Yuk Kenali 5 Manfaat Cuka Apel Tuk Kesehatan

Minggu, 11 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Yuk Kenali 5 Manfaat Cuka Apel Tuk Kesehatan

Ilustrasi Cuka Apel (Special)

Ladiestory.id - Sudah tak asing lagi, cuka apel atau apple cider vinegar  mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Minuman yang sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno ini adalah minuman fermentasi yang berasal dari fhrase Prancis, vin aigre yang berarti anggur asam. Walaupun menggunakan perumpamaan anggur, cuka apel tetap terbuat dari apel yang direndam dengan air dan gula selama berbulan-bulan.

Asam yang dihasilkan dari cuka apel ini adalah asam asetat yang baik bagi kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber Sabtu (10/09/2022), berikut manfaat cuka apel yang perlu kamu ketahui.

Bantu Kontrol Gula Darah

Ilustrasi Gula Darah (Ladiestory.id)

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Association of Diabetes pada 2004 mengungkapkan bahwa, peserta yang meminum cuka apel setelah makan memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan dengan peserta yang tidak meminum cuka apel. Masyarakat di Amerika serikat juga mengonsumsi cuka apel untuk mengontrol kadar gula dan mencegah diabetes.

Menyehatkan Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Cuka apel dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan melancarkan kerja jantung dan aliran darah dalam tubuh.

Sebuah peneliti mengungkapkan bahwa tikus yang meminum cuka apel tidak mempunyai risiko obesitas dan penyakit jantung. Demi mendapatkan jantung yang sehat, selain minum cuka apel kamu juga harus rajin berolahraga ya ladies!

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan. (Special)

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi cuka apel bisa jadi rekomendasimu selain diet. Pasalnya kandungan asam asetat pada cuka apel dapat membakar lemak dalam tubuh dan menekan nafsu makan loh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi cuka apel 1 atau 2 sendok selama 12 minggu dapat menurunkan berat 1,2 hingga 1,7 kilogram!

Mengatasi Bau Mulut

Ilustrasi Bau Mulut (Special)

Kandungan anti bakteri dalam cuka apel dapat membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut. Dalam journal prosthodontics menyimpulkan bahwa cuka apel memiliki sifat anti jamur. Buat kamu yang menggunakan gigi tiruan, cuka apel dapat mengatasi peradangan selaput lendir mulut yang biasa muncul dibawah gigi.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Ilustrasi pencernaan. (Special)

Cuka apel dapat bantu atasi masalah perut. Kandungan yang terdapat dalam cuka apel dapat membatasi penyerapan karbohidrat dan pati dari makanan. Sisa karbohidrat dan pati ini adalah makanan bagi bakteri untuk ususmu. Selain itu, kandungan pektin bantu menenangkan kejang usus loh.

Buat kamu yang pertama kali meminum cuka apel, ada baiknya jika dimulai dengan dosis yang terendah. Kamu bisa meminum 1 sendok makan terlebih dahulu ya ladies!

s