5 Alasan Perlunya Membuat Resolusi Tahun Baru Supaya Tak Jadi Wacana

Senin, 4 Desember 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Alasan Perlunya Membuat Resolusi Tahun Baru Supaya Tak Jadi Wacana

Ilustrasi Resolusi Tahun Baru. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, menyambut tahun baru tentu kamu ingin menjadi versi terbaik dan terbaru dari dirimu dengan menuliskan berbagai resolusi yang tidak bisa kamu dapatkan di tahun sebelumnya.

Tentunya dengan merencanakan resolusi tahun baru akan menjadikan dirimu lebih semangat menjalani hari-hari di tahun yang baru. Rasa sedih, kecewa, gagal, bahagia maupun goals yang belum terwujud di tahun sebelumnya harus bisa berubah dan tercapai di tahun yang baru. Maka dari itu membuat resolusi tahun baru atau goal setting sangat perlu dilakukan dikarenakan lima alasan berikut ini, simak yuk!

1. Memiliki Tujuan yang Dicapai

Ilustrasi Merencanakan Strategi. (Freepik)

 

Membuat resolusi tahun baru atau goal setting tentu membuat seseorang dapat memiliki arah dan tujuan jelas yang ingin dicapai. Dengan demikian saat hendak mengambil keputusan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kamu dapat lebih sejalan dengan tujuan tersebut dan tidak mudah putus asa apalagi merasa bingung karena ada goals yang kamu tuju.

2. Lebih Fokus

Ilustrasi Menulis Catatan. (Freepik)

 

Dengan membuat resolusi tahun baru kamu bisa lebih fokus dengan wish list mu serta hal-hal yang menjadi prioritasmu. Kamu banyak belajar di tahun yang lalu dan berubah menjadi pribadi yang baru dengan versi terbaikmu.

Kamu akan berusaha meninggalkan hal-hal yang bisa menggagalkan mimpimu dan memusatkan fokus dan perhatianmu pada hal yang kamu inginkan dan kamu kejar itu. Nah, hal ini sangat cocok bagi kamu yang sering kurang fokus dan kurang memiliki motivasi untuk maju, tidak ada salahnya kamu buat planning untuk resolusi tahun baru mengenai hal apa saja yang bisa menyemangati dirimu dan ingin kamu capai di tahun yang baru agar lebih semangat dna fokus dengan goalsmu.

3. Menambah Motivasi Hidup

Ilustrasi Motivasi Kerja. (Freepik)

 

Banyak pelajaran hidup yang tentunya kamu alami di tahun sebelumnya, sudah saatnya kamu berubah menjadi lebih baik menyambut tahun yang baru. Menyusun dan merencanakan list resolusi tahun baru tentunya akan menambah motivasi hidup, begitu pula dengan menyusun rencana masa depan kamu akan lebih excited untuk mewujudkannya.

Kamu bisa menyusun rencana-rencana kecil hingga besar yang akan kamu lakukan secara perlahan dengan sadar dan bersemangat, misalnya bangun lebih awal, rajin berolahraga, hidup lebih hemat, naik karir atau jabatan maupun cita-cita untuk memiliki rumah idaman dan mengusung konsep pernikahan impian dengan tabungan masa depan dari hasil kerja kerasmu akan semakin memotivasi dirimu, Ladies.

4. Meminimalisir Kontrol Terhadap Diri

Ilustrasi Bersemangat. (Freepik)

 

Ladies, jika kamu sudah memiliki rencana resolusi tahun baru maka kamu dapat menyusun strategi apa saja yang hendak kamu mulai nantinya sehingga kamu dapat meminimalisir penyesalan yang terjadi pada dirimu sendiri maupun masa depanmu. Jangan sampai resolusimu hanya menjadi wacana belaka dan kamu abaikan begitu saja, cobalah jalani secara perlahan dan tak tergesa-gesa dalam mengambil maupun membuat keputusan karena hal ini nantinya yang akan memberi pengaruh besar dalam kehidupanmu, Ladies.

5. Memberikan Rasa Bahagia

Ilustrasi Bahagia. (Freepik)

 

Ladies, dampak positif yang bisa kamu dapatkan dari membuat resolusi tahun baru tentunya dapat memberikan rasa bahagia pada dirimu, dengan begitu kamu lebih mudah mengontrol diri dan menjadikan dirimu lebih bertanggung jawab terhadap tujuan dalam hidupmu. Kamu tidak lagi merasa iri dan tersaingi dengan pencapaian orang lain dan lebih fokus kepada perubahan yang ada dalam dirimu.

Apabila resolusimu terwujud tentu hal ini akan memberikan kepuasan dalam dirimu dan menjadikanmu pribadi yang sukses dan percaya diri dalam membuat goal setting jangka pendek maupun jangka panjang.