Alami Migrain Saat Menstruasi? Lakukan Tips Ini Untuk Atasinya

Jumat, 2 Februari 2024 | 17:25:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Alami Migrain Saat Menstruasi? Lakukan Tips Ini Untuk Atasinya

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Sebelum atau saat sedang menstruasi, perempuan umumnya mengalami beberapa gejala pada tubuhnya. Gejala yang paling umum dirasakan adalah adalah keram perut, perubahan suasana hati, dan kembung. Namun, tak sedikit pula perempuan yang mengalami migrain atau sakit kepala saat sedang berada dalam masa menstruasi.

Migrain yang disebabkan oleh menstruasi biasanya dimulai antara dua hari sebelum menstruasi dan hari ketiga setelah siklus dimulai, hal ini disebabkan oleh penurunan kadar estrogen secara tiba-tiba yang terjadi sebelum menstruasi.

Melansir Health Shots, para ahli mengatakan bahwa migrain saat menstruasi bisa bertambah parah apabila tidak ditangani dengan benar.

Minum Banyak Air

Ilustrasi Wanita Minum Air. (Freepik.com)

 

Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan dehidrasi dan menyebabkan sakit kepala. Penelitian menunjukkan bahwa tetap terhidrasi dan minum setidaknya 10-12 gelas air setiap hari dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena migrain saat menstruasi.

Hindari Makanan Tertentu

Ilustrasi Wanita Minum Kopi. (Freepik.com)

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nursing and Midwifery Research Iran mengatakan bahwa pola makan tertentu dapat meningkatkan peluang seseorang terkena migrain. Hindarilah konsumsi kafein, alkohol, makanan olahan, keju, dan makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG).

Makan Makanan Kaya Vitamin B2

Ilustrasi Wanita Makan Sayur. (Freepik.com)

 

Penelitian dari Current Journal of Neurology menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B dapat membantu perempuan mengatasi migrain yang berkelanjutan. Untuk mengatasi migrain, konsumsilah makanan yang kaya vitamin B2 seperti telur, produk susu, daging tanpa lemak, dan sayuran berdaun hijau.

Sertakan Makanan Kaya Magnesium

Ilustrasi Wanita Makan Kacang-kacangan. (Freepik.com)

 

Magnesium merupakan mineral penting yang dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas migrain. Penelitian juga menunjukkan adanya hubungan positif antara makanan kaya magnesium dan penanganan migrain. 

Gabungkan makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau ke dalam makanan untuk mengurangi migrain.

Cukupi Kebutuhan Antioksidan

Ilustrasi Wanita Makan Daging. (Freepik.com)

 

Seorang perempuan sebaiknya  harus memasukkan Koenzim Q10 (CoQ10), yang merupakan antioksidan dalam makanan mereka. Pasalnya Koenzim akan membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Antioksidan jenis ini umumnya terdapat pada daging sapi, ikan, ayam, dan beberapa sayuran.