Kerja Sama, Xiaomi x Octopus Luncurkan Inisiatif Kelola Daur Ulang Sampah Elektronik

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kerja Sama, Xiaomi X Octopus Luncurkan Inisiatif Kelola Daur Ulang Sampah Elektronik

Xiaomi x Octopus. (Special)

Ladiestory.id - Xiaomi mendukung gaya hidup dan memulai inisiasi pengelolaan daur ulang sampah elektronik. Untuk itu, Xiaomi Indonesia menggandeng Octopus, sebuah platform ekonomi sirkular yang berperan sebagai pengelola sampah elektronik sekaligus memberdayakan komunitas pelestari.

Inisiasi tersebut ditandai dengan donasi sampah elektronik secara simbolis oleh Xiaomi Fans dan karyawan Xiaomi Indonesia yang berpartisipasi dalam Octopus Takes Over Jakarta. Kegiatan Ini digelar di Hutan Kota GBK, Jakarta, pada Minggu (26/6).

Langkah simbolis tersebut menjadi permulaan dari kerja sama Xiaomi Indonesia dengan Octopus. Kerja sama keduanya dalam bentuk pengelolaan dan daur ulang sampah elektronik melalui drop-off point, yang nantinya akan tersedia di Xiaomi Store terpilih di Jakarta.

Sampah elektronik. (Special)

Sampah elektronik tersebut secara berkala akan diambil oleh pelestari Octopus untuk kemudian diserahkan kepada pengusaha pengolah sampah dan diproses serta dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir.

“Xiaomi berkomitmen untuk turut andil dalam mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. Kami sadar tentang kewajiban untuk lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, inisiatif ini menjadi sebuah gerakan kesadaran bersama Xiaomi Fans dan konsumen kami untuk menghadirkan manfaat bagi lebih banyak orang melalui inovasi dan kolaborasi,” kata Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao. 

Sementara itu CEO Octopus, Moehammad Ichsan, menyambut baik kemitraan dengan Xiaomi Indonesia. Menurutnya, keterlibatan berbagai pihak tentunya menjadi kunci bagi kami untuk mempromosikan ekonomi sirkular yang bertujuan menciptakan lingkungan lestari dan berkelanjutan.

Tidak hanya bagi konsumen Xiaomi, rencananya mulai Juli mendatang masyarakat umum dapat berpartisipasi mendaur ulang sampah elektronik berukuran kecil dengan mendatangi Xiaomi Store terpilih di Jakarta dan mengunduh aplikasi Octopus. Setelah melakukan drop-off sampah elektronik, nantinya konsumen akan mendapatkan poin di aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati berbagai promo menarik.

Sepuluh lokasi Xiaomi Store yang menjadi drop-off point Octopus di Jakarta tersebut adalah Aeon Jakarta Garden City (Jakarta Timur), Mall Kelapa Gading, Mall Artha Gading, Mall Emporium Pluit (Jakarta Utara) Lippo Mall St. Moritz, Central Park (Jakarta Barat), ITC Roxy Mas (Jakarta Pusat), Kota Kasablanka, Gandaria City dan Mall Pondok Indah (Jakarta Selatan).