Sering Tidak Fokus? Ini Tips Tingkatkan Konsentrasi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:30:00

Sering Tidak Fokus? Ini Tips Tingkatkan Konsentrasi

Ilustrasi tidak fokus saat bekerja. (pinterest)

Ladiestory.id - Semakin padatnya aktivitas harian, membuat kamu sering lelah dan tidak fokus dalam belajar ataupun bekerja. Pengaruh insomnia saat tidur juga kerap menjadi masalah seseorang rentan tidak fokus saat menjalani aktivitas. Berikut ini cara tingkatkan konsentrasi.

Buat Perencanaan

Ilustrasi Journaling (Pinterest.com)

Tips yang dapat kamu lakukan adalah membuat rencana atau planning. Dengan ini, kamu akan lebih fokus dan terarah saat mengejakan tugas atau bekerja. Hal ini juga baik untuk kamu dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

Selain itu, kamu akan lebih mudah untuk mengambil keputusan, mengontrol diri, serta evaluasi diri. Saat kamu sedang lelah atau stres akibat jadwal yang padat, kamu bisa kembali fokus dengan melihat perencanaan yang sebelumnya dibuat. Cara ini sangat efisien dalam hidup dan dapat mengelola pemecahan masalah yang didapat.

Jalani Pola Hidup Sehat

Olahraga. (Special)

Sering tidak fokus atau kurang berkonsetrasi terhadap pekerjaan juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup sehat merupakan kebiasaan hidup yang terbebas dari masalah kesehatan fisik dan psikis. Dengan menerapkan kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan lebih sehat secara fisik dan psikis. Tentu, ini berkaitan dengan konsentrasi kamu saat belajar ataupun bekerja. Pola hidup sehat yang dapat kamu lakukan adalah seperti mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur-sayuran, rutin minum air putih, rajin berolahraga, dan menghentikan kebiasaan buruk.

Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup. (Special)

Kurangnya tidur akan membuat kamu sulit fokus karena mudah untuk merasa lelah. Kelelahan akibat begadang semalaman dapat menurunkan kinerja hingga suasana hati yang dapat memburuk. National Sleep Foundation, merekomendasikan untuk tidur 7 hingga 9 jam pada orang dewasa. Para peneliti telah menemukan efek kurang tidur pada otak yang dapat menyebabkan kecemasan dan konsentrasi yang menurun.

Menurut ahli, kurang tidur dapat menurunkan ketahanan kita terhadap stres dan merusak otak. Selain itu, kurang tidur dapat mengganggu kemampuan ingatan dan pembelajaran seseorang yang membuat otak bergerak lebih lambat dan membuat kamu sering lupa.

Mendengarkan Musik

Foto: Tribunjualbeli.com

Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Hal ini dikarenakan sinyal listrik yang bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak dan mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif dan memori. Jadi, tips yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja atau belajar adalah mendengarkan musik favoritmu. Musik dapat meningkatkan fokus otak dan membantu otak menyerap informasi baru dengan lebih mudah.

Rutin Minum Air Putih

Manfaat minum air putih. (Special)

 

Air putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya meningkatkan fokus dan konsentrasi. Dalam jurnal American College of Nutrition tahun 2012, menyebutkan dehidrasi ringan mengurangi 2% tingkat konsentrasi dan perhatian seseorang. Minum air putih secukupnya mampu mengembalikan konsentrasi yang telah buyar.

s