4 Tips Mencari Pasangan Hidup Yang Tepat Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Jumat, 13 Agustus 2021 | 06:29:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Tips Mencari Pasangan Hidup Yang Tepat Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Foto: Ladiestory.id

Pasangan hidup adalah seseorang yang akan menemani kita selamanya hingga kita mati. Karena itu dalam mencari pasangan hidup tidak bisa asal, meskipun tidak mudah mencari pasangan yang tepat sesuai dengan keinginan kita.

Tips Mencari Pasangan Hidup yang Tepat

Tapi kita bisa berusaha agar mendapatkan jodoh yang terbaik. Berikut ada tips mencari pasangan hidup yang tepat, agar nantinya kita tidak menyesal.  Berikut tips untuk mencari pasangan hidup yang tepat:

1. Cari yang Seiman

Foto: Ladiestory.id

Tips pertama dalam mencari pasangan hidup adalah carilah yang seiman seagama. Walaupun, cinta tidak mengenal kasta, tahta, ataupun agama.

Tapi saat Anda memilih pasangan hidup yang  mempunyai keyakinan berbeda, kelak cenderung akan membawa dampak tidak baik bagi kehidupan Anda kedepannya.

Salah satunya Anda harus berjuang untuk dapat legalitas pernikahan. Karena Undang-undang pernikahan di negara Indonesia tidak ada aturan khusus  yang mengatur masalah pernikahan beda agama.

Menurut Undang-undang Perkawinan Pasal 2 ayat 1 bahwa perkawinan yang sah adalah perkawinan yang dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya.

Jadi agar pernikahan Anda tercatat di Kantor Catatan Sipil, pasangan yang menikah beda agama harus melakukan pernikahan sesuai dengan cara salah satu agama yang dianut pasangan tersebut.

2. Cari Pasangan yang Membuat Anda Nyaman Bersamanya

Foto: Ladiestory.id

Cara mencari pasangan hidup yang baik berikutnya, yakni cari yang membuat Anda nyaman. Bila Anda selalu merasa nyaman saat sedang bersamanya dan Anda tak mau jauh darinya, itu artinya dia orang yang tepat untuk Anda.

Tapi ingat, Anda harus dapat membedakan antara rasa nyaman dan cinta buta. Apakah Anda merasa nyaman karena memang cocok dengan sifatnya, atau cuma sekedar perasaan yang dibutakan karena cinta?

Ini harus bisa Anda pastikan sebelum akhirnya mengetahui bahwa Anda memang selalu merasa nyaman ketika bersamanya.

3. Memiliki Akhlak yang Baik

Foto: Ladiestory.id

Salah satu kunci kebahagiaan dalam rumah tangga yakni baik suami atau istri sama-sama mempunyai akhlak yang baik.

Bila salah satu mempunyai akhlak buruk, pasti akan berdampak buruk juga pada pasangannya. Kehidupan pasangan ini nantinya akan berat dan penuh ujian kesabaran.

Bila suatu hubungan dilandasi oleh akhlak yang baik, maka untuk kehidupan rumah tangga kedepannya pun bakal cenderung baik pula. Termasuk saat kemudian mempunyai keturunan, akhlak baik ini akan diturunkan pada anak-anak mereka.

Sebuah kehidupan rumah tangga akan terasa indah saat seluruh anggotanya memiliki kesamaan visi dalam menjaga akhlak untuk tetap bersih dan bagus. 

4. Cerdas dalam Komunikasi

Foto: Ladiestory.id

Komunikasi adalah salah satu faktor penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Dengan komunikasi mampu menepis perbedaan yang ada di antara pasangan.

Apapun masalah yang ada dalam sebuah hubungan dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik.

Karena itu, Salah satu tips memilih pasangan hidup yang tepat adalah dengan memilih  seseorang yang cerdas dalam komunikasi.

Cerdas di sini dalam arti  dia mampu memposisikan diri dengan baik saat sedang mendiskusikan sesuatu hal. Termasuk salah satunya tidak mengedepankan ego, tapi  harus memiliki empati yang besar.

Itulah 4 tips mencari pasangan hidup yang tepat agar Anda tidak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat.