Yuk, Cari Tahu Penyebab Anak Susah Tidur dan Cara Atasinya

Senin, 6 Maret 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Yuk, Cari Tahu Penyebab Anak Susah Tidur Dan Cara Atasinya

Ilustrasi Anak Sulit Tidur. (Special)

Ladiestory.id - Tidur yang cukup merupakan kunci utama untuk membantu fungsi tubuh bekerja secara optimal khususnya dalam usia anak-anak.

Namun, justru ada beberapa anak susah tidur. Alhasil, berawal dari permasalahan ini. Timbulah berbagai gangguan kesehatan yang tentunya membahayakan bagi si kecil. 

Mengutip dari pernyataan William Kohler, Direktur Florida Center of Sleep Medicine justru menyatakan bahwa anak-anak yang memiliki waktu tidur pendek cenderung berpotensi menjadi gemuk dibandingkan anak-anak dengan waktu tidur yang cukup.

Lalu, apa saja hal yang menjadi penyebab dari anak susah tidur? Kemudian, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Penyebab Susah Tidur

Ilustrasi Anak Sulit Tidur. (Special)

Bagi anak yang mengalami kesulitan tidur tentunya akan timbul berbagai permasalahan kesehatan. Mulai dari sulit untuk fokus hingga menyebabkan sakit kepala.

Nah, tentunya hal semacam ini tidak ingin terjadi pada buah hati mu bukan? Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penyebabnya.

Beberapa penyebab anak susah tidur seperti mengalami stres, kurangnya waktu tidur, akibat mengkonsumsi kafein, mengalami gangguan medis, pengaruh lingkungan sekitar, efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi, mimpi buruk hingga mengalami gangguan pada saraf. 

2. Cara Atasi Anak Susah Tidur

Penyebab semacam diatas tentunya akan membahayakan bagi kesehatan si kecil di masa yang akan datang. Tentunya, sebagai orang terdekat kamu perlu melakukan langkah preventif untuk membantu mengatasi anak susah tidur. Berikut, beberapa cara yang bisa kamu terapkan; 

3. Atur Area Tidur Supaya Nyaman

Cara atasi anak susah tidur yang pertama yaitu atur area tidur supaya nyaman. Buatlah suhu di ruangan kamar tidur anak menjadi sejuk.

Hindarkan dari berbagai suara bising dari dalam kamar anak. Selain itu, jangan letakkan banyak benda seperti mainan, bantal maupun guling di area tempat tidur anak.

Ketika kamu mengatur suasana kamar menjadi nyaman. Tentunya anak akan lebih mudah merasa mengantuk dan bersiap tidur saat waktu sudah tiba. Ia pun akan tidur dengan nyenyak selama waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat.

4. Hindari Penggunaan Gadget

Seiring majunya perkembangan teknologi seringkali dimanfaatkan oleh orang tua untuk memberikan fasilitas gadget kepada anak. Padahal, sikap demikian justru dapat memberikan dampak buruk pada anak.

Bagi anak yang mengalami kesulitan tidur, cara efektif yang dapat dilakukan yaitu dengan menghindari penggunaan gadget. 

Cara ini sangat baik diterapkan menjelang jam tidur, Sebab, adanya paparan blue light atau cahaya biru dari ponsel justru akan mengganggu pembuatan hormon melatonin pada tubuh. Hormon satu ini memiliki peran penting dalam mengatur jam tidur serta bangun pada manusia.

5. Gunakan Aroma Terapi

Cara atasi anak susah tidur selanjutnya yaitu dengan menggunakan aroma terapi. Kamu dapat memilih wewangian atau minyak esensial yang lembut serta memberi efek relaksasi pada anak.

Beberapa contohnya seperti lavender, eucalyptus, hingga vanilla. Nyalakan alat aromaterapi satu jam sebelum tidur untuk memberikan wewangian di sekitar ruangan. 

6. Buat Jadwal Rutinitas Sebelum Tidur

Ilustrasi Anak Sulit Tidur. (Special)

Seringkali orang tua mengabaikan membangun kebiasaan bagi anak untuk membantunya mudah tidur. Bagi kamu yang memiliki buah hati dengan permasalahan sulit tidur. Kamu wajib mencoba cara satu ini dengan membuat jadwal rutinitas sebelum tidur bagi si kecil.

Contohnya, kamu dapat mengajak si kecil untuk membangun kebiasaan seperti cuci tangan serta kaki, menggosok gigi, mengganti pakaian sebelum tidur serta membaca buku sebelum tidur. Lakukan aktivitas tersebut 30 hingga 1 jam sebelum waktu tidur.

7. Ajak Anak Memiliki Jadwal Tidur yang Konsisten

Cara atasi anak susah tidur yang terakhir yaitu dengan mengajak anak memiliki jadwal tidur yang konsisten. Hal ini sangat baik bagi anak.

Sebab, dapat mencegah anak dari mengalami kesulitan dalam tidur. Selain itu, tidur yang teratur dan konsisten juga dapat membantu kualitas istirahatnya lebih baik.