Seperti di Luar Negeri, 7 Wisata Unik di Sulawesi

Selasa, 26 Juli 2022 | 12:00:00

Seperti Di Luar Negeri, 7 Wisata Unik Di Sulawesi

Taman Prasejarah Leang-Leang. (Special)

Ladiestory.id - Buat kamu yang suka travelling, bisa liburan ke luar negeri adalah impian terdalam. Menjelajahi negara dengan budaya dan wisata baru, tentunya akan menjadi momen liburan yang tidak terlupakan. Namun, liburan ke luar negeri tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jangan khawatir, jika belum ada kesempatan ke luar negeri, kamu bisa mencoba menjelajahi wisata dalam negeri. Salah satu daerah di Indonesia yang memberikan vibes luar negeri adalah Pulau Sulawesi. 

Tempat wisata di Sulawesi sangat bervariasi. Ada wisata alam hingga wisata budaya yang unik yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini 7 wisata unik yang ada di Sulawesi.

Rammang-rammang 

Kawasan wisata Rammang-rammang. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Rammang-rammang yang berlokasi di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Merupakan kawasan bentang alam berupa gugusan pegunungan karst dan dikelilingi oleh kelestarian alam yang dijaga oleh warga dan pemerintah setempat. Tahun 2007, kawasan karst Rammang-rammang dirintis dan dijadikan salah satu objek wisata yang saat ini menjadi bagian destinasi andalan di Kabupaten Maros. Berkat destinasi wisata Rammang-rammang, telah meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Kawasan ini memiliki luas sekitar 43.700 hektar dengan 280 gua, yang mana sebanyak 16 gua diantaranya merupakan situs prasejarah. Kamu bisa menjelajahi Rammang-rammang dengan menelusuri sungai menggunakan perahu kayu. Suasananya yang hening dan udaranya yang  sejuk membuat kamu mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa.

Pulau Kapoposang

Salah satu spot diving di Pulau Kapoposang. (pariwisataindonesia.id)

Pulau Kapoposang adalah sebuah pulau kecil dari gugusan pulau yang ada di Sulawesi selatan. Buat kamu yang pecinta diving, pulau ini menjadi destinasi yang pas untuk kamu. Perairan jernih dan tidak tercemar. Kamu bisa menikmati berenang bersama ikan kecil warna-warni, terumbu karangnya yang bagus. Adapun tawaran menarik berenang bersama penyu yang harus kamu coba! Pulau Kapoposang menjadi lokasi tempat bertelurnya penyu sisik. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan banyak penyu di perairan pulau ini.

Kawasan Suku Ammatoa

Ciri khas suku Ammatoa yang memakai pakaian berwarna hitam. (Special)

Bukan hanya Suku Baduy yang hidup sederhana dan jauh dari modernisasi. Suku Ammatoa di Kecamatan Kajang pun hidup dengan kesederhanaan. Suku Ammatoa memiliki ciri khas pakaiannya berwarna hitam dan bangunan rumah mereka selalu menghadap utara.

Mereka memperlakukan hutan layaknya seorang Ibu, dihormati dan dilindungi. Kehidupan Suku Ammatoa ini sangat bergantung dengan alam Karena hidup mereka memang sangat bergantung pada alam. Oleh karena itu demi kelangsungan hidup, Suku Ammatoa melarang masyarakatnya untuk menebang kayu, berburu, dan bahkan memungut hasil hutan.

Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung. (Special)

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung adalah sebuah taman nasional yang ditunjuk menjadi kawasan konservasi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor SK 398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Di sini kamu bisa mengunjungi Air Terjun Bantimurung yang memiliki arus sangat deras. Aliran sungainya diapit oleh tebing terjal yang kokoh. Kamu dapat menemukan suasana sejuk yang menenangkan jiwa, cocok banget buat kamu yang mau healing dengan suasana tenang.

Selain itu kamu juga bisa melihat ribuan kupu-kupu yang terbang di udara. Kupu-kupu ini berada di danau Kassi Kebo yang dihiasi hamparan pasir putih. Lokasi ini menjadi tempat yang disukai oleh kupu-kupu, serta menjadi tempat dari kupu-kupu Bantimurung yang beraneka ragam. Kamu juga bisa mengunjungi gua batu yang menyajikan juntaian stalagmit dan stalaktit yang begitu indah.

Taman Prasejarah Leang-Leang

Salah satu spot di Taman Prasejarah Leang-Leang. (Special)

Berada di kawasan yang sama dengan Rammang-rammang, kamu juga dapat mengunjungi taman prasejarah Leang-leang di Sulawesi Selatan. Tempat ini merupakan bagian wisata sejarah yang masih terjaga dan memberikan kesan tersendiri untuk melihatnya. Terdapat ratusan gua dengan artefak prasejarah yang dikelilingi hamparan pegunungan kapur yang sangat memukau.

Tongkonan Lempe

Penampakan Tongkonan Lempe di pagi hari. (Special)

Di salah satu dataran tinggi di Toraja, Sulawesi Selatan, terdapat Tongkonan Lempe. Tempat yang indah dengan spot yang keren dan menakjubkan ini, mendapatkan julukan negeri di atas awan. Kamu bisa datang saat pagi hari untuk melihat pemandangan yang lebih bagus. Perpaduan kabut, awan, udara sejuk, dingin, ditambah warna langitnya yang sangat cantik, sayang untuk dilewatkan. Jika ingin bermalam, kamu juga bisa mendirikan tenda, atau bermalam di salah satu penginapan yang tersedia dengan tarif berbeda-beda, yakni mulai dari Rp250 ribu hingga Rp1 juta.

Malino Highlands

Pemandangan Malino Highlands yang memesona dari ketinggian. (Special)

Terakhir ada Malino Highlands yang merupakan destinasi wisata dengan pemandangan memesona dari ketinggian. Suasananya begitu tenang, dengan udara yang masih sangat sejuk cocok untuk kamu yang ingin mencari nuansa ketenangan. Lokasinya terletak di atas ketinggian 1.500 kilometer. Dari sana kamu dapat melihat hamparan perkebunan teh, perbukitan, pegunungan, hutan pinus, taman bunga semua paket lengkap dapat dinikmati di tempat ini. Lokasi Malino Highlands berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.