5 Cara Mengatasi Cemburu pada Pasangan yang Berlebihan dalam Hubungan

Senin, 30 Agustus 2021 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Cara Mengatasi Cemburu pada Pasangan yang Berlebihan dalam Hubungan

Foto: Ladiestory.id

Banyak yang beranggapan bahwa cemburu menjadi bumbu dalam sebuah hubungan percintaan. Perasaan cemburu dapat muncul karena rasa memiliki terhadap pasangan. Rasa cemburu sangat wajar dirasakan orang sebagai tanda menyanyangi pasangan. Namun, rasa cemburu yang berlebihan justru bisa mengundang keretakan dalam hubungan.

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan

Cemburu yang berlebihan dapat memicu pertengkaran dalam sebuah hubungan. Beberapa tanda cemburu berlebih, antara lain mudah gelisah, tidak mudah percaya, hingga terlalu mengatur pasangan. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa cemburu pada pasangan? Agar tak memicu pertengkaran, simak 5 cara mengatasi cemburu pada pasangan berikut.

1. Tetap tenang dan berpikir positif

Foto: Ladiestory.id

Berada dalam sebuah hubungan percintaan berarti Anda harus menerima segala cobaan yang datang dan tetap tenang. Bersikap tenang bukanlah hal mudah, karena terkadang emosi membuat seseorang sulit untuk mengendalikan diri.

Namun, Anda harus mempercayai diri sendiri dan segala keputusan yang telah dipilih. Sebab, saat Anda memutuskan untuk menjalani hubungan berarti Anda juga sudah siap menerima segala risiko ataupun kecemburuan.

Untuk meminimalkan rasa cemburu Anda juga perlu berpikir positif karena tak jarang rasa cemburu muncul akibat pikiran negatif selalu datang. Maka dari itu, Anda perlu melatih diri untuk selalu berpikir positif terhadap pasangan dan hubungan yang anda jalani.

2. Bicarakan rasa cemburu pada pasangan

Pikiran negatif justru dapat membuat Anda semakin berspekulasi negatif terhadap pasangan. Daripada hubungan menjadi kacau dan kerap dirundung pertengkaran, tak ada salahnya untuk menyampaikan perasaan Anda dengan menyempatkan untuk duduk berdua dan bicara dari hati ke hati.

Pada kesempatan ini, Anda dapat mengungkapkan segala perasaan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. Penting untuk menyampaikan perasaan Anda dengan sikap tenang dan tanpa emosi. Anda juga perlu memilih waktu yang tepat agar tak memicu pertengkaran.

3. Hindari kebiasaan membandingkan dengan orang lain

Foto: Ladiestory.id

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa cemburu adalah dengan mengurangi kebiasaan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hal ini dapat mengakibatkan perasaan takut pasangan akan direbut oleh orang lain yang serba “lebih”.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membandingkan hubungan Anda dengan hubungan orang lain. Sebab, setiap pasangan menjalani hubungan asmara mereka dengan berbeda.

Anda tidak dapat memaksakan agar pasangan tampak seperti pasangan orang lain yang terlihat “lebih” di mata Anda. Daripada sibuk membandingkan dengan orang lain, lebih baik Anda fokus untuk menjaga hubungan agar selalu harmonis.

4. Berikan kepercayaan pada pasangan

Berada dalam sebuah hubungan asmara, tentunya Anda juga harus mempercayai pasangan. Sebab, pasangan merupakan manusia yang tidak dapat Anda kendalikan. Untuk menjaga hubungan tetap bahagia, Anda perlu memberi kepercayaan pada pasangan agar pikiran Anda tetap tenang. Percayalah jika pasangan benar-benar mencintai Anda, ia akan tetap setia.

5. Move on dari luka lama yang menyakitkan

Foto: Ladiestory.id

Rasa cemburu juga dapat dipicu dari pengalaman pahit di masa lalu. Mungkin saja Anda pernah memiliki mantan yang berselingkuh atau melihat perpisahan orang terdekat karena orang ketiga. Untuk itu, Anda perlu menyadari bahwa kini Anda telah menjalin hubungan baru dan tidak semua orang tukang berselingkuh. Anda pun perlu fokus untuk menghadapi masa sekarang agar luka masa lalu tersebut tidak memengaruhi kehidupan percintaan Anda kini.

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa cemburu pada pasangan. Cemburu memang diperbolehkan, tapi jangan sampai berlebihan, Ladies.

Berita Terkait