8 Cara Melatih Kedisiplinan Diri, Wajib untuk Diterapkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:05:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

8 Cara Melatih Kedisiplinan Diri, Wajib untuk Diterapkan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kata disiplin sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Disiplin merupakan salah satu kebiasaan yang baik dalam pola hidup masyarakat secara umum.

Tidak hanya itu, bahkan sebagian orang percaya bahwa disiplin dapat menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan seseorang dalam menuntut ilmu dan dalam hal-hal yang lain.

Tujuan dari disiplin pun beragam, salah satunya adalah mengembangkan pribadi yang dapat mengendalikan diri dengan baik.

Cara Melatih Kedisiplinan Diri

Pada dasarnya kedisiplinan itu berasal dari diri sendiri untuk mengendalikannya. Bahkan kemauan hingga proses belajar disiplin tercipta dari diri sendiri. Oleh sebab itu, yuk ikuti cara melatih kedisiplinan berikut ini!

1. Jangan Tunggu Motivasi Datang

Foto: Ladiestory.id

Cara melatih kedisiplinan harus datang dari hati sendiri. Jangan tunggu digerakkan atau mendapat motivasi. Menunggu motivasi tidak akan membuat diri bisa lebih disiplin.

Disiplin harus tetap melakukan kegiatan meski tidak menyukainya. Kamu akan dilatih untuk mengubah sikap positif menjadi sebuah kebiasaan.

2. Mulailah dari Hal yang Kecil

Kedisiplinan bukan sesuatu yang bisa didapat secara instan. Tidak bisa tercipta hanya dalam waktu satu malam. Oleh sebab itu, untuk bisa meningkatkan kedisiplinan diri harus dimulai dari hal sederhana seperti seperti disiplin datang tepat waktu ke sekolah.

3. Membuat Jadwal Harian

Foto: Ladiestory.id

Buatlah jadwal kerja dan juga jadwal aktivitas lainnya menjadi salah satu cara meningkatkan kedisiplinan. Jadwal kegiatan sehari-hari akan membantu untuk hidup secara teratur dan mengutamakan hal-hal yang penting.

Kamu bisa membuat jadwal harian mulai dari merencanakan jam bangun pagi sampai jam tidur di malam hari. Pastikan menyusun jadwal sesuai prioritas agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang percuma.

4. Menentukan Prioritas

Cara melatih kedisiplinan selanjutnya kamu bisa mulai mengatur waktu agar lebih efisien dengan menentukan prioritas. Tugas-tugas yang kamu anggap penting harus selalu berada diurutan teratas dalam jadwal. 

5. Berani Berperang Mengalahkan Rasa Malas

Foto: Ladiestory.id

Bermalas-malasan merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Tiduran di atas kasur sambil bermain gadget menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang atau mengisi kegabutan.

Namun, akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia saat memilih untuk terus melakukan hal tersebut. Tapi kamu harus bisa melawan egomu untuk terus bermalas-malasan.

Lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti olahraga atau ikut komunitas tertentu yang akan menambah pengalaman yang kamu miliki.

6. Fokus pada Target Jangka Panjang

Mengapa cara melatih kedisiplinan salah satunya adalah target jangka panjang? Karena target jangka panjang adalah sasaran yang tidak akan bisa anda latih dalam waktu dekat. Sehingga anda terpacu menjaga motivasi untuk bisa mencapainya.

7. Tahan Godaan

Foto: Ladiestory.id

Saat ingin mulai melatih kedisiplinan, godaan pasti akan datang tak tertahan. Di sinilah akan terlihat sekuat apa niat  untuk bisa menjadi sosok yang disiplin. Sebaaiknya jauhkan semua hal yang bisa menjadi godaan saat melatih kedisiplinan.

Sebagai contoh, jauhkan telepon seluler dari jangkauan dan pendengaran saat bekerja. Matikan televisi atau apa pun yang bisa mengganggu fokus terhadap pekerjaan. Jauhkan keinginan Anda untuk memainkan ponsel atau remote TV.

8. Sabar dan Jangan Mudah Merasa Puas

Bersabar adalah salah satu cara terpenting untuk membangun disiplin diri, terutama bagi kita yang hidup di zaman sekarang. Hampir semua orang menginginkan hasil yang serba cepat atau instan. Kita ingin masalah kita cepat selesai, kita ingin bisa meraih kesuksesan hanya dengan satu tahun, dan hal-hal instan lainnya.

Masalahnya adalah ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan kita, kita sering mengabaikannya tanpa mengevaluasi kembali langkah-langkah yang telah diambil sebelumnya.

Perasaan untuk mudah menyerah sangat cepat menyerang kita sebagai manusia. Ketahuilah, ini adalah salah satu perangkap agar kita menjauh dari kedisiplinan diri.

Inilah 8 cara melatih kedisiplinan. Semangat belajar dan berproses!