3 Tips untuk Mempersiapkan Tubuhmu Menjelang Hari Persalinanmu

Selasa, 19 November 2019 | 15:50:28

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

3 Tips Untuk Mempersiapkan Tubuhmu Menjelang Hari Persalinanmu

Apakah kamu baru hamil anak pertama atau kamu sudah pernah melahirkan sebelumnya?  Sangat normal saat kamu merasa gugup menjelan hari persalinanmu. Menjelang hari persalinan kamu bisa merasa stress, mudah terserang penyakit dan lain sebagainya, tapi kalau dibiarkan malah akan berdampak buruk pada jabang bayimu. Untungnya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu dirimu siap melahirkan ketika tiba saatnya hari persalinanmu. Untuk memberikanmu semangat menyambut bayi yang kamu kandung, di bawah ini ada 3 tips untuk mempersiapkan tubuhmu menjelang hari persalinan.

1. Gunakan air untuk membuatmu lebih santai

air untuk memperlancar persalinan
sumber: chicago.suntime.com

Baik ketika kamu sedang hamil atau kamu sedang mempersiapkan hari persalinanmu, air bisa menjadi elemen yang sangat membantu dalam hal menghilangkan rasa sakit dan memberikan rasa santai. Menurut Gayle Sato dan Jennifer Cody Epstein, contributor parents.com, banyak wanita memilih untuk bekerja di bak air hangat untuk membantu meringankan sakit punggung mereka dan meringankan beberapa tekanan pada tubuh mereka. Tetapi bahkan sebelum kamu aktif dalam proses persalinan, mandi air hangat atau atau dengan air dingin dapat membantumu merasa lebih santai. Saat semakin dekat dengan hari persalinanmu, kamu mungkin ingin menghabiskan waktu berkualitas bersantai di bak mandi atau pancuran, karena si kecil kemungkinan tidak akan memberimu banyak waktu lagi untuk berendam saat mereka lahir ke dunia. Jadi, nikmati waktumu bersama air ya!

2. Cobalah untuk melakukan Pijat Perineum

cobalah pijat perineum
sumber: thehealthsite.com

Tubuhmu mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Namun, apa yang paling membuat stress adalah ketika kamu harus melalui proses persalinan anakmu. Tubuhmu harus meregang dan bergerak, berkontraksi dengan cara yang biasanya tidak dilakukan, yang membuat pemulihan dari perubahan ini menjadi sulit selama beberapa minggu ke depan. Satu hal yang bisa kamu coba yang membuat peregangan menjadi sedikit lebih mudah dilakukan dan lebih cepat pulih, menurut Jennifer Elliot, contributor Today’s Parent, adalah pijatan perineum. Dengan meregangkan jaringan ini dengan lembut sebelum bayimu lahir, kamu mungkin memiliki waktu yang lebih mudah untuk mengeluarkan bayimu tanpa banyak trauma pada tubuhmu saat hari persalinan.

3. Berlatih teknik pernapasan

berlatih teknik pernapasan
sumber: triyoga.com

Untuk membantu tubuh dan pikiranmu siap menghadapi rasa sakit yang begitu sakit saat persalinan dan kelahiran anakmu, Maura M. Shirey, seorang contributor untuk Mother.ly merekomendasikan agar kamu meluangkan waktu untuk mempraktikkan teknik pernapasan saat kamu mempersiapkan hari persalinan bayimu. Ada beberapa teknik pernapasan pasif dan aktif yang bisa kamu ketahui sebelum melaihrkan, dan keduanya bisa sangat membantu untuk mempertahankan fokusmu dan menjaga dirimu dari terlalu banyak tegang.

Jika kamu akan segera melahirkan seorang bayi, pertimbangkan untuk melakukan 3 tips yang telah disebutkan di atas untuk membantumu mempersiapkan tubuhmu menjelang hari persalinan dan tentunya ini akan membuat persalinanmu menjadi lancar dan sukses, Ladies. Semangat calon Ibu!