5 Tips Ciptakan Kualitas Tidur yang Sehat

Selasa, 9 April 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Tips Ciptakan Kualitas Tidur Yang Sehat

Ilustrasi Perempuan Sulit Tidur. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir setiap orang bisa saja mengalami insomnia atau sulit tidur pada malam hari. Seseorang yang sulit tidur biasanya akan bertanya-tanya apakah dirinya akan bisa tertidur atau tidak? Atau mungkin terbangun dan merasa sudah waktu untuk bangun, padahal masih jam 2 dini hari.

Kualitas tidur yang baik sangat dibutuhkan seseorang karena hal itu berpengaruh bagi kesehatan mental dan fisik, serta bagi kualitas hidup secara keseluruh.

Melansir Healthline, berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan kualitas tidur yang baik.

Buat Jadwal Tidur yang Konsisten

Ilustrasi Perempuan Sulit Tidur. (Freepik.com)

 

Untuk menciptakan kualitas tidur yang baik, maka cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan di akhir pekan. Hal ini akan memperkuat siklus tidur tubuh yang dapat memudahkan seseorang untuk  tertidur dan bangun setiap harinya.

Berpegang teguh pada jadwal yang konsisten ini juga dapat membantu mengurangi rasa kantuk di siang hari. Selain itu perhatikan juga waktu tidur yang cukup yaitu 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Ciptakan Rutinitas Waktu Tidur

Ilustrasi Perempuan Sulit Tidur. (Freepik.com)

 

Rutinitas waktu tidur yang menenangkan dapat membantu seseorang untuk melepas rasa lelah sehingga siap untuk pergi tidur. Menjaga rutinitas agar tetap konsisten dapat membantu tubuh untuk menyadari bahwa ini adalah waktu tidur.

Waktu terbaik untuk memulai rutinitas adalah sekitar 30 hingga 60 menit sebelum tidur. Hal ini dapat mencakup apa pun yang membuat seseorang merasa paling rileks kecuali jika melibatkan perangkat yang memancarkan blue light.

Matikan Perangkat Elektronik Sebelum Tidur

Ilustrasi Perempuan Sulit Tidur. (Freepik.com)

 

Seperti diketahui, perangkat elektronik memancarkan blue light yang dapat menurunkan kadar melatonin dalam tubuh. Hal ini mirip dengan bagaimana kita melihat sinar matahari yang dapat membuat seseorang merasa terjaga.

Melatonin merupakan bahan kimia yang mengontrol siklus tidur dan bangun seseorang. Perangkat yang memancarkan blue light dapat membuat otak seseorang menjadi tetap waspada dan membuat seseorang menjadi sulit tidur pada malam hari.

Batasi Tidur Siang

Ilustrasi Perempuan Sulit Tidur. (Freepik.com)

 

Tidur siang dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur pada malam hari. Jika diperlukan, tidur siang tidak disarankan dilakukan dalam waktu yang lama, cukuplah tidur kurang lebih hanya 20 menit, dan hindari tidur siang yang terlalu sore karena akan membuat seseorang menjadi rentan t erbangun di malam hari.

Kelola Stres Sebelum Tidur

Ilustrasi Perempuan Sulit Tidur. (Freepik.com)

 

Memikirkan hal-hal yang dikhawatirkan dapat membuat seseorang tetap terjaga di malam hari. Maka cobalah untuk mengelola perasaan-perasaan tersebut sebelum tidur. Jika perasaan itu datang, maka cobalah untuk melakukan meditasi sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran.