Yuk, Intip Gimana Caranya Work Life Balance

Selasa, 26 Juli 2022 | 12:15:00

Yuk, Intip Gimana Caranya Work Life Balance

Ilustrasi Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi. (Special)

Ladiestory.id - Berbicara tentang kehidupan yang seimbang tentu menjadi sebuah impian setiap manusia yang hidup di dunia. Pastinya, kita dalam menjalani hidup sering atau pernah berpikir tentang keseimbangan kehidupan kerja dengan kehidupan sehari-hari yang mungkin kita jalani secara bersamaan.

Sebagai pembanding, waktu yang dihabiskan di tempat kerja dan waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan urusan pekerjaan. Kita bisa hitung waktu tersebut, apakah sudah seimbang atau belum. 

Sebagai seorang manusia yang notabene adalah makhluk sosial, tentu kita sebagai manusia membutuhkan kesempatan untuk bersosialisasi dengan sesama manusia yang lain. Bersosialisasi membuat kehidupan kita jauh lebih menyenangkan dan bisa terhindar dari kejenuhan hingga stress di dunia kerja yang setiap hari kita jalani.

Kehidupan yang ideal mengharuskan garis pemikiran kita berjalan dengan baik dan menyeimbangkan waktu yang kita dapatkan. Untuk menghabiskan waktu setelah selesai bekerja, kamu bisa bertemu dengan rekan, sahabat, atau keluarga. Kamu bisa juga menyalurkan hobi serta hal yang mungkin disukai.

Konsep soal keseimbangan hidup untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan adalah sesuatu yang sangat penting untuk kamu, Ladies. Jika kamu bisa menyeimbangkan semuanya, maka kamu bisa selangkah lebih maju untuk bisa menikmati hidup. Tidak mudah memang jika harus menyeimbangkan semuanya.

Berusaha untuk menyeimbangkan waktu bekerja dan merawat tubuh kamu merupakan sesuatu yang bagus untuk masa depan dan juga untuk kesehatan diri sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa menyeimbangkan pekerjaan kamu dan kehidupan kamu?

 

Atur Beban Kerja

Ilustrasi Atur Beban Kerja (pinterest)

 

Bagi kamu yang sangat sibuk bekerja, tentu setiap hari kamu sangat sibuk untuk fokus mengerjakan pekerjaan-pekerjaan demi target pekerjaan tertentu. Kamu wajib bisa mengatur beban kerja dan jangan tambah beban kerja jika memang tidak bisa melakukannya,. Meskipun kamu dijanjikan dengan imbalan gaji atau pemasukan yang besar untuk tabungan kamu.

Atur Waktu Kerja

Ilustrasi Atur Waktu Kerja. (pinterest)

Setelah mengatur beban kerja, kamu tentu harus mengatur waktu kerja kamu. Ya, dengan mengatur waktu kerja, maka kamu juga bisa menyesuaikan dan menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan. Misalnya, jika tidak perlu lembur, maka tidak perlu untuk lembur walaupun memang ada tawaran untuk itu. Biarkan tubuhmu bekerja dengan sesuai kapasitas, sehingga saat waktu kerja kamu sudah selesai, itu saatnya untuk memberikan kesempatan tubuh kamu untuk beristirahat.

Usahakan Kerjaan kamu Selesai Tepat waktu

 

Ilustrasi Usahakan Kerjaan Kamu Selesai Tepat Waktu. (pinterest)

Cara selanjutnya adalah, kamu harus mengusahakan untuk bisa mengerjakan pekerjaan kamu tepat waktu sesuai target yang diberikan oleh atasan atau dari diri sendiri. Seperti cara sebelumnya, untuk mengatur beban kerja, maka menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu juga sangat penting agar kamu bisa santai saat mendapatkan waktu untuk menikmati hidup kamu.

Jika kamu bekerja senin hingga jumat, usahakan pekerjaan kamu selesai di waktu dan jam yang sudah ditentukan itu. Saat hari libur tiba, kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, sahabat dan juga orang terkasih.

Kerjakan Pekerjaan yang Kamu Suka

 

Ilustrasi Kerjakan Pekerjaan yang Kamu Sukai. (Parlent Indonesia: Ekaterina Gudkova)

Kemudian bagaimana cara menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan? Kamu harus mengerjakan atau mencari pekerjaan yang kamu sukai dan cintai. Dengan mencari pekerjaan yang kamu cintai, akan membuat kamu merasa tidak seperti sedang bekerja. Ya, karena kamu menganggap pekerjaan itu sebuah kesenangan tersendiri jika kamu bisa menyelesaikannya.

Memiliki pekerjaan atau sesuatu yang bisa kamu kerjakan dengan rasa suka, maka pekerjaan yang kamu lakukan bukan seperti pekerjaan, tetapi sebuah hobi yang menyenangkan.

Jangan Tunda Cuti Kamu

 

Iustrasi Usahakan Gunakan Cutimu secara Baik. (Instagram.com/my_life.travel - Ekaterina Gudkova)

Lalu tips terakhir adalah, jangan menunda untuk mengambil cuti yang memang menjadi jatah kamu dalam setahun untuk cuti. Gunakan cuti kamu untuk merawat tubuh dan jiwa kamu untuk menikmati hidup. Saat cuti pun, jangan sampai kamu masih mengerjakan pekerjaan kamu.

Gunakan waktu cutimu untuk melakukan hobi dan segala sesuatu yang kamu sukai dan cintai. Pergilah cuti untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kamu cintai, seperti keluarga, sahabat dan rekan yang selama ini kamu abaikan karena kesibukkan pekerjaan kamu yang luar biasa.

Dilansir state of american vacation 2018, ada sekitar 58% karyawan di amerika tidak menggunakan atau mengambil hak cutinya. Jadi jangan sampai kamu masuk kategori itu ya, Ladies.

Bagaimana Ladies apakah sekarang kamu sudah menyeimbangkan pekerjaan kamu dan kehidupan kamu?