Waspada! Ini 5 Faktor yang Bisa Akibatkan Penuaan Dini

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:15:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Waspada! Ini 5 Faktor Yang Bisa Akibatkan Penuaan Dini

Ilustrasi Penuaan Dini. (Pinterest)

Ladiestory.id - Memiliki kulit yang glowing dan sehat pasti menjadi dambaan bagi setiap wanita. Namun, faktanya tidak semua wanita memilki kulit yang diidam-idamkan tersebut.

Terdapat beragam faktor yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini di usia wanita yang terkadang terbilang cukup muda. Nggak jarang lantaran hal ini sebagian wanita ada yang dipanggil tante, padahal usia masih di kepala dua.

Ladies, ini 5 faktor yang bisa mengakibatkan penuaan dini dan perlu kamu ketahui. 

Gaya Hidup Tidak Sehat

Ilustrasi Gaya Hidup Tidak Sehat. (Pinterest)

Salah satu yang menjadi faktor penyebab penuaan dini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Semakin bertambahnya usia, kamu nggak boleh tenang-tenang saja karena level antioksidan pada tubuh semakin berkurang.

Selain dari luar, tubuh juga harus dirawat dari dalam. Jika kamu sering mengonsumsi makanan cepat saji, serta makanaan yang terlalu banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna, maka sebaiknya harus dikurangi dari sekarang.

Selain itu, sering mengonsumsi alkohol pun bisa mengakibatkan penuaan dini, loh? Akibatknya kulit cepat keriput dan kendur. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan tidak sehat tersebut dan mulai perbanyak konsumsi buah dan sayur yang baik untuk menutrisi kulit, serta kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Sering Begadang

Ilustrasi Sering Begadang. (Pinterest)

Kamu sering banget begadang? Hati-hati Ladies, sering begadang juga bisa mengakibatkan munculnya mata panda, bahkan kulit mudah mengerut, loh.

Selain kurangnya waktu istirahat yang cukup, collagen dalam tubuhmu lama-kelamaan bisa menjadi rusak. Kebiasaan tidur hingga larut malam dapat mengganggu proses regenerasi sel kulit wajah sehingga akan mudah menyebabkan wajah kusam dan menua.

Studi menunjukan bahwa kebiasan tidur kurang dari 5 jam juga dapat meningkatkan risiko rusaknya skin barrier dan penuaan dini. Yuk, kurangi kebiasaan tidur larut malam agar kondisi tubuhmu bisa fit keesokan harinya.

Sering Merasa Stres

Ilustrasi Sering Merasa Stres. (Pinterest)

Selalu merasa sering stres juga dapat mengakibatkan wajah cepat menua, loh. Gejala stres tentunya sering terjadi dalam hidup, apalagi hal ini sering menjadi tekanan psikis seseorang.

Stres akan membuat seseorang menjadi kurang bergairah dan menyebabkan wajah cepat kusam. Selain itu, otak akan cepat melepaskan hormon kortisol secara otomatis jika seseorang mengalami stres. Untuk mengatasi gejala stres, sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat, berlibur, berolahraga atau melakukan kebiasaan yang dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Kurangnya Perlindungan Terhadap Kulit

Kurangnya Perlindungan Kulit (pinterest)

Apakah kamu si aktif yang suka beraktivitas diluar ruang? Nah, jika iya, maka kamu juga perlu memberikan perhatian lebih terhadap kulitmu.

Pasalnya, semakin banyaknya aktivitas juga harus diimbangi dengan memperhatikan kesehatan kulit. Kamu harus rajin menggunakan sunblock atau sunscreen ketika beraktivitas di dalam mau pun luar ruangan.

Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan masker untuk perlindungan kulit agar terhindar dari polusi dan debu kotor yang bisa mengakibatkan kulit menua secara perlahan.

Malas mengaplikasikan sunblock maupun sunscreen, baik di dalam maupun luar ruangan akan membuat kondisi kulit mengalami keriput dan penuaan dini. Jangan lupa, selalu aplikasikan sunscreen sebagai re-apply kembali setiap dua jam agar mendapatkan hasil perlindungan makin sempurna.

Bakteri Baik dalam Kulit Tidak Seimbang

Bakteri Baik tidak Seimbang (pinterest)

Wanita memang nggak bisa terlepas dari yang namanya skincare. Namun, tahukah kamu jika penggunaan produk skincare yang berlebihan juga bisa mengikis bakteri baik pada tubuhmu, loh.

Bakteri microbiome juga berperan untuk menjaga kondisi kulit agar lebih seimbang, tidak mudah kering serta mencegah terjadinya iritasi kulit. Nggak hanya itu, stres dan diet ketat juga bisa mengurangi keseimbangan bakteri baik yang ada pada tubuhmu, loh.