Yuk Belajar Cara Memakai Dasi Simpel Anti Ribet

Kamis, 11 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Yuk Belajar Cara Memakai Dasi Simpel Anti Ribet

Foto: miraclejourneyofwoman

Ladiestory.id - Bagi Anda yang memiliki suami atau pacar pekerja kantoran, pasti menginginkan untuk bisa memasangkan dasi setiap pagi. Adakah yang belum bisa cara memakai dasi?

Pada dasarnya cara memakai dasi akan terlihat sulit jika tidak terbiasa. Dasi merupakan aksesori yang bisa dikenakan oleh pria maupun wanita, baik untuk acara formal maupun nonformal.

Dasi juga menjadi aksesori wajib yang digunakan oleh anak sekolah mulai dari SD hingga SMA. Memakai dasi juga akan membuat seseorang lebih rapih dan stylish

Maka dari itu, dasi merupakan aksesorsi yang cukup familier di kalangan masyarakat. Meski begitu, masih banyak yang belum paham cara memakai dasi.

Cara Memakai Dasi Simpel Anti Ribet

Cara memakai dasi sekilas memang terlihat mudah, tetapi bagi Anda yang tidak terbiasa akan mengalami kesulitan saat mempraktikkan. Yuk belajar cara memakai dasi simpel dan anti ribet seperti di bawah ini.

1. Cara Memakai Dasi Simpul Empat Jari

cara memakai dasi
Foto: realmenrealstyle

Cara memakai dasi simpul empat jari ini akan terlihat sedikit tidak simetris di bagian leher. Namun jangan khawatir, karena hal ini normal. Banyak pria yang berleher pendek memilih cara ini, karena ikatan pada bagian atas sangat kecil dan membuat leher tampak lebih kurus.

Cara memakai dasi dengan simpul ini adalah sebagai berikut:

- Lingkarkan dasi mengelilingi leher. Dengan kerah yang telah terangkat dan kemeja yang telah dikancingkan sempurna, letakkan dasi mengelilingi bahu. Letakkan ujung lebar dasi di sisi kanan, dengan ujung kecil sekitar 30 sentimeter lebih tinggi di sisi kiri.

- Pindahkan ujung lebar dasi ke sisi satunya. Silangkan ujung lebar dasi ke sisi kiri, melewati ujung lainnya. Pegang kedua sisi dasi ini dengan tangan kiri di dekat leher.

- Tarik ujung lebar dasi ke belakang ujung yang lain. Lepas tangan kanan Anda. Kemudian selipkan ujung lebar dasi ke ujung lainnya. Ambil ujung lebar dasi dan tarik kembali ke sisi kanan.

- Putar ujung lebar dasi. Seharusnya setelah ini ujung lebar dasi mengarah ke kiri Anda. Bagian depan dasi seharusnya kembali menghadap ke depan (sehingga jahitannya tersembunyi).

- Pindahkan ujung lebar dasi ke ujung satunya sekali lagi. Selipkan ujung lebar dasi di bawahnya dan tarik ke atas melalui lilitan di leher.

- Tarik ujung lebar dasi di bawah ikatan yang mengelilingi leher. Tarik ujung lebar dasi ke bawah, "melalui" ikatan di bagian depan dasi.

- Kencangkan ikatan dengan menariknya ke arah ujung kecil dasi. Pastikan bahwa dasi Anda lurus dan panjangnya sesuai.

2. Cara Memakai Dasi Simpul Pratt

cara memakai dasi
Foto: merdeka

Cara memakai dasi dengan simpul prat ini adalah sebagai berikut:

- Letakan dasi dari dalam keluar, ujung lebar dasi diletakkan menggantung pada bagian kanan, sedankgan ujung kecil di bagian kiri.

- Silangkan ujung lebar dasi di bawah ujung kecil dan simpul ujung lebar dasi mengelilingi leher.

- Bawa ujung lebar dasi ke atas ujung kecil dari kiri ke kanan dan tarik melalui simpul.

- Bawa ujung lebar ke bawah melalui simpul pada bagian depan.

- Tarik ujung kecil untuk mengencangkan dasi.

3. Cara Memakai Dasi Segitiga: Oriental Knot

cara memakai dasi
Foto: realmenrealstyle

Cara memakai dasi segitiga oriental knot prat ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam). Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.
  • Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.
  • Bawa ujung lebar dasi ke kanan.
  • Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah.
  • Masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.
  • Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Inilah cara memakai dasi yang simpel dan anti ribet. Mudah, 'kan? Mungkin Anda bisa mencobanya dan terus berlatih agar kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan. Selamat mencoba!