25 Nabi dan Rasul yang Harus Umat Muslim Ketahui

Jumat, 17 Desember 2021 | 22:14:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

25 Nabi Dan Rasul Yang Harus Umat Muslim Ketahui

Foto: moondoggiesmusic.com

Ladiestory.id - Dalam agama Islam, rukun iman menjadi pilar keimanan yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Ada enam rukun iman yang perlu diketahui dan diyakini oleh umat Islam. Yaitu iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah SWT, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari akhir atau kiamat, dan yang terakhir iman kepada qada dan qadar.

Untuk iman kepada nabi dan rasul, maka kita harus meyakini bahwa nabi dan rasul merupakan manusia utusan Allah yang diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman di muka bumi. Dengan iman kepada nabi dan rasul, maka artinya harus mempercayai setiap ajaran baik lisan maupun tindakan sebagai teladan pada nabi dan rasul.

25 Nabi dan Rasul yang Harus Kamu Ketahui

 

Foto: moondoggiesmusic.com

Jumlah nabi dan rasul sangat banyak. Namun kita diwajibkan untuk mempercayai 25 nama-nama nabi dan rasul. Sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui 25 nama nabi dan rasul. Maka dari itu, berikut ini informasinya lengkapnya.

1. Nabi Adam

Merupakan nabi pertama dan sekaligus manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Nabi Adam tinggal di surga dengan pasangannya, Hawa. Namun karena hasutan iblis, Adam dan Hawa memakan buah khuldi yang menjadi larangan Allah. Kemudian Allah tidak memperbolehkan keduanya untuk tinggal di surga lagi dan memerintahkan untuk turun ke bumi.

2. Nabi Idris

Nabi Idris merupakan cucu buyut dari nabi Adam. Beliau sempat bertemu dengan Nabi Adam selama 308 tahun. Nabi Idris menjadi orang pertama yang memakai pakaian berjahit. Bahkan diriwayatkan jika Nabi Idris menjadi seorang penjahit dan juga ahli astronomi.

3. Nabi Nuh

Nabi Nuh termasuk salah satu nabi yang masuk golongan Ulul Azmi, yaitu memiliki ketegaran. Selama berdakwah hingga 950 tahun lamanya, nabi Nuh sering menerika banyak tantangan dan penolakan. Tidak ada yang menindahkan nasihatnya, termasuk istri dan anak-anaknya. Hingga akhirnya menurunkan azab banjir yang menimpa kaum nabi Nuh. Namun Nabi Nuh, beberapa pengikut dan binatang selamat karena sebelumnya diperintahkan Allah untuk membuat kapal besar.

4. Nabi Hud

Nabi Hud diutus oleh Allah untuk berdakwah bagi kaum ‘Ad yang menjadi kaum pertama penyembah patung dan berhala.

5. Nabi Shaleh

Nabi Shaleh berdakwah bagi kaum Tsamud yang merupakan keturunan dari Kamu ‘Ad. Kaum Tsamud dikenal sudah diberi berbagai kenikmatan oleh Allah namun tidak mau bersyukur.

6. Nabi Ibrahim

Dalam Al-Qur’an diceritakan bagaimana nabi Ibrahim menemukan Tuhan, melawan kedzaliman Raja Namrud, hingga kisahnya dengan kedua anaknya Ismail dan Ishaq.

7. Nabi Luth

Nabi Luth adalah keponakan dari nabi Ibrahim. Beliau diutus oleh Allah untuk berdakwah bagi kaum Sodom yang terkenal sebagai kaum dengan perilaku seks sesama jenis.

8. Nabi Ismail

Nabi Ismail adalah anak dari nabi Ibrahim dan Hajar. Nabi Ismail memiliki 3 mukjizat, yaitu diberi keselamatan dari sembelih, mata air zamzam, dan membangun Kaabah.

9. Nabi Ishaq

Nabi Ishaq adalah anak dari nabi Ibrahim dan Sarah. Beliau lahir 14 tahun setelah nabi Ismail, dan ketika ibunya sudah berusia 99 tahun. Nama Ishaq merupakan pemberian langsung dari Allah. Nabi Ishaq disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai hamba yang memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan baik yang lahir dari keturunan nabi-nabi yang berasal dari Bani Israil.

10. Nabi Yakub

Nabi Yakub merupakan anak dari nabi Ishaq. Beliau digambarkan sebagai sosok nabi yang berkarakter kuat dan memiliki keimanan luar biasa. Nabi Yakub memiliki 12 anak laki-laki yang taman yang disebut Allah dengan Asbath.

11. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf merupakan anak dari nabi Yaqub. Nabi Yusuf mendapatkan mimpi ada bulan, matahari, dan bintang yang bersujud kepadanya. Sejak saat itulah, nabi Yakub menyadari putranya akan menjadi orang besar, Nabi Yusuf mendapatkan cobaan dimasukkan oleh saudaranya ke sebuah sumur, namun akhirnya ditemukan oleh musafir. Kisah nabi Yusuf yang cukup banyak orang kenal adalah ketika difitnah oleh Zulaikha.

12. Nabi Ayyub

Nabi Ayyub merupakan seorang nabi yang dikenal memiliki banyak hartam keturunan dan berakhlak mulia. Namun beliau tidak pernaha sombong dan selalu berbuat baik. Allah menguji keimanan nabi Ayyub dengan kehilangan harta, anak, hingga mengujinya dengan penyakit kulit.

13. Nabi Syuaib

Nabi Syuaib diutus Allah untuk berdakwah pada kaum Madyan, yaitu suatu kaum yang dinekan suka menipu, membangkang, dan menyembah pohon Ek besar.

14. Nabi Musa

Nabi Musa diceritakan dalam Al-Qur’an memerangi Raja Firaun yang tamak dan memimpin Bani Israil agar mau menyembah Allah.

15. Nabi Harun

Nabi Harun diketahui memiliki kemampuan bahasa yang baik. Beliau bejuang untuk memberantas berhala yang dipimpin oleh Samiri, tukang sihir dari kerajaan Firaun.

16. Nabi Dzulkifli

Nabi Dzulkifli merupakan nabi yang berasal dari negara Irak. Beliau dikenal sebagai nabi yang tegar dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah, meskipun sempat mendapatkan siksaan.

17. Nabi Daud

Merupakan keturunan ke-12 dari nabi Ibrahim. Nabi Daud menjadi raja setelah terbunuhnya nabi Thalut. Mukjizat yang dimiliki oleh nabi Daud, yaitu dianugerahi kitab Zabur dan memiliki suara merdu.

18. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman dikenal sebagai raja yang kaya raya dan memiliki keuasaan besar. Ada banyak mukjizat yang dimiliki oleh nabi Sulaiman, seperti bisa berbucara dengan binatang, mampu menundukkan angin, memiliki bala tentara dari berbagai kalangan, mengalirkan tembaga dari perut bumi, dan kekayaan yang berlimpah.

19. Nabi Ilyas

Nabi Ilyas berdakwah untuk kaum Bani Israil yang gemar menyembah berhala bernama Ba’al.

20. Nabi Ilyasa

Nabi Ilyasa adalah anak angkat dari nabi Ilyas dan melanjutkan dakwah dari sang ayah. Mukijizat yang dimiliki oleh nabi Ilyasa adalah mampu menghidupkan orang mati atas seizin Allah.

21. Nabi Yunus

Nabi Yunsi berdakwah untuk menyadarkan kamu Assyira di kota Niniwe agar tidak menyembah berhala. Nabi Yunus terkenal dengan kisahnya dimakan oleh ikan besar saat pergi meninggalkan kaumnya.

22. Nabi Zakaria

Nabi Zakaria adalah keturunan dari nabi Daud dan nabi Sulaiman. Nabi Zakaria diriwayatkan memiliki sifat rendag hati dan selalu bersyukur kepada Allah.

23. Nabi Yahya

Nabi Yahya adalah putra dari Nabi Zakaria yang ditunggu-tunggu kelahirannya. Karena beliau lahir saat usia nabi Zakaria sudah sangat tua. Nabi Yahya disebut sebagai orang yang terhormat dan suci.

24. Nabi Isa

Nabi Isa lahir dengan tidak memiliki ayah dan dari seorang wanita suci bernama Maryam. Ada banyak mukjizat yang dimiliki oleh nabi Isa, yaitu kitab Injil, bisa berbicara saat bayi, menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan orang buta, menghidupkan butung dari tanah liat, dan menurunkan hidangan dari langit.

25. Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menjadi nabi terakhir sekaligus penutup. Saat beliau lahirm banyak peristiwa besar yang terjadi, seperti runtuhnya berhala yang ada di Kaabah dan padamnya apu yang disembah kaum Majusi. Salah satu mukjizat terbesar yang dimiliki oleh nabi Muhammad adalah kitab suci Al-Qur’an.