5 Cara Mencegah Rabies pada Hewan Peliharaanmu, Hentikan Sebelum Terlambat!

Sabtu, 27 Mei 2023 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mencegah Rabies Pada Hewan Peliharaanmu, Hentikan Sebelum Terlambat!

Ilustrasi Hewan Rabies. (Special)

Ladiestory.id -  Warganet tengah dihebohkan dengan berita mengenai meninggalnya anak usia 5 tahun usai tergigit hewan rabies. Tentunya, hal ini banyak membuat hati para ibu menjadi miris. Namun, sebenarnya dapat dihindari jika mengetahui cara mencegah rabies pada hewan peliharaan.

Informasi semacam ini menjadi sangat penting untuk menjaga kontak antar buah hati dengan hewan peliharaan menjadi tetap aman. Virus rabies sendiri sangat mudah untuk ditularkan melalui hewan ke manusia dengan perantara adanya gigitan. Sayangnya, dampak dari terkena rabies yang paling parah yaitu menimbulkan korban jiwa. 

Nah, supaya hal semacam ini tidak terulang kembali kasus gigitan hewan rabies. Yuk, langsung simak lima cara mencegah rabies pada hewan peliharaanmu berikut ini. 

1. Lakukan Vaksinasi untuk Hewan Peliharaanmu

Ilustrasi Hewan Vaksin. (Special)

 

Cara mencegah rabies pada hewan peliharaan yang pertama adalah dengan melakukan vaksinasi. Langkah ini terbilang efektif untuk mencegah adanya penyebaran virus rabies pada hewan. Vaksin ini bisa diberikan kepada kucing, anjing, hingga musang yang tergolong sebagai hewan peliharaan. 

Namun, sebelum melakukan vaksinasi untuk hewan peliharaan. Alangkah lebih baiknya untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi. Sehingga, kamu dapat mengetahui informasi lengkap mengenai kesehatan hewan serta jumlah vaksinasi rabies yang perlu dijalani. 

2. Jauhkan Hewan Peliharaanmu dari Kontak Bebas

Ilustrasi Hewan Peliharaan. (Special)

 

Selain melakukan vaksinasi, kamu juga perlu menjaga hewan peliharaan mu untuk tidak melakukan kontak secara bebas. Sayangnya, cara ini sering dianggap membatasi gerak hewan peliharaan.

Padahal, menjauhkan hewan peliharaan dari kontak bebas adalah dengan tidak membiarkannya lepas dari pengawasan. Sebab, seringkali virus rabies ditularkan melalui hewan lain yang telah terinfeksi. Sehingga, ketika hewan mu memiliki kontak secara bebas dengan yang lain dan telah terkontaminasi virus rabies. Maka, dengan mudah hewan peliharaan mu juga bisa terkena rabies.

3. Laporkan Hewan Liar Kepada Pihak Berwenang

Ilustrasi Hewan Liar. (Special)

 

Cara mencegah rabies pada hewan peliharaan selanjutnya yaitu melaporkan hewan liar kepada pihak berwenang. Sebab, kasus virus rabies banyak dialami oleh hewan liar jalanan yang sering melakukan kontak bebas. 

Jika kamu menemukan hewan yang memiliki ciri-ciri rabies. Maka, jangan sekali-kali mendekatinya. Hal ini dikarenakan, hewan rabies dapat melakukan gerakan tiba-tiba untuk menyerang atau menggugat mu. Sehinga, cara terbaik untuk mencegah virus rabies yaitu dengan menjauhinya dan melaporkannya kepada pihak berwenang seperti dinas peternakan dan kesehatan hewan.

4. Hindari Sarang Kelelawar di Dekat Lingkunganmu

Ilustrasi Kelelawar. (Special)

 

Kelelawar juga kerap kali menjadi salah satu penyebab penyebaran virus rabies pada hewan peliharaan. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga rumah dengan menutup seluruh celah-celah yang bisa digunakan kelelawar untuk bersarang. 

Selain itu, langkah ini uga efektif mencegah kelelawar masuk ke area rumahmu. Namun, jika sudah terlanjur ada hewan kelelawar di rumahmu. Kamu bisa mengundang tenaga ahli untuk mengusirnya dengan tepat dan cepat.

5. Jangan Ragu untuk Menerima Vaksin Rabies

Ilustrasi Vaksin Rabies. (Special)

 

Cara mencegah rabies pada hewan peliharaan yang terakhir adalah dengan tidak ragu menerima vaksin rabies. Selain hewan yang menerima vaksin ini, kamu pun juga perlu untuk melakukannya. Hal ini bisa dilakukan terutama ketika kamu hendak bepergian atau liburan ke kawasan yang tinggi akan kasus rabies.

Apalgi ketika kamu pergi ke daera terpenil yang jauh dari layanan medis. Cara ini sangat efektif untuk menjaga kesehatanmu. Namun, sebelum melakukannya kamu dianjurkan untuk menjalani sesi konsultasi. Sehingga, pemberian vaksin yang dilakukan dapat memberikan manfaat maksimal untuk mu. 

Itulah lima cara mencegah rabies pada hewan peliharaanmu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba dan salam sehat, Ladies!