Yuk Intip! 5 Ide Bisnis Sampingan Jelang Hari Kemerdekaan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:30:00

Yuk Intip! 5 Ide Bisnis Sampingan Jelang Hari Kemerdekaan

Ilustrasi bisnis sampingan menjelang Hari Kemerdekaan. (Pixabay)

Ladiestory.id - Bulan Agustus adalah bulan yang paling dinantikan oleh semua warga negara Indonesia. Tentunya momen yang sering disebut sebagai Agustusan ini adalah acara tahunan yang selalu disambut gegap gempita oleh semua orang Indonesia di manapun berada, lantaran adanya perayaan pertambahan usia Republik Indonesia.

Banyak sekali acara yang diciptakan untuk memeriahkan momen Hari Kemerdekaan ini. Mulai dari lomba, hingga kreasi menghias dengan pernak-pernik dengan warna kebanggaan Indonesia, yakni merah putih. Tentunya setiap momen 17 Agustus ini semua warga negara Indonesia, terutama yang bekerja di instansi pemerintahan atau pun swasta, serta anak sekolah akan mengadakan upacara bendera yang memang menjadi tradisi setiap tahunnya.

Selain ikut merayakannya, momen Hari Kemerdekaan juga bisa kamu manfaatkan dengan membuka usaha sampingan, loh. Di samping ikut membantu kebutuhan sebagian orang lewat usaha yang kamu jalankan, tentunya juga bisa mendapatkan keuntungan dan pendapatan tambahan. Kamu bisa melakukan usaha sampingan ini secara offline mau pun online. 

Lalu, bisnis sampingan apa saja yang bisa dilakukan menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia? Berikut ini beberapa di antaranya. 

Bendera Merah Putih

Ilustrasi jualan bendera merah putih. (Special)

Bisnis pertama yang bisa dilakukan sambil meraup rejeki menjelang Hari Kemerdekaan tiba adalah dengan berjualan bendera merah putih dalam berbagai macam ukuran dan bentuk.

Bendera merah putih yang dijual bisa berupa bendera besar atau kecil. Selain itu, juga bisa berbentuk bendera merah putih kecil yang bisa di tempel di dashboard mobil. 

Kaus Bertema Kemerdekaan

Ilustrasi kaus bertema kemerdekaan. (suarasurabaya.net)

Bisnis sampingan yang kedua adalah kaus bertema Hari Kemerdekaan Indonesia. Biasanya kaos bertema kemerdekaan ini akan sangat dicari saat mendekati 17 Agustus. Lantaran beberapa orang atau instansi membutuhkannya agar terlihat kompak saat perayaan kemerdekaan ini tiba atau untuk kepentingan event tertentu, seperti lomba. 

Nah, jika kamu memiliki usaha pembuatan kaus sebelumnya, bisa memanfaatkan momen ini untuk mendulang rejeki. Dengan desain yang menarik, didukung dengan pemasaran secara online, tidak menutup kemungkinan usaha kaus kamu akan dilirik oleh calon pelanggan. 

Tata Rias dan Baju Adat

Ilustrasi usaha sampingan tata rias. (Special)

Bisnis sambilan yang ketiga dan bisa dilakukan pada saat Hari Kemerdekaan Indonesia tentunya adalah tata rias dan penyewaan baju adat. Pasalnya, saat momen kemerdekaan, jasa tata rias mau pun penyewaan kostum banyak orang.

Sebut saja, mulai dari anak TK yang mendapatkan tugas dari sekolah, hingga pekerja atau karyawan yang diharuskan berdandan untuk dapat menghadiri perayaaan atau upacara kemerdekaan Indonesia.

Catering dan Snack

Ilustrasi usaha catering makanan. (Pixabay)

Ide bisnis sampingan selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu catering dan snack atau layanan penyedia jasa makanan.

Biasanya saat hari kemerdekaan akan banyak pesanan dari kantor-kantor dan sekolah yang akan memesan makanan untuk dapat disajikan bersama rekan kantor atau rekan sekolah setelah melaksanakan upacara bendera bersama.

Piala dan Percetakan

Ilustrasi perlombaan menjelang Hari Kemerdekaan RI. (Pixabay)

Usaha sambilan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah usaha piala atau percetakan. Tentu di saat menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia akan ada banyak perlombaan yang diadakan oleh semua kalangan.

Ketika mengadakan lomba, maka hadiah yang biasa diberikan adalah piala, sertifikat atau piagam yang bisa menjadi apresiasi bagi pemenangnya. Sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan pundi-pundi uang lewat jasa piala dan percetakan.