6 Jenis Kopi Asal Indonesia yang Telah Mendunia

Minggu, 9 Juli 2023 | 19:53:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Jenis Kopi Asal Indonesia Yang Telah Mendunia

Ilustrasi minuman berkafein. (Special)

Ladiestory.id - Tak hanya akan kaya budaya hingga menu makanan khas Indonesia yang mendunia, kopi asal Indonesia ini pun sukses melalang buana di mancanegara hingga digemari banyak warga dunia, lho. Selain cita rasa aroma yang khas, beberapa jenis kopi dari daerah di Indonesia ini dikenal sukses mendunia.

Bagi kamu para pecinta dan penikmat kopi nusantara, berikut ini enam jenis kopi asal Indonesia yang telah mendunia dan paling diminati oleh turis lokal hingga mancanegara.

Kopi Kintamani

Ilustrasi Kopi. (Special)

 

Selain menjadi tujuan wisata populer di tanah air yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara, Bali tak hanya menyuguhkan keindahan alam, budaya, kuliner hingga keramah tamahan warganya namun juga terdapat salah satu daerah di Bali yang dikenal memiliki hasil kopi terbaik.

Yup, daerah Kintamani merupakan daerah penghasil biji kopi yang telah mendunia, kopi Kintamani  asli daerah Bali, Indonesia ini merupakan jenis biji kopi arabika yang memberikan perpaduan cita rasa pahit dan bercampurkan dengan rasa buah citrus. Hal ini membuat kopi Kintamani memiliki cita rasa yang unik yakni tercipta sensasi rasa asam dan segar yang begitu nikmat. Jenis kopi Kintamani ini sudah dikenal di negara Jepang, Eropa hingga Arab.

Kopi Toraja

Ilustrasi Kopi. (Special)

 

Yup, salah satu kopi yang menyajikan rasa pahit diawal ini juga dikenal memiliki rasa asam yang terbilang cukup rendah. Kopi Toraja yang berasal dari Sulawesi Selatan ini bahkan dijuluki sebagai queen of coffee. Jenis kopi arabika dari kopi Toraja ini juga sudah dikenal di negara Amerika Serikat, Jepang hingga negara-negara bagian di benua Eropa. Kopi Toraja ini sendiri memiliki aroma yang khas seperti aroma tanah.

Kopi Luwak

Ilustrasi Kopi. (Special)

 

Ladies, tentu kamu sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini. Kopi Luwak asli Indonesia ini tak hanya memiliki kelezatan dan cita rasa yang khas, namun jenis kopi yang satu ini dikenal pula dengan harga jualnya yang tinggi, bahkan kopi luwak berhasil masuk kedalam Guiness World of Record, lho. Kopi yang berasal dari proses alamiah dari hewan luwak atau berjenis musang ini juga dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki indra penciuman yang tajam dan berhasil menghasilkan biji kopi terbaik.

Kopi Liberika Meranti

Ilustrasi Kopi. (Special)

 

Salah satu kopi yang juga dikenal telah mendunia dan dikenal langka tepatnya berada di daerah Rangsang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau yang memiliki kopi Liberika. Kopi ini memiliki aroma khas yang cokelat yang begitu lembut, tak hanya itu kopi ini pun memiliki cita rasa yang unik yakni perpaduan rasa buah nangka dan juga cokelat.

Kopi Gayo

Ilustrasi Kopi. (Special)

 

Kopi selanjutnya yang dikenal telah mendunia yakni kopi Gayo yang merupakan jenis kopi arabika yang berasal dari daerah Gayo, Provinsi Aceh. Yup, tekstur kopi gayo cenderung encer dan tidak juga pekat. Biji kopi gayo juga merupakan jenis biji kopi asal Indonesia yang paling banyak di ekspor ke luar negeri, lho diantaranya ke benua Amerika dan Eropa.

Kopi Bajawa

Ilustrasi Kopi (Pinterest.com)

 

Kopi Bajawa juga menjadi salah satu kopi asal Indonesia yang telah melalang buana hingga mancanegara. Kopi Bajawa ini berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur yang ditanam diketinggian 1.000 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut, lho. Uniknya kopi Bajawa ini memiliki cita rasa dengan sentuhan karamel dan kacang-kacangan.