Punya Segudang Khasiat, 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Senin, 9 Agustus 2021 | 06:39:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Punya Segudang Khasiat, 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Lidah buaya adalah spesies tanaman sukulen dari genus Aloe yang tumbuh subur di tempat beriklim tropis. Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, lidah buaya juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Sejak ratusan tahun lalu, lidah buaya telah dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Umumnya, lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar.

Selain itu, aloe vera juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Buktinya, produk skincare dengan kandungan aloe vera atau lidah buaya menjadi tren beberapa tahun belakangan. Hal ini karena lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh dan kulit. Lalu, apa saja manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan? Berikut 10 manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Caption

 

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar tingkat pertama dan kedua. Memiliki sifat antimikroba, lidah buaya dapat mengurangi risiko infeksi pada luka. Selain itu, gel lidah buaya juga populer untuk digunakan untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari atau sunburn.

2. Mengurangi plak gigi

Berkumur dengan lidah buaya dapat mengurangi risiko terkena plak gigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan jus lidah buaya murni dapat mencegah timbulnya plak pada gigi.

3. Mengobati sariawan

Ladiestory.id

 

Menurut penelitian, lidah buaya dapat digunakan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dari sariawan.

4. Melancarkan buang air besar

Lateks pada lidah buaya dapat digunakan sebagai obat pencahar. Lateks adalah residu berwarna kuning dengan tekstur lengket yang ada tepat di bawah kulit lidah buaya. Namun, penggunaan lateks lidah buaya yang sembarangan justru dapat menyebabkan efek samping berupa diare.

5. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan rutin mengonsumsi ekstrak lidah buaya, kadar gula darah dapat turun pada penderita diabetes tipe 2. Namun, konsumsi lidah buaya dan obat diabetes secara bersamaan dapat mengakibatkan glukosa darah turun drastis, yang justru dapat membahayakan kesehatan.

6. Baik untuk melembapkan dan menghidrasi kulit

Ladiestory.id

 

Lidah buaya mengandung banyak air karena hidup di tempat beriklim tropis. Maka dari itu, gel lidah buaya kerap digunakan sebagai bahan dasar produk farmasi karena kemampuannya untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Dengan menggunakan produk yang mengandung lidah buaya, kulit Anda dapat senantiasa lembap dan terhidrasi.

7. Mengurangi stretch mark dan mencegah tanda penuaan

Lidah buaya juga memiliki segudang manfaaat untuk kecantikan, satunya ialah mampu melembapkan kulit. Sebab, seiring dengan berjalannya waktu, kulit akan mulai muncul garis halus, berkurang kelembapan dan elastisitasnya. Untuk itu, lidah buaya dipercaya dapat mencegah tanda penuaan dan mengurangi stretch mark.

8. Mengurangi ketombe

Bukan hanya bermanfaat bagi kulit tubuh, lidah buaya pun bermanfaat untuk kulit kepala. Lidah buaya dikenal baik untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal. Penyebab ketombe pun beragam, mulai dari kulit berminyak, akumulasi sel-sel kulit mati, hingga adanya infeksi di kepala.

Untuk itu, lidah buaya berguna untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di kepala. Selain itu, sifat antimikroba pada aloe vera bermanfaat untuk melawan infeksi dan menenangkan kulit kepala.

9. Mengurangi inflamasi atau peradangan

Peradangan dapat disebabkan karena kerusakan oksidatif, yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel di dalamnya. Lidah buaya mengandung antioksidan yang membantu mengikat radikal bebas dan mengatasi peradangan tersebut. Anda dapat mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin atau mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang bermasalah.

10. Media detoksifikasi alami

Disadari ataupun tidak, ada banyak racun dan zat berbahaya di dalam tubuh manusia. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, misalnya lingkungan yang kurang baik. Jika tidak dibersihkan, kotoran yang menempel pada tubuh dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Lidah buaya bermanfaat sebagai media detoksifikasi alami. Artinya, lidah buaya dapat membantu mengeluarkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

Selain deretan manfaat di atas, lidah buaya masih memiliki segudang manfaat lainnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, lidah buaya juga memiliki efek samping, seperti reaksi alergi. Untuk itu, Anda perlu untuk berhati-hati dalam menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan alternatif. Ada baiknya untuk konsultasikan dengan dokter.

s