5 Aturan Untuk Mencegah Covid – 19 Yang Harus Tetap Kamu Patuhi

Selasa, 16 Maret 2021 | 22:12:01

LS Health

Penulis : LS Health

5 Aturan Untuk Mencegah Covid – 19 Yang Harus Tetap Kamu Patuhi

Kasus infeksi virus Corona pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China Desember 2009. Dari kasus tersebut, virus bergerak cepat dan menjangkiti ribuan orang, tidak hanya di China tapi juga di luar negara tirai bambu tersebut.

2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan kasus Covid-19 pertama di Indonesia. Pengumuman dilakukan di Veranda Istana Merdeka. Hingga saat ini kasus meninggal dunia total akumulatifnya ada 38.753 pasien Covid-19 di Indonesia yang meninggal sampai saat ini.

5 Aturan Untuk Mencegah Covid – 19 Yang Harus Tetap Kamu Patuhi

Rajin mencuci tangan

Cuci tanganmu secara rutin dan bersih. Kamu bisa mencuci tanganmu dengan air dan sabun atau dengan hand-sanitizer yang berbahan dasar alkohol. Jangan lupa bersihkan punggung tangan, sela-sela jari dan sela-sela kuku saat mencuci tangan agar semua tanganmu bersih. Mencuci tangan dapat membunuh virus-virus dan bakteri yang ada di tangan. Dengan begitu, kesehatan dirimu tetap terjaga.

Jaga jarak dengan orang sekitar

Jaga jarak sekitar 1 meter antara dirimu dan orang lain yang sedang batuk atau bersin. Saat seseorang batuk atau bersin, mereka mengeluarkan cairan dari hidung atau mulut yang bisa saja mengandung virus. Jika kamu berada terlalu dekat, kamu bisa menghirup cairan tersebut, termasuk virus 2019-nCoV jika orang tersebut terinfeksi dengan virus ini.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Sebisa mungkin, hindari menyentuh area mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang kotor. Tangan kita menyentuh banyak benda dan rentan terkontaminasi virus. Jika sudah terkontaminasi, tangan dapat menularkan virus ke area mata, hidung, atau mulut. Dari situ, virus dapat masuk ke dalam tubuh dan membuatmu sakit. Mungkin kamu khawatir menyentuh benda-benda di tempat umum, misalnya gagang pintu.

Tutup hidung atau mulut saat kamu batuk atau bersin

Selalu ingat untuk menutup hidung dan mulut dengan siku atau tisu ketika kamu bersin atau batuk. Jangan tutupi dengan tangan karena kamu berisiko memindahkan virus dari tubuh ke tangan. Jika kamu menutupi hidung atau mulut dengan tisu, segera buang tisu ke tempat sampah. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat melindungi diri dan orang-orang sekitar dari berbagai virus, mulai dari influenza, hingga virus corona.

Masker dapat memberikan perlindungan dini

Masker dapat melindungi diri dari penyebaran virus corona. Hal ini karena masker dapat menghalangi cairan seperti batuk atau bersin. Ada beberapa macam masker yang dapat kamu pakai untuk melindungi diri dari virus corona, misalnya surgical mask atau masker n95. Masker n95 mampu menyaring partikel-partikel dan debu kecil, tetapi kamu juga bisa mendapatkan perlindungan dini dari surgical mask. Ada baiknya bila kamu memakai masker ketika kamu berada di tengah kerumunan, misalnya di transportasi umum atau ruang publik yang ramai.

Selain 5 hal di atas, segera pergi ke dokter jika kamu memiliki demam, batuk, dan kesulitan pernapasan. Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang dan jangan bepergian ke tempat-tempat yang sudah dikonfirmasi memiliki kasus positif virus corona. Jangan lupa juga untuk konsumsi vitamin dan makanan-makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Berita Terkait