Kenalan dengan Reset Routine Yuk! Cara Ampuh Kembalikan Semangat Kerja

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Kenalan Dengan Reset Routine Yuk! Cara Ampuh Kembalikan Semangat Kerja

Ilustrasi reset routine. (Special)

Ladiestory.id - Mungkin sebagian dari kamu merasa kelelahan ketika melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Hingga, terkadang merasa bosan dan tidak memiliki semangat kerja dalam beberapa waktu.

Hal ini kerap terjadi pada pekerja yang memiliki rutinitas stagnan dalam waktu yang lama. Biasanya akhir pekan akan digunakan sebagai waktu untuk bermalas-malasan. Bahkan, bisa tidak kembali bersemangat kerja saat Senin menjelang.

Dalam mengatasi hal tersebut, kamu dapat menerapkan sebuah kegiatan bernama reset routine. Cara ini dipopulerkan oleh YouTuber bernama Rowena Tsai yang fokus membahas mengenai self care dan hal-hal terkait perkembangan diri. 

Cara ini sangat berguna untuk membantumu dalam mengembalikan lagi mood hingga motivasi dan semangat dalam bekerja. Nah, bagi kamu yang mau mencoba reset routine. Yuk, simak cara berikut.

Tingkatkan Self-Awareness

Ilustrasi reset routine. (Special)

Untuk memulai sebuah reset routine, kamu memerlukan self-awareness. Langkah pertama, yaitu dengan mengenali apa yang kamu rasakan saat ini dan alasannya.

Misalnya, kamu kehilangan semangat karena bosan dengan rutinitas yang sama atau merasa tidak ada gairah hidup lantaran berada pada level hidup yang sama.

Nah, hal semacam ini bisa kamu tulis pada sebuah kertas. Sebab, dengan menulis dapat membantu kamu jadi mengerti apa yang sedang dibutuhkan. Cukup buat mind mapping sederhana supaya lebih terarah tujuan yang kamu inginkan.

Tentukan Masalah dan Solusinya

Ilustrasi reset routine. (Special)

Ketika sudah melakukan pemetaan, maka kamu dengan mudah bisa memikirkan solusi terbaik yang akan dilakukan. Misalnya, kamu ingin menyelesaikan deadline kantor yang sempat tertunda dan berencana untuk menyelesaikannya di minggu selanjutnya. Ternyata, rencana tersebut tidak berjalan dengan baik sehingga muncul self-critic, mulai dari overthinking, perasaan negatif hingga menyalahkan diri sendiri yang berlebihan.

Nah, hal semacam ini bisa kamu bantu selesaikan dengan membuat daftar kegiatan yang singkat dan padat. 

Buat Daftar Kegiatan

Ilustrasi reset routine. (Special)

Setelah menemukan solusinya, kamu dapat membuat daftar kegiatan untuk membantumu lebih fokus dan disiplin. Sehingga, kamu menemukan semangat baru dalam hidup.

Selain itu, ketika kamu berhasil menyelesaikannya, akan membuat perasaan bahagia dan bangga muncul. Kamu bisa membuat daftar kegiatan yang lebih padat dan bisa dimulai dari empat hingga lima daftar terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu dapat meningkatkannya lagi setelah merasa mampu dengan target sebelumnya. Semangat, ya!

Lakukan dengan Konsisten

Ilustrasi reset routine. (Special)

Ketika kamu memiliki keinginan berubah dan telah menemukan akar permasalahannya hingga solusi terbaiknya, maka jangan lupa untuk melakukan reset routine dengan konsisten.

Sebab, ketika kamu tidak melakukannya secara rutin akan terbentuk kebiasaan bahwa hal ini hanya menjadi sampingan semata. hal ini juga memungkinkan kamu merasa kembali kehilangan semangat bekerja pada Senin nanti.

Jangan Terburu-Buru Meminta Hasil

Ilustrasi reset routine. (Special)

Selain melakukan dengan konsisten, kamu juga tak perlu terlalu fokus pada hasilnya. Cukup lakukan dengan konsisten sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan baru yang baik.

Sebab, ketika perasaan tersebut muncul secara tidak langsung kamu telah mendapat hasil dan manfaat dari reset routine yang dilakukan. Hal ini juga menjadi konsen bagi YouTuber Rowena Tsai yang memperkenalkan cara reset routine dalam kehidupannya.

Ia menekankan dalam melakukan perubahan hidup, buatlah sistemnya tanpa terlalu berfokus pada hasilnya. Sebab, hasil akan mengiringi secara otomatis. Berani coba, Ladies?

s