5 Arti Sayang dalam Hubungan Asmara dan Perbedaannya dengan Cinta

Jumat, 10 Desember 2021 | 19:45:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Arti Sayang Dalam Hubungan Asmara Dan Perbedaannya Dengan Cinta

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kata sayang biasa diucapkan oleh orang yang sedang jatuh cinta dengan pasangannya.  Kata sayang yang sebenarnya punya arti yang luas.  Tapi, tak jarang banyak para pasangan menyalahgunakannya, hanya untuk terlihat romantis tanpa memahami arti yang sebenarnya.

Lantas apa sebenarnya ari sayang dalam hubungan percintaan? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Arti Sayang dalam Hubungan Percintaan

Berikut beberapa  arti sayang yang sebenarnya

1. Definisi dari Kata Sayang

Kata sayang dibentuk dari 2 kata yaitu “Sa” dan “Hyang” yang dalam konsep Hinduisme. “Sa” itu berarti satu dan “Hyang” berarti Tuhan.

Jika digabungkan, maka definisi kata sayang secara harfiah yaitu Tuhan Yang Satu. Kata sayang sendiri diambil dari filosofi rasa kasih Tuhan kepada semua makhluknya.

2. Sayang Itu Membiarkannya Pergi

Foto: Ilustrasi arti sayang (Spesial)

Bila kita menyayangi seseorang pastinya kita akan berkorban apa saja buatnya.  Ingatlah bahwa pengorbanan adalah menukar sesuatu untuk sesuatu yang lebih berarti. Janganlah berhenti untuk sayang kepada seseorang.

Tapi terkadang untuk keperluan pribadi, kamu boleh pergi untuk memperbaiki perspektif. Pergi bukan berarti tidak sayang ya, tapi coba ingatlah tujuan yang sesungguhnya.

3. Sayang Itu Selalu Menjaga dan Melindungi 

Makna sayang sebenarnya adalah selalu menjaga dan melindungi. Menjaga dan melindungi sendiri punya makna yang luas mulai dari melindungi secara fisik, mental maupun perasaan orang yang kita sayang.

Jika kamu memang sayang dengan pasanganmu. Pastilah kamu akan selalu menjaga dan melindunginya dari hal yang tidak diinginkan, iya bukan?

4. Sayang Itu Tidak Buta

Foto: Ladiestory.id

 Banyak orang yang mengatakan bahwa kata sayang itu buta. Padahal persepsi itu tidaklah benar. Arti sayang sesungguhnya adalah saat kamu melihat masalah, mencoba memahami masalah dan mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Jadi sayang itu tidaklah buta, sayang itu melihat dan hal tersebut membuat  kamu merasa aman.

5. Sayang Itu Memberi dengan Ikhlas Tanpa Pamrih

Sayang merupakan suatu perasaan yang ingin selalu memberi degan tulus. Dengan begitu,  sayang juga memiliki makna ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan sesuatu atau imbalan.

Perbedaan Sayang dan Cinta

Foto: Ladiestory.id

 Setelah tahu arti sayang diatas, mungkin kamu bertanya-tanya, lantas apa bedanya dengan cinta? Begini penjelasannya.

Perbedaan sayang dan cinta terletak dari segi arti atau maknanya, di mana sayang adalah suatu perasaan yang cenderung bermakna ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan sesuatu. Sedangkan cinta adalah perasaan mendalam dan lebih spesial kepada seseorang.

Perbedaan sayang dan cinta juga bisa dilihat ketika terjadi konflik. Seseorang yang hanya memiliki rasa sayang, maka akan menjadikan konflik sebagai alasan untuk berpisah. Sedangkan jika ia mencintai seseorang, konflik hanya akan menjadi katalis yang memperkuat keintiman  serta bisa saling pengertian.

Perbedaan itu juga dapat dilihat dari sikap. Cinta adalah suatu keinginan yang berkaitan erat dengan rasa cemburu dan rasa ingin memiliki. Sedangkan rasa sayang adalah suatu kebutuhan yang berkaitan erat dengan perasaan yang ikhlas, tulus, dan luas.

Nah, sudah tahu bukan sekarang arti sayang dan perbedaannya dengan cinta. Jadi, rasa sayang atau cinta yang kamu miliki untuk pasanganmu?