5 Cara Cegah Makan dan Minum Berlebihan Saat Buka Puasa

Minggu, 26 Maret 2023 | 11:47:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Cara Cegah Makan Dan Minum Berlebihan Saat Buka Puasa

Ilustrasi buka puasa. (Special0

Ladiestory.id - Menjalankan ibadah puasa selama hampir satu hari penuh merupakan salah satu momen paling ditunggu saat Ramadan. Bahkan detik-detik menjelang berbuka puasa menjadi salah satu momen paling ditunggu setelah berjam-jam lamanya menahan lapar dan haus.

Eits, supaya kamu tidak kalap dan berlebihan ketika berbuka puasa alangkah lebih baiknya kamu dapat makan dan minum dalam porsi dan jumlah yang wajar supaya tidak mengganggu sistem pencernaanmu.

Nah, berikut ini lima cara mencegah makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa.

Penuhi Asupan Cairan Secukupnya

Ilustrasi air putih. (Special)

 

Ladies, saat menjalankan ibadah puasa tubuh rentan kekurangan cairan bahkan kerap mengalami dehidrasi, maka tak heran apabila permukaan kulit mengalami kekeringan bahkan kusam.

Menahan haus dalam waktu belasan jam membuat perut dalam kondisi kosong atau dalam mode tidur, ketika diisi oleh pasokan cairan ataupun makan berlebihan perut bisa saja kaget dan dapat memberikan reaksi khususnya pada area pencernaan.

Nah, ketika berbuka puasa sebaiknya kamu dapat mengawali dengan mengonsumsi cairan secukupnya, kamu bisa meminum segelas air putih untuk kebutuhan cairan dalam tubuhmu.

Konsumsi Makanan Manis

Ilustrasi kue pastry. (Special)

 

 

Saat berpuasa pun tubuh kekurangan kadar gula darah sehingga hal ini dapat membuat kondisi tubuh menjadi lemas bahkan mudah mengantuk. Disarankan ketika berbuka puasa kamu pun dapat menyantap hidangan manis untuk membantu meningkatkan sumber energi dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa dapat membantu menyeimbangkan kadar insulin untuk membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Sebaiknya, konsumsi makanan manis dengan tidak berlebihan dan dalam jumlah yang cukup, kamu pun bisa mengonsumsi aneka buah ataupun kurma yang mengandung rasa manis alami.

Perbanyak Konsumsi Makanan Serat

Ilustrasi buah dan sayur. (Special)

 

Ladies, berpuasa menahan haus dan lapar selama berjam-jam membuat kondisi perut kosong, oleh sebab itu saat berbuka puasa sebaiknya kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang dapat membuat pencernaan dan area lambungmu menjadi bermasalah, hindari mengonsumsi makanan yang keras.

Alangkah lebih baik kamu pun dapat mengonsumsi makanan yang mudah untuk dicerna oleh tubuh serta mengandung banyak serat seperti sayur dan buah-buahan.  Makanan tersebut dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terpenuhi akan cairan, vitamin, hingga mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Perhatikan Saat Konsumsi Makanan Besar

Ilustrasi nasi. (Special)

 

Ladies, menjelang  buka puasa merupakan momen paling dinantikan, maka tak heran seseorang menjadi mudah kalap bahkan merasa kekenyangan saat menyantap hidangan makanan. Makan berlebihan dapat membuat perut menjadi begah dan tidak nyaman, alhasil kamu pun tidak bisa mengikuti ibadah selanjutnya.

Nah, ketika berbuka puasa akan banyak aneka hidangan makanan yang tersedia dan menggugah selera, sebaiknya saat mengonsumsi hidangan makanan besar kamu dapat memperhatikan kandungan makanan yang diperlukan bagi tubuh seperti protein, karbohidrat maupun lemak sehat agar staminamu  pun tetap terjaga.

Jangan Makan Terburu-buru

Ilustrasi reset routine. (Special)

 

Yup, berpuasa selama berjam-jam lamanya membuat seseorang tidak sabar untuk segera menyantap hidangan didepan mata. Eits, yang perlu diperhatikan jangan sampai kamu makan dan minum dengan terburu-buru.

Selain asupan makanan dan minuman yang dapat dikontrol, kamu pun dapat mengunyah makanan dengan perlahan agar cadangan makanan dalam tubuh tetap terpenuhi.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan dengan perlahan pun dapat menstimulasi rasa kenyang lebih cepat. Sedangkan, jika kamu mengonsumsi makanan terlalu cepat justru dapat membuat kamu mengonsumsi jumlah makanan lebih banyak dan perutmu akan cepat penuh.