Waspadai Alami Creative Block, Ini Penyebab Yang Jarang Disadari Penulis

Senin, 7 Februari 2022 | 11:59:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Waspadai Alami Creative Block, Ini Penyebab Yang Jarang Disadari Penulis

Ilustrasi Creative Block (Special)

Ladiestory.id - Menulis memang sesuatu yang dapat tidak mudah, namun bukan hal sulit. Itulah yang membuat banyak pekerjaan saat ini membutuhkan seorang penulis. Hanya saja, kemungkinan besar hampir setiap orang yang pernah berada atau masih berkecimpung dengan dunia tulis tentu mengalami creative block.

Hal itu merupakan keadaan sulit berpikir sehingga tidak tahu harus menulis apalagi. Kurang ide yang ditemukan menjadi salah satu gejala fase creative block. Tenang saja, ini merupakan sesuatu yang wajar bagi penulis. Namun, kondisi ini bisa diatasi sehingga Kamu tidak perlu merasa panik. Selama sudah mengerti penyebabnya, segeralah cari solusi untuk memcahkannya. 

Berikut penyebab creative block yang perlu Kamu wspadai 

1. Sikap terlalu Perfeksionis

Ilustrasi Creative Block (Special)

Sesuatu yang perlu dipahami ketika mulai menulis adalah tak perlu merasa jika karya yang dibuat mendapatkan hasil memuaskan. Pasalnya, jika tulisan selesai dibuat, besar kemungkinan jika hasilnya tidak selalu dikatakan sempurna. Ketika karya dinilai belum baik oleh seseorang, itu karena mungkin sudut pandangnya mengenai karyamu berbeda dengan pesan yang ingin Kamu sampaikan. Sikap perfeksionis ini sangatlah berpengaruh bagi penulis mengalami creative block. Jangan terlalu fokus terhadap satu hal saja hingga sempurna. Lebih baik buat semua pekerjaan dahulu, lalu pilah agar tidak terjadi kesalahan.

2. Terlalu memaksakan dengan Terus-menerus menulis

Ilustrasi Creative Block (Special)

Sekalipun menulis merupakan hobi atau pekerjaan, penulis tetap harus memiliki jeda atau waktu istirahat yang cukup agar tidak jenuh. Jangan terlalu memaksakan diri hingga membuat kondisi kesehatan menjadi tidak memungkinkan untuk bekerja. Maka, cobalah bersikap lebih bijak. Sederhananya ketika otak bekerja terlalu keras maka Kamu akan mudah kehilangan fokus, hal itu dapat memicu terjadinya creative block. Ambil waktu jeda atau istirahat untu keluar sejenak dari statusmu sebagai seorang penulis dengan mencoba melihat baru atau berkunjung ke tempat wisata. 

3. Kebiasaan Malas membaca

Ilustrasi Creative Block (Special)

Ini merupakan hal paling fatal bagi penulis ketika memiliki perasaan malas membaca. Sebenarnya, membaca memberikan banyak manfaat dari menghibur hingga memberikan wawasan baru. Sebagai seorang penulis, membaca menjadi salah satu aktivitas penting untuk memberikan kosakata baru sehingga membuatmu lebih handal dalam memunculkan ide-ide menarik ke dalam tulisan.

4. Perasaan Kurang Percaya Diri sehingga Membandingkan Tulisan dengan Orang Lain

Ilustrasi Creative Block (Special)

Sesuatu yang perlu ditanamkan dalam diri masing-masing adalah bangga dengan karya sendiri. Maka, hilangkan perasaan negatif yang menganggap jika karyamu tidak berarti apa-apa jika dengan milik orang lain. Pemikiran ini yang akan menjerumuskanmu pada kondisi creative block. Dari situlah Kamu akan kesulitan untuk melanjutkan tulisanmu karena merasa kurang percaya diri. Namun, sadari kalau setiap penulis pasti memiliki keunikan mereka masing-masing. Maka dari itu, supaya bisa menjadi yang terbaik, cobalah menjadi diri sendiri tanpa membandingkan atau meniru orang lain, bebaskan diri dalam berkarya. 

5. Perasaan Terlalu Banyak Berpikir dan Merasa Ingin Lebih

Ilustrasi Creative Block (Special)

Sebenarnya berinovasi menjadi sesuatu yang baik perlu Kamu lakukan. Bahkan ketika ada perasaan ingin membuat karya yang lebih menarik dari orang lain. Hanya saja, jangan sampai itu malah membuatmu terlalu banyak berpikir tanpa bertindak. Ketika merasa idemu kurang menarik, maka ujung-ujungnya hal itu malah membuatmu kehilangan semua ide. Coba mulai dulu, ketika muncul ide, buat dan evaluasi setelah itu. Karena kalau tidak mencoba, tentu tidak akan tahu hasilnya.