4 Cara Melupakan Masalah Hidup Yang Tengah Dialami

Senin, 30 Agustus 2021 | 08:03:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Cara Melupakan Masalah Hidup Yang Tengah Dialami

Foto: Ladiestory.id

Semua orang pasti memiliki masalah, namun tak semua orang sanggup menghadapi dan melupakan masalah yang dialaminya. Seseorang yang tak siap menghadapi masalah dalam siapnya, masalah tersebut akan terus diingatnya.

Hal itu tentunya bisa mengganggu pikiran dan kesehatan orang tersebut. Bila Anda mengalami hal itu, ada beberapa cara melupakan masalah dalam hidup yang  Anda alami. Simak ulasanya di bawah ini.

Cara Melupakan Masalah dalam Hidup 

Masalah hidup yang terus diingat - ingat bukan hanya akan membuat stress pikiran tapi juga bisa  mengganggu kesehatan Anda. Untuk itu cobalah lakukan cara agar bisa melupakan masalah berikut ini :

1. Tenangkan Pikiran dengan Beribadah 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melupakan masalah adalah dengan beribadah. Bila Anda  seorang muslim, Anda bisa menjalankan sholat, zikir, mengaji atau ibadah lainnya yang bisa menenangkan pikiran. 

Cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda melupakan masalah yang tengah mengganggu pikiran. Bagi seseorang yang memiliki iman kuat dan pernah mencobanya tentu paham hal ini.

2. Menyibukan Diri dengan Berbagai Aktivitas

Foto: Ladiestory.id

Salah satu penyebab Anda tidak bisa melupakan masalah yang dialami adalah karena seringnya Anda berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun. Berdiam diri akan membuat seseorang cenderung suka melamun tanpa mengerjakan apapun. 

Bila Anda terus menerus seperti itu, tidak heran bila Anda terus mengingat masalah yang dialami, dan sulit melupakannya. Seringkali hal itu memicu emosi saat sedih, marah, dan khawatir. Padahal masalah tersebut mungkin saja sudah terselesaikan.

Oleh sebab itu, cobalah menyibukan diri dengan melakukan kegiatan apapun yang Anda bisa. Berusahalah untuk tidak berdiam diri dan melamun. 

Bila Anda sudah terbiasa dengan banyak aktivitas,  maka pikiran Anda pun tidak akan dihinggapi pikiran tentang masalah yang dihadapi. Hal ini karena pikiran Anda jadi lebih disibukkan aktivitas aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

3. Melakukan Meditasi

Foto: Galih wicaksono

Cara melupakan masalah yang sedang dihadapi salah satunya adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi berfungsi untuk menjaga pikiran seseorang agar tetap sadar dan terhindar dari pikiran kemana-mana. Termasuk pikiran tentang  masalah yang terjadi.  Karena berdampak positif inilah disarankan untuk melakukan meditasi sebagai salah satu cara melupakan masalah Anda.

Cara melakukan meditasi ini cukup mudah, pertama Anda ambil posisi duduk tegak bersila. Lalu Anda pejamkan  kedua mata Anda dengan perlahan lalu bernafaslah dalam - dalam.

Fokuskan pikiran Anda pada proses menghirup dan menghembuskan udara ketika bernapas. Perhatikan bagaimana setiap sensasi yang Anda rasakan saat udara keluar dan keluar lewat pernapasan Anda. Lakukan proses ini sekitar 5 hingga 10 menit setiap hari atau kapan saja saat pikiran Anda tidak tenang dan bercabang.

4. Memicu Tubuh Untuk Mengeluarkan Hormon Endorfin

Foto: Ladiestory.id

Hormon endorfin adalah hormon dalam tubuh yang bila dikeluarkan akan menimbulkan rasa bahagia. Dengan begitu Anda bisa melupakan masalah yang Anda hadapi. Hormon endorfin bisa dipicu dengan melakukan olahraga dan hubungan seks, tapi tentunya dengan pasangan yang sah ya.

Oleh karena itu, cobalah untuk rutin berolahraga setiap hari dan melakukan hubungan intim secukupnya dengan pasangan Anda yang sah secara hukum maupun agama, ya. Walaupun mungkin hanya bersifat sementara, tapi hormon endorphin tergolong efektif untuk  membuat Anda melupakan masalah.

Nah, itulah tadi 4 cara melupakan masalah hidup yang dialami, semoga bermanfaat dan bisa jadi solusi efektif buat Anda untuk melupakan suatu masalah.

Berita Terkait