Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 5 CARA ALAMI MENCEGAH INSOMNIA

5 Cara Alami Mencegah Insomnia

LS Lifestyle
Selasa, 27 April 2021 | 08:53:01
Durasi baca: 1 menit, 55 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Alami Mencegah Insomnia

Banyak faktor yang menyebabkan insomnia. Entah karena terlalu banyak pikiran atau makanan yang kamu konsumsi. Lantas saat insomnia apa yang bisa kamu lakukan? Sebelum mengonsumsi pil tidur yang dampaknya kurang baik bagi tubuh, sebaiknya cobalah 5 cara alami berikut ini.

Atur Waktu Tidur

Konsisten dengan jadwal tidur adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan saat insomnia menyerangmu. Penting untuk menyeleraskan waktu tidur, sebab konsisten dengan waktu tidur membuat tubuhmu memaksa untuk tidur dan bangun sesuai jadwal.

Mulailah membuat jadwal untuk waktu tidurmu. Misalnya, kamu ingin tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 6 pagi keesokan harinya. Usahakan 15 menit sebelum jam 10 malam, kamu sudah ada di tempat tidur. Tak lupa, setel alarm mu pukul 6 pagi supaya kamu bisa bangun tepat waktu.

Baca juga: Ada Beragam Tipe, Ini Jenis Bahan Jersey yang Perlu Kamu Ketahui

Melakukan Hal-Hal Kecil

Bila belum terbiasa tidur dengan pola teratur, biasanya kamu akan merasakan susah untuk tidur. Tenang, tidak perlu dipaksakan. Contohnya, bila kamu belum mengantuk pada pukul 10, kamu boleh turun tempat tidur dan melakukan hal-hal kecil yang dapat merangsang rasa kantuk. Pilihlah kegiatan yang merileksasi, seperti mendengarkan musik instrumental atau baca buku.

Buat Ritual Sebelum Tidur

Ritual sebelum tidur ternyata juga bisa merangsang rasa kantuk lho. Ya, jika tubuhmu dibiasakan untuk selalu melakukan ritual sebelum tidur, maka secara tidak langsung tubuh diajak untuk mengenali kebiasaan itu.

Pilih satu kegiatan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. 15 menit sebelum terlelap, usahakan kamu selalu menjalani ritual itu. Lakukan hal yang sama selama berulang-ulang setiap malam. Dengan cara itu, kamu bisa mengatakan pada tubuhmu bahwa ketika melakukan ritual tersebut, sesungguhnya kamu sedang bersiap-siap tidur. Jadi tubuhmu bisa mempersiapkan diri dengan memberi rasa kantuk.

Hindari Gadget Atau Barang Elektronik

Sebelum tidur, sejenak tinggalkan gadget dan alat komunikasi lainnya. Gadget dan alat komunikasi hanya akan mengalihkan perhatianmu untuk tidak segera tidur. Contohnya, handphone. Malam hari memang waktu yang pas untuk rileksasi sambil memainkan sosial media. Tapi jika tidak tahu waktu, handphone justru membuatmu susah tidur.

Buatlah Suasana Kamar Senyaman Mungkin

Kamar yang berantakan dan kotor sangatlah berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Bagi laki-laki, mungkin kamar berantakan adalah hal biasa. Akan tetapi apabila akhir-akhir ini kamu mengalami susah tidur, sebaiknya buatlah kamar menjadi lebih nyaman lagi. Rapikan baju-baju dan benda yang berserakan dalam kamar. Buatlah kamarmu senyaman mungkin, seolah bisa membuat hati lebih lega, bukan tertekan. Bila perlu, ganti poster dan warna cat dinding sesuai dengan selera masing-masing.

Baca juga: Mengenal Bahan Jersey: Jenis, Karakteristik, Kelebihan dan Cara Merawatnya


Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Cara Alami Mencegah Insomnia Insomnia Insomnia Symptoms

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle