3 Universitas Terbaik dan Terkenal di Bandung

Rabu, 21 Juli 2021 | 13:45:02

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Universitas Terbaik Dan Terkenal Di Bandung

Foto: Ladiestory.id

Bandung adalah salah satu kota yang terkenal akan pendidikannya. Telah banyak universitas-universitas negeri dan swasta yang terdapat di kota Bandung.

Banyak juga calon mahasiswa yang memilih Bandung menjadi kota rantau guna melanjutkan studinya.

Kuliah merupakan pengalaman terbaik dalam mengembangkan kemampuan dan bakat yang ada pada diri Anda. Tentu banyak hal yang dapat diperoleh saat kuliah, seperti prestasi akademik, pengalaman organisasi, sampai mengenal orang-orang penting di kampus.

Agar pengalaman Anda semakin bertambah, Anda dapat memilih perguruan tinggi di kota besar. Seperti Kota Bandung sebagai destinasi kuliah terfavorit di Indonesia yang memiliki banyak universitas dengan fasilitas menakjubkan.

Disisi lain, kampus di Bandung sering melahirkan tokoh-tokoh besar nusantara.

Anda yang ada di kota Bandung dan ingin menempuh pendidikan kuliah, sangat banyak perguruan tinggi negeri di Bandung yang bagus dan berkualitas.

Walaupun swasta sejatinya juga dapat menjadi alternatif pilihan, namun secara umum biasanya perguruan tinggi negeri (PTN) tetap menjadi pilihan utama yang dipilih para calon mahasiswa.

Berbicara tentang universitas, perguruan tinggi swasta di Bandung juga tidak kalah menarik karena memiliki prestasi sampai tingkat internasional.

Oleh sebab itu, banyak calon mahasiswa dari dalam dan luar negeri memilih melanjutkan pendidikan khususnya di Bandung.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

foto:instagram/itb1920
Foto: Instagram/itb1920

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Bandung.

Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Semenjak tanggal 14 Oktober 2013 ITB disebut sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan pada akademik dan non-akademik.

ITB sudah memiliki 20 program studi yang terakreditasi secara internasional (sembilan di antaranya dari ABET).

Kampus utama ITB kini adalah lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda.

Meskipun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang memulai ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh pada perkembangan yang tertuju pada pendirian ITB.

  1. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

foto:instagram/universitaspadjadjaran
Foto: Instagram/universitaspadjadjaran

Berikutnya ada Universitas Padjadjaran. Universitas Padjadjaran yang disingkat UNPAD merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang ada di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Pada 20 Oktober 2014, Universitas ini berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU).

Penetapan itu didasarkan melalui evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud).

Disisi lain, menurut Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan pada tanggal 16 Januari 2014, UNPAD mendapat peringkat A (sangat baik).

  1. Universitas Komputer Indonesia

foto:instagram/unikom_official
Foto: Instagram/unikom_official

Terakhir ada Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Universitas Komputer Indonesia adalah universitas yang bisa dikatakan baru, walaupun begitu kenyataannya universitas ini dapat menduduki deretan universitas terpopuler yang terdapat di Indonesia.

Apalagi pada tahun 2013 universitas ini dapat meningkatkan kepopulerannya dengan prestasi yang dicapai. Tercatat pada tahun tersebut UNIKOM Bandung dapat meraih juara kontes robot internasional di Amerika Serikat.

Sampai sekarang ini UNIKOM Bandung memiliki 6 fakultas sarjana yang diantaranya yaitu fakultas teknik dan ilmu komputer, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas ilmu sosial dan bisnis, fakultas hukum, fakultas desain, dan fakultas sastra.

Itulah universitas terbaik dan terkenal yang ada di Bandung.