Kamu Harus Tahu! Ini Dia Segudang Manfaat Mendengarkan Musik yang Bisa Kamu Dapatkan

Selasa, 3 Desember 2019 | 17:58:13

Ayda Maharani

Penulis : Ayda Maharani

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Segudang Manfaat Mendengarkan Musik Yang Bisa Kamu Dapatkan

Girls, mungkin diantara kamu banyak yang mempunyai hobi mendengarkan musik bukan? Musik tak hanya bisa digunakan untuk bersenang-senang, tapi juga mempunyai segudang manfaat. Apa aja sih manfaat dari mendengarkan musik, simak di bawah ini ya.

?

1. Menjadi Lebih Bersemangat

Saat kita mendengarkan musik dapat menimbulkan rasa nikmat dan senang sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat, dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan membuat kita menjadi lebih semangat. Hal tersebut terjadi karena tubuh kita mengeluarkan hormone serotonin, zat yang dapat meningkatkan suasana hati kita.?

?

2. Mempertajam Memori

Penelitian yang dipublikasikan di The Chinese university of hong kong melakukan observasi ke 90 an anak berusia antara 6 sampai 15 tahun. Kemudian anak-anak tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, anak-anak yang menyukai musik. Kemudian, kelompok kedua adalah anak-anak yang tidak suka dengan musik.?Setelah melakukan pengamatan, ternyata seseorang sedang berinteraksi dengan musik, baik main atau mendengarkan, maka lobus frontal otak terangsang aktif. Karena area tersebut adalah bagian otak yang berhubungan dengan fungsi mental yang lebih tinggi seperti berpikir abstrak ?atau perencanaan.

?

3. Mempercepat Masa Pemulihan?

Saat seseorang mendengarkan musik kesukaannya, tubuh akan melepaskan zat biokimia alami bernama endorfin yang dikenal dapat mengurangi rasa sakit dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

?

4. Mengendalikan Nafsu Makan

Tidak banyak yang tahu bahwa mendengarkan musik dapat mengendalikan nafsu makan mu loh. Mendengarkan musik juga membuat kamu menjadi perlahan-lahan dalam mencerna makanan.

?

5. Baik untuk kesehatan jantung

Kamu mungkin berpikir bahwa musik tak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

?

6. Membuat otak awet

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

?

7. Efeknya sama seperti pijatan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

?

8. Musik menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangka kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

?

9. Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja kamu?tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

Jadi mendengarkan musik nyatanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kamu loh. Walaupun begitu, kamu juga harus berhati-hati dalam mendengarkannya. Jangan sampai volume musik kamu begitu keras sehingga merusak pendengaran ya girls.