Yuk Lakukan! Berikut Tips Untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Jumat, 2 Februari 2024 | 17:25:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Yuk Lakukan! Berikut Tips Untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan psikologis seseorang secara keseluruhan. Hal ini mencakup perasaan terhadap diri sendiri, kualitas hubungan, dan kemampuan untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan.

Setiap orang bisa saja mengalami masalah kesehatan mental atau emosional dalam hidupnya. Melansir BC Mental Health, Centre for Addiction and Mental Health, mengungkapkan bahwa ada satu dari lima orang mengalami penyakit mental pada tahun tertentu.

Bukan masalah sepele, kesehatan mental merupakan permasalahan yang harus betul-betul mendapatkan perhatian khusus. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan mental.

Prioritaskan Hubungan Tatap Muka

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Jejaring sosial tentunya memiliki manfaat tersendiri, meski begitu jejaring sosial tak bisa mengalahkan kekuatan waktu tatap muka yang berkualitas dengan seseorang. Bertatap muka secara langsung dipercaya bisa meningkatkan suasana hati seseorang, terutama dengan orang-orang yang disayang.

Maka itu, usahakanlah untuk berhubungan langsung dengan orang-orang, karena hal ini mampu menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati seseorang.

Tetap Aktif

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Terus bergerak aktif memiliki dampak yang baik bagi tubuh serta otak seseorang. Olahraga atau aktivitas teratur dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan emosional, seperti menghilangkan stres, meningkatkan daya ingat, dan membantu seseorang agar bisa tidur lebih nyenyak.

Bicara dengan Seseorang

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Jika sedang memiliki kekhawatiran atau dilanda stres, cobalah untuk menceritakan hal tersebut kepada orang terdekat dan terpercaya. Berbicara dengan orang lain merupakan salah satu cara paling efektif untuk menenangkan sistem saraf dan menghilangkan stres.

Sebaliknya, memendam perasaan hanya akan membiarkan energi negatif tetap berada di dalam diri. Hal ini tentunya juga akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Luangkan Waktu Untuk Istirahat

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Saat aktivitas sedang padat-padatnya, seseorang terkadang menjadi terlalu sibuk hingga tak punya waktu senggang untuk beristirahat. Padahal waktu luang adalah suatu kebutuhan untuk kesehatan emosional dan mental seseorang.

Luangkan waktu untuk bersantai, merenung, dan memperhatikan hal-hal sederhana yang terjadi dalam hidup.

Cukupi Jam Tidur

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Tak kalah penting dari yang lainnya, cukupilah kebutuhan jam tidur harian untuk tetap menjaga kesehatan mental. Tidur merupakan cara terbaik bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan mengisi ulang energi.

Salah satu cara agar tidur lebih nyenyak adalah dengan menjauhkan diri dari TV, ponsel, tablet, atau komputer, beberapa jam sebelum waktu tidur.