Waspada! Ini 5 Tanda Kulitmu Alami Over Eksfoliasi

Sabtu, 23 Juli 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Waspada! Ini 5 Tanda Kulitmu Alami Over Eksfoliasi

Ilustrasi Kulit Mengalami Over Eksfoliasi. (Pinterest)

Ladiestory.id - Melakukan eksfoliasi merupakan salah satu cara yang baik untuk mengangkat sel kulit mati, serta menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Namun, jika kamu melakukan eksfoliasi terlalu sering juga bisa menyebabkan hal fatal yang membahayakan kulit, loh. Maka dari itu, kamu juga harus waspada, agar tidak menimbulkan 5 masalah kulit akibat over eksfoliasi berikut ini.

Munculnya Peradangan Kulit

Peradangan pada Kulit. (Pinterest)

Jika kamu sering melakukan eksfoliasi pada kulit hingga over-exfoliated, maka akan timbul peradangan dengan munculnya kemerah-merahan pada kulit wajah, gatal-gatal, rasa panas seperti terbakar, bahkan kulit reaktif.

Hal ini timbul lantaran lapisan kulit mulai terganggu dan mengakibatkan peradangan, alergi, bahkan iritasi. Ditambah lagi dengan paparan sinar matahari, kulitmu akan mengalami gatal tak tertahankan. Gejala kulit pada tahap ini pun bisa menyebabkan munculnya dermatitis.

Timbul Ruam Merah dan Iritasi

Ruam Merah dan Iritasi. (Pinterest)

Eksfoliasi dengan menggunakan scrub atau bahan kimiawi lainnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu membersihkan pori sehingga kulit tampak sehat dan cerah. Namun, eksfoliasi yang berlebihan justru dapat memberikan dampak buruk yang fatal, khususnya bagi kesehatan kulit.

Dilansir dari The Klog, eksfoliasi yang berlebihan dapat mengakibatkan timbulnya ruam merah dan kulit menjadi iritasi. Kulit akan merasakan sensasi terbakar, rasa panas dan juga gatal.

Hal ini menandakan bahwa skin barrier telah mengalami kerusakan dan terjadi pengelupasan kulit yang parah. Pengelupasan kulit yang berlebihan juga dapat membuat permukaan kulit menjadi bengkak.

Muncul Jerawat

Muncul Jerawat. (Pinterest)

Munculnya jerawat juga dapat dikarenakan oleh beberapa faktor tertentu. Namun siapa sangka, jika sering melakukan eksfoliasi pun bisa menimbulkan masalah kulit yang satu ini.

Jerawat bisa muncul akibat skin barrier yang lemah. Jika ditambah dengan seringnya eksfoliasi, maka mengakibatkan terjadinya penipisan kulit dan peluang bagi jerawat untuk masuk ke permukaan kulitmu pun lebih mudah.

Kulit Jadi Kering

 Kulit Kering. (Pinterest)

Tanda lainnya yang menyebabkan kulitmu over-exfoliated adalah kulit menjadi kering, retak hingga dehidrasi. Hal ini dikarenakan kandungan minyak alami pada kulit terkuras ketika terlalu sering melakukan eksfoliasi, sehingga kulit kehilangan pelembap alaminya.

Kamu juga harus memperhatikan produk yang dapat melembapkan sekaligus menghidrasi kulit setelah melakukan eksfoliasi.

Kulit  Berminyak

Kulit Berminyak. (Pinterest)

Eksoliasi yang berlebihan juga bisa memproduksi minyak lebih banyak dari normalnya sebagai bagian dari upaya perlindungan diri akibat kekurangan cairan.

Jika kulitmu mengeluarkan minyak secara berlebihan sehingga harus sering-sering mengusapnya dengan kertas minyak, maka hal ini pertanda bahwa kulitmu kekurangan cairan.

Wajah Mengkilap

Wajah Mengkilap. (Pinterest)

Selain munculnya minyak berlebih pada kulit, wajahmu juga akan terlihat lebih mengkilap. Jika kamu merasakan kulit yang menipis, transparan bahkan mengkilap, itu tandanya wajahmu sudah over eksfoliasi, Ladies!

Maka dari itu, untuk menjaga regenerasi kulit cantikmu agar terus sehat dan terawat, kamu bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali dalam seminggu dengan memberikan jeda 2-3 hari agar kulit terhindar dari inflamasi, serta memulihkan kulit sensitif.

Itu dia 5 tanda kulit mengalami eksfoliasi yang berlebihan. Jika kamu mulai mengalami beberapa tanda yang sudah disebutkan tadi, maka bisa kurangi tindakan eksfoliasi. Berikan jeda untuk sementara agar kulitmu dapat memulihkan kandungan alaminya.

Kamu pun dapat mengganti scrub dan menggunakan produk pembersih yang lembut dan halus. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap dan sunscreen setelahnya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

s