Malas Sholat? Begini 5 Cara Agar Anda Rajin Sholat 5 Waktu!

Selasa, 10 Agustus 2021 | 07:07:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Malas Sholat?  Begini 5 Cara Agar Anda Rajin Sholat 5 Waktu!

Foto : Ladiestory.id

Sholat 5 waktu merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan umat islam. Tapi terkadang manusia mengalami godaan yang membuatnya malas menjalankan sholat. Padahal bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa lho! Karena itu simak cara rajin sholat berikut ini!

Cara Rajin Sholat 5 Waktu

Sudah tahu kan kalau meninggalkan sholat 5 waktu itu akan mendapatkan dosa. Karena itu mulai sekarang jangan malas untuk menjalankannya. Anda bisa terapkan tips supaya rajin sholat berikut ini:

1. Ketahui Mengapa Sholat Jadi Suatu Kewajiban dan Berdosa Bila Meninggalkannya

Foto : Ladiestory.id

Mengapa sholat jadi kewajiban bagi umat islam dan akan berdosa bila meninggalkannya? Karena sholat 5 waktu adalah ibadah yang pertama kali dihisab pada Hari Perhitungan (Yaumul Hisab), sebagai tiang agama Islam, menghapus dosa, kunci surga, dan akan mendapat dosa besar jika meninggalkan sholat.

2. Ingatlah Bahwa Hidup Didunia Hanya Sementara

Foto : Ladiestory.id

Salah satu alasan manusia malas menjalankan sholat biasanya karena sibuk mengejar duniawi. Meskipun begitu seharusnya Anda ingat bahwa hidup di dunia itu hanya sementara.

Semua yang ada di dunia ini pada akhirnya akan mati, dan  Kita semua akan kembali ke asal kita, yaitu akhirat. Yang akan dibawa adalah amalan selama masih hidup, bukan materi dunia seperti rumah mobil, dan perhiasan yang selama ini kita kejar.

Dengan selalu mengingat bahwa dunia hanya sementara, Anda akan sadar bahwa Anda harus mulai mempersiapkan diri untuk bekal kehidupan di akhirat yang langgeng. Dengan begitu, Anda akan tergerak untuk mengerjakan shalat 5 waktu maupun shalat-shalat sunnah lainnya yang menjalankannya tidak selama seperti mengerjakan urusan dunia.

Seperti, Anda cuma butuh waktu kira-kira 5 menit untuk menjalankan shalat Dzuhur. Coba Anda bandingkan dengan menulis artikel atau sekedar memasarkan produk yang bisa memakan waktu berjam-jam.

3. Jangan Tunda Waktu Sholat

Foto : Ladiestory.id

Salah satu cara rajin sholat 5 waktu adalah dengan tidak menunda waktu sholat, karena setan akan terus berusaha untuk menggoda dan aktif membisikkan manusia agar senantiasa ingkar, sehingga manusia lalai menjalankan kewajibannya. Menunda waktu sholat sama saja Anda kalah dengan bujuk rayu syetan yang terkutuk.

Cara untuk mengatasi penundaan sholat adalah dengan menunda aktivitas lainnya yang menghalangi sholat tepat waktu, misalnya menunda bepergian jika sebentar lagi akan tiba waktu sholat. Selain itu, atur juga pertemuan dengan siapa saja agar tidak bertabrakan dengan waktu sholat

4. Bergaul dengan Orang-orang yang Rajin Sholat

Foto : Ladiestory.id

Cara agar kita rajin sholat 5 waktu salah satunya dengan bergaul dengan orang sholeh. Jika kita bergaul dan berteman serta berada disekitar orang-orang yang rajin sholat, maka keberadaan mereka akan berpengaruh untuk membantu kita agar rajin dalam menjalankan sholat 5 waktu. Berteman dengan orang-orang shaleh pasti akan membuat kita lebih dekat kepada Allah SWT.

5. Lakukan Secara Bertahap Hingga Menjadi Kebiasaan

Foto : Ladiestory.id

Bila keempat cara diatas belum juga membuat Anda rajin sholat maka cara lainnya yang bisa Anda lakukan agar rajin sholat yaitu dengan melakukannya secara bertahap. 

Seperti misalnya, bila hari ini Anda menjalankan shalat Maghrib dan Isya. Esok harinya, Anda mengerjakan shalat Dzuhur, Maghrib, dan Isya. Hari-hari selanjutnya tambah lagi jumlah shalat yang Anda kerjakan, sehingga kelamaan Anda jadi terbiasa melakukan shalat lima waktu setiap hari. Itulah salah satu cara biar rajin sholat.

Mengapa harus dilakukan secara bertahap? Karena itu justru lebih baik daripada Anda tidak mengerjakan shalat 5 waktu sama sekali dalam sehari. Selain itu, untuk membentuk suatu kebiasaan butuh waktu yang lama tergantung pada invidu masing-masing.

Nah, begitulah 5 cara rajin sholat yang bisa Anda terapkan, semoga bermanfaat.