5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Hanya Perlu Bahan Rumahan!

Sabtu, 18 November 2023 | 19:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Hanya Perlu Bahan Rumahan!

Ilustrasi Rambut Ketombe. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu merasa terganggu dengan kondisi ketombe di rambut? Jika iya, maka pembahasan mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami ini wajib kamu simak. Apalagi, bahan yang digunakan juga berasal dari rumahan. Menarik bukan?

Ketombe merupakan kondisi dimananya muncul serpihan putih di area kulit kepala yang menimbulkan rasa gatal. Bahkan, jika dibiarkan begitu lama maka akan menjadikanmu tidak nyaman beraktivitas sehari-hari.

Melansri dari laman Healthline.com ketombe meupakan kondii yangakan dialami 50% populasi dunia setidaknya satu kali dalam hidup. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi cukup beragam. Mulai dari kulit yang kering, dermatitis seboroik, kulit kepala sangat sensitif hingga pertumbuhan jamur malassezia yang aktif. 

Nah, supaya kondisi ini tidak terus terjadi. Maka, perlu penanganan yang tepat. Berikut ini lima cara menghilangkan ketombe secara alami yang sudah kami rangkum khusus untuk kamu. 

1. Tea Tree Oil

Ilustrasi Tea Tree Oil. (iStock)

 

Mungkin selama ini kamu lebih mengenal bahan alami satu ini sebagai obat jerawat terbaik. Namun, kini kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi ketombe lho. 

Sebab, terdapat sifat anti mikroba serta anti jamur di dalamnya yang membantu mengatasi masalah ketombe yang mengganggu. Secara aktif kandungan dalam bahan satu ini efektif melawan pertumbuhan jamur yang menyebabkan masalah ketombe maupun dermatitis seboroik. 

Kamu hanya perlu menggunakan beberapa tetes tea tree oil ke dalam secangkir air yang berisi 2 sendok minyak kelapa. Lalu, gunakan kapas atau kain lembut yang sudah direndam ke dalamnya untuk dioleskan ke area kulit kepala berketombe. 

Meski bagi sebagian orang cukup efektif menggunakan cara ini. Namun, tidak dirasakan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis untuk penanganan yang tepat. 

2. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa. (iStock)

 

Cara menghilangkan ketombe secara alami berikutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Siapa sih yang tidak kenal bahan alami satu ini? Memiliki beragam kandungan baik membuatnya juga dapat digunakan dalam merawat kecantikan tubuh.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa minyak kelapa bisa menjadi obat alami mengatasi ketombe. Sebab, kandungannya melembapkan dan menutrisi kulit kepala yang kering. Sehingga, mencegah terjadinya perakan. 

Cukup dengan mengoleskannya beberapa tetes secara langsung ke kulit kepala yang kering atau ketombe. Maka, kamu bisa memijatnya secara lembut dan membantunya terserap baik ke dalam kulit.

Penggunaan yang rutin selama 8 minggu, maka akan mengurangi gejala dermatitis atopik sebesar 68% menarik bukan? Yuk, cobain!

3. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya. (iStock)

 

Kamu tentu sudah tak asing dengan tanaman lidah buaya. Bahkan, bahan alami satu ini sudah sering menjadi kandungan utama dalam beragam produk kecantikan maupun kesehatan.

Adanya kandungan mineral dan efek melembabkan serta menyegarkan ternyata membantunya dapat mengatasi ketombe. Kamu pun bisa megoslamnnya dengan rutin utnuk mengobati masalah ketombe, luka bakar ringan hingga psoriasi. 

Sebab, sifat anti jamur dan anti bakterinya akan bekerja secara efektif. Bahkan, ampuh dalam melawan perkembangan jamur. Alhasil, rambut pun kembali sehat dan masalah ketombe bisa teratasi dengan efektif. 

4. Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda. (iStock)

 

Berikutnya, ada pula cara menghilangkan ketombe secara alami menggunakan baking soda. Bahan yang biasanya digunakan untuk keperluan membuat roti. Nyatanya, juga bisa membantu mengatasi masalah di rambut. 

Teksturnya yang memiliki butiran lembut ternyata berfungsi sebagai eksfolian alami. Sehingga, membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi rasa gatal maupun srpihn putih ketombe yang menumpuk. 

Ada pula kandungan anti jamu yang mencegah terjadinya perkembangan malassezia di area kulit kepala. Bahkan, efektif mencegah terjadinya iritasi maupun infeksi. Kamu bisa menggunakannya dengan mencampurkan bersama air hingga membentuk pasta lembut. 

Lalu, oleskan dan pijat lembut supaya kandungannya terserap ke kulit. Kemudian, setelah selesai dipijat lembut selama beberapa menit kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Mudah bukan?

5. Cuka Apel

Ilustrasi Cuka Apel. (iStock)

 

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah cuka apel. Bahan dengan tingkat keasaman yang tinggi ini kerap menjadi obat jerawat yang ampuh. Namun, didalamnya juga menyimpan kemampuan untuk mengatasi ketombe. 

Asam di dalamnya ternyata mampu merangsang pelepasan sel kulit mati. Sehingga, ketombe dapat perlahan menghilang dan pH kulit kembali seimbang. Bahan, bahan saat ini juga bisa mencegah dan melawan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. 

Kamu dapat menggunakannya dengan mencampurkan terlebih dahulu bersama air dengan takaran yang sama. Lau, gunakan kain atau kapas untuk megoesanya ke area kulit kepala atau rambut berketombe. Maka, perlahan ketombe hilang rambut pun sehat total. (*)

SUMBER BERITA: https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-treat-dandruff