4 Cara Membuat Mind Mapping Dan Kenali Arti Serta Manfaatnya

Thursday, 15 Jul | 12:46:56

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

4 Cara Membuat Mind Mapping Dan Kenali Arti Serta Manfaatnya

Foto: Ladiestory.id

Work Form Home (WFH) ataupun sekolah secara daring terkadang membuat kita bosan hingga tidak terlalu memahami akan materi. Tentu, ini akan memperlambat selesainya tugas dan tanggung jawab kita.

Jangan khawatir karna kamu bisa mencoba teknik baru dengan cara efektif untuk memetakan pikiran yang ada. Teknik ini disebut mind mapping atau metode pemetaan pikiran. Yuk, kita kenali lebih dalam tentang mind mapping

Apa itu Mind Mapping?

Menurut seorang penulis yakni Tony Buzan, mind mapping adalah suatu cara mengembangkan kegiatan berpikir serta menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind mapping juga akan mengasah cara berpikir yang divergen dan kreatif.

Mind mapping atau peta konsep sebagai alat berpikir organisasional yang akan membantu seseorang menempatkan informasi dalam otaknya kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun ia membutuhkannya.

Dengan adanya mind mapping kita dipermudah dalam melakukan perencanaan, komunikasi, mengasah kreatifitas, membantu menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, membantu mengingat dengan baik, serta membuat proses belajar menjadi lebih efisien.

Manfaat Mind Mapping

  1. Kemampuan mengingat meningkat dan dapat mengelompokan informasi penting

Keuntungan menggunakan mind mapping adalah mampu mengingat sesuatu lebih utuh dan detail. Selain itu, dengan mengelompokkan informasi-informasi penting dari suatu materi yang dapat dijadikan sebuah peta konsep.

Sehingga, kamu tak perlu lagi kelelahan dalam menghimpun semua informasi penting dalam buku. Kamu juga tak perlu lagi khawatir kehilangan atau lupa akan poin penting dalam buku yang sudah kamu baca. Dengan ini, kita dapat menghemat waktu serta tenaga sebab sudah mengumpulkan semuanya dalam satu genggaman.

Selain itu, cara ini juga mampu membantu penggunanya dalam memecahkan masalah yang kompleks tersebut. Sehingga, cara ini akan sangat bermanfaat ketika diterapkan ke dalam proses manajemen proyek, rapat, dan lain-lain.

  1. Meningkatkan Kosentrasi dan Imajinasi

Mind mapping membantu untuk melatih kemampuan pengaturan informasi yang didapat. Dalam hal ini, kamu bisa mengelompokkan suatu informasi sesuai dengan kategori tema yang dibahas. Dengan demikian, kamu akan mulai terbiasa dengan menyusun informasi secara rapi dan tertata.

Dengan mind mapping juga dapat meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi, dan memori. Kebiasaan mencatat dengan sistem ini akan melatih otak kamu untuk menyusun informasi dengan baik.

  1. Cepat memahami sesuatu

Fungsi kerja otak akan meningkat jika kita menggunakan teknik mind mapping. Jika seseorang telah terbiasa membuat mind mapping maka secara otomatis akan lebih cepat dalam memproses atau memahami materi yang sedang ia pelajari.

Penggunaan kata kunci yang sederhana pada mind mapping juga akan membantumu dalam mengingat materi-materi penting yang berkaitan dengan ide utamanya.

  1. Menghemat waktu dan meningkatkan kreatifitas

Dengan adanya mind mapping dapat membuat kita untuk menghemat waktu sehingga lebih produktif. Sebab materi yang sudah tersusun rapi akan mempermudah untuk kita mempelajari materi sehingga tidak akan memakan banyak waktu.

Selain itu dalam menjadikan diri lebih kreatif, dengan cara ini belajar akan jadi lebih menyenangkan karena kamu bebas mengekspresikan apa yang kamu pahami dalam sebuah gambar dan coretan. Kamu pun juga bisa lebih hemat waktu dalam belajar.

Cara Membuat Mind Mapping

Pada dasarnya membuat mind mapping adalah kegiatan yang mudah dan menyenangkan. Jika membuatnya secara manual dengan menggunakan lembaran kertas ataupun papan tulis, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi yang saat ini sudah banyak disediakan.

Apapun media yang digunkanan disarankan dalam bentuk landscape agar memudahkan untuk membuat mind map.

  1. Menentukan Tema

Foto: Ladiestory.id

Inti utama dari mind map terletak pada tema besar apa yang akan dipetakan. Pastikan menulis tema besar tersebut di tengah-tengah media yang sudah dipilih. Hal ini bertujuan untuk memudahkan ketika menuliskan cabang lainnya.

  1. Menentukan Sub-Tema

Foto: Ladiestory.id

Setelah menentukan tema utama, maka harus menentukan tema turunan atau sub tema yang akan dihubungkan dengan suatu garis cabang.

Saat membuat sub tema, usahakan untuk tidak membuat garis yang lurus. Hal ini bertujuan agar mind map tidak terlalu kaku dan lebih memudahkan dalam memahami konteks isinya.

Selain itu, tips lainnya adalah dengan menurunkan sub tema dengan kata kunci yang saling berkaitan dengan tema besar. Selain akan lebih mudah untuk dipahami, nantinya mind map akan menjadi lebih terstruktur dan juga lebih teratur.

  1. Pilih Warna yang Menarik

Foto: Ladiestory.id

Penggunaan warna yang menarik adalah salah satu kunci agar mind map dapat digunakan secara maksimal.

Contohnya, membuat mind map dengan tema utama bussines plan. Nah, sub-tema yang digunakan adalah finance, competitor, strategi, dll dengan menggunakan warna hijau, merah, dan biru.

Saat menggunakan warna pada sub-tema atau pada berbagai topik tertentu, maka nantinya otak kita akan lebih mudah dalam mengasosiasikannya dengan topik tersebut.

  1. Menambahkan Gambar

Foto: Ladiestory.id

Dengan adanya gambar juga dapat membantu otak dalam mengasosiasikan berbagai tema yang sudah dibuat dengan mudah.

Gambar simbol juga bisa digunakan untuk memperoleh efek tersebut. Selain itu, gambar juga bisa digunakan untuk mengganti kata-kata. Sehingga, mind map akan terlihat lebih menarik.

Itulah pengertian, manfaat dan cara membuat mind mapping. Semoga membantu!