-gatal, perih bahkan menimbulkan bekas luka.

Jika alat makeup-mu sudah sangat kotor, rusak bahkan tidak layak pakai, sebaiknya ganti dengan yang baru. Jika tidak segera diganti, maka hal ini justru akan menimbulkan reaksi kulit dan menyebabkan iritasi akibat alat makeup yang kotor.

Sebaiknya bersihkan alat makeup secara teratur bila tidak ingin bakteri semakin menumpuk pada peralatan berhiasmu tersebut.

Akibatkan Penuaan Dini

Penuaan Dini. (Pinterest)

Malas membersihkan alat makeup bisa mengakibatkan penuaan dini? Yup, hal-hal sepele seperti malas membersihkan alat makeup ini ternyata juga bisa menimbulkan masalah kulit lainnya.

Tanpa kamu sadari, ketika kamu malas mencuci brush atau spons, hal ini dapat memicu terjadinya kerusakan elastisitas pada kulit wajah. Tak hanya, itu kulitmu akan berisiko mengalami penuaan dini.

Timbulkan Konjungtivitis

Konjungtivitis (pinterest)

Ladies, kuas makeup yang kotor juga bisa menimbulkan bahaya di area sekitar mata, seperti menimbulkan konjungtivitis atau infeksi pada membran mata.

Hal ini mengakibatkan kondisi mata menjadi infeksi, mata memerah, hingga rasa nyeri. Masalah ini timbul akibat kontak mata antara kotoran, debu, bakteri hingga virus. Maka dari itu, jangan malas membersihkan alat makeup-mu ya, Ladies. 

Hasil Makeup Kurang Maksimal

Makeup Kurang Maksimal (pinterest)

Hal lain yang tentunya dapat disebabkan akibat kurang memperhatikan kebersihan alat-alat makeup adalah hasil riasan menjadi kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena masih menempelnya sisa-sisa makeup yang kamu gunakan pada alatnya.

Nggak hanya itu, alat makeup yang digunakan terus-menerus juga bisa mengalami kerusakan, misalnya bulu-bulu brush menjadi kasar dan kering, alas bedak menjadi kusam, hingga spons yang tidak pernah dibersihkan akan semakin kotor.