Tidak Pd, Begini 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 07:47:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Tidak Pd, Begini 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

foto:ladiestory.id

Semua orang tentu mengharapkan kulit wajahnya halus tanpa ada luka sedikit pun, entah itu pria ataupun wanita. Namun, ternyata hal tersebut susah terjadi sebab setiap orang tentu memiliki bekas luka, walaupun sekecil apapun.

Rasanya memang tidak menyenangkan mempunyai bekas luka, terlebih bila ada pada wajah. Kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas luka pada wajah secara tepat dan efektif, supaya tidak lagi mengganggu penampilan.

Bekas luka pada wajah dapat disebabkan karena infeksi, peradangan, terbakar, jerawat, kecelakaan, bahkan efek pascaoperasi. Bekas luka berwujud jaringan parut adalah hasil dari proses alami tubuh ketika menyembuhkan luka.

Walau umumnya bekas luka akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu ke waktu, tetapi terdapat juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Tak heran beberapa orang menjalani prosedur medis hanya untuk menghilangkan atau menyamarkannya. Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka pada wajah.

1. Lidah buaya

Ladiestory.id

 

Lidah buaya mempunyai banyak kandungan nutrisi di dalamnya, misalnya ligmin dan asam amino sehingga dapat menumbuhkan kulit baru pada area wajah. Karena kandungan yang ada, lidah buaya bisa dibuat sebagai bahan alami cara memudarkan bekas luka pada wajah.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan lidah buaya yaitu pakai lendir atau gel lidah buaya pada bekas luka. Lakukan perawatan ini 2 sampai 3 kali dalam sehari agar memperoleh hasil yang optimal.

2. Krim atau gel

Ladiestory.id

 

Dalam mengatasi bekas luka yang diakibatkan oleh goresan benda tajam, krim, salep atau gel penghilang bekas luka bisa menjadi pilihan. Umumnya krim yang dijual bebas memiliki kandungan campuran steroid, vitamin E, dan silikon.

Selain kandungan steroid, dokter juga dapat memberikan resep obat dengan kandungan antihistamin di area bekas luka yang gatal. Bila bekas luka disebabkan oleh jerawat, maka disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kulit sebelum memakai krim penghilang luka ini.

4. Minyak Zaitun dan Madu

Ladiestory.id

 

Minyak zaitun dan madu juga kerap kali dipakai guna menghilangkan bekas luka terlebih bekas luka bakar. Cara menghilangkan bekas luka pada wajah dengan minyak zaitun dan madu yakni:

  1. Oleskan madu atau minyak zaitun di daerah luka, kemudian diamkan dalam 15 hingga 20 menit.
  2. Cara ini dapat dilaksanakan kapan saja, baik pagi, siang ataupun malam hari.
  3. Guna mendapatkan hasil yang maksimal kamu dapat melakukannya sembari melakukan pemijatan supaya minyak zaitun dan madu dapat meresap ke dalam kulit.

5. Ekstrak Bawang Merah

Ladiestory.id

 

Pengobatan alami yang juga kerap sekali dipakai sebagai cara menghilangkan luka pada wajah yaitu dengan ekstrak bawang merah. Sebagian penelitian memberi tahukan jika khasiat ekstrak bawang merah efektif memudarkan bekas luka usai empat minggu pemakaian. Hasilnya menjadikan kulit yang tadinya kemerahan dan bertekstur lunak akan terlihat lebih baik. Ekstrak bumbu dapur ini banyak tersedia pada produk perawatan bekas luka yang tersedia pada toko obat.

6. Jeruk Nipis

Ladiestory.id

 

Cara menghilangkan bekas luka pada wajah berikutnya yaitu dengan jeruk nipis. Cara pemakaiannya, belah jeruk menjadi 2 bagian, lalu gosokkan jeruk nipis pada bekas luka. Tunggu beberapa waktu kemudian bilas dengan memakai air hangat. Cara menghilangkan bekas luka pada wajah ini memang sedikit lebih perih daripada dengan cara yang lainnya sehingga kamu mesti sedikit menahan rasa pedihnya.

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan bekas luka pada wajah?