4 Benda Ini Bisa Membantu Mengurai Kalung yang Kusut

Minggu, 24 Januari 2021 | 08:10:19

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

4 Benda Ini Bisa Membantu Mengurai Kalung yang Kusut

Saat mengoleksi perhiasan emas, sering kali kamu lupa membedakan kotak perhiasan untuk kalung. Alhasil, kalung yang disimpan bersama koleksi perhiasan lain, seringkali menjadi kusut dan menyangkut dengan perhiasan lainnya.

Kalung adalah jenis perhiasan yang perlu disimpan dengan benar agar tetap berkilau dan memiliki nilai jual tinggi. Jika tidak mau kalung kusut, simpanlah kalung dengan benar. Kamu bisa menaruhnya di kotak khusus, menggantung kalung di dalam kotak lemari, atau memasukkan kalung ke dalam sedotan.

Yups, memasukkan kalung ke dalam sedotan adalah langkah yang paling tepat dan efisien agar kalung tidak mudah kusut. Caranya, lepaskan kedua ujung kalung, masukkan kalung ke dalam sedotan, saat kalung keluar dari dasar sedotan, sambungkan kembali kedua ujung kalung 

Tapi tunggu, langkah tadi tidak untuk kalung liontin yang berukuran besar. Jika liontin tidak cukup kecil untuk masuk ke dalam lubang sedotan, maka tekuk sedotan lalu potong menjadi dua bagian, dan masukkan kedua bagian kalung. Liontin akan cantik menjuntai di tengah-tengah sedotan yang melindungi kalung.

Lalu bagaimana dengan kalung yang sudah terlanjur super duper kusut dan sulit dilepas? Simak, yuk, 4 benda yang bisa membantu mengurai kalung yang kusut.

 

  1. Sabun Pencuci Piring

Yang pertama adalah sabun pencuci piring. Kita biasa melepas cincin yang sempit dengan sabun, begitu juga untuk melepas kalung yang kusut.

Sabun pencuci piring memiliki molekul surfaktan yang dapat menyatukan air dan minyak. Molekul ini dipercaya dapat melepas kotoran yang menempel pada perhiasan, bahkan kalung emas yang kusut sekalipun.

Ingat, poin terpenting dalam mengurai kalung yang kusut adalah kesabaran. Butuh ketelatenan dalam melepas kan satu persatu tali yang menyangkut, walau licin dan mudah ditarik, jangan sampai kamu salah tarik. Karena jika kamu salah tarik, bisa saja menyebabkan ikatan tali semakin kuat. 

 

  1. Baby Oil

Sama dengan sabun pencuci piring, fungsi baby oil juga untuk memberi pelumas agar tali kalung menjadi licin dan mudah ditarik. Sebenarnya, tidak cuma baby oil, jenis minyak pelumas lainnya juga bisa kamu gunakan seperti minyak zaitun.

Caranya, teteskan baby oil atau minyak zaitun ke bagian simpul kalung, jimpit kalung secara telaten, dan lepaskan perlahan.

Minyak akan membuat untaian kalung lebih mudah meluncur melewati satu sama lain saat kamu melepaskan simpulnya. Baby oil atau minyak zaitun aman untuk ditambahkan ke kalung, dan dapat dengan mudah dicuci.

 

  1. Bedak Bayi

Selain bisa mengatasi kusut rambut setelah disasak, bedak bayi juga berfungsi untuk melepaskan tali yang kusut pada kalung emas lho!

Tabur bedak bayi ke simpul yang kusut, gosok simpul dengan lembut agar bedak jatuh ke dalam, ingat jangan terlalu keras karena dapat menggores kalung yang kusut. Jika kalung sudah sedikit longgar, jimpit secara telaten dan lepaskan.

Bedak bayi aman untuk digunakan untuk mengurai pada kalung yang kusut. Teksturnya yang padat dan tidak memiliki bau yang menyengat bisa kamu simpan langsung ke dalam kotak perhiasan. Jika ingin lebih bersih, kamu bisa cuci kalung emas mu lalu gosok perlahan dengan kain lembut hingga kering.

 

  1. Jarum Pentul/ Peniti

Terakhir, gunakan jarum pentul/peniti. Cara ini dilakukan jika tanganmu sudah tidak bisa meraih tipisnya rantai kalung yang kusut.

Caranya, ambil dua buah jarum, tarik satu sisi menggunakan jarum dan tarik sisi lain menggunakan jarum lainnya. Tarik rantai yang kusut secara perlahan menggunakan ujung jarum untuk membuka atau melonggarkan rantai kalung yang terbelit, lalu jimpit menggunakan tangan dan tarik kalung secara perlahan.

Itulah 4 benda yang bisa membantu mengurai kalung yang kusut. Kalung adalah salah satu aset perhiasan emas yang berharga. Selain untuk mempercantik penampilan, kamu selayaknya merawat dan menaruhnya dengan baik agar tetap berkilau dan bernilai jual tinggi.

 

Berita Terkait