Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HIJAB | 5 CARA MERAWAT HIJAB VOAL AGAR AWET

5 Cara Merawat Hijab Voal Agar Awet

LS Hijab
Penulis: LS Hijab
Minggu, 25 April 2021 | 11:35:01
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Merawat Hijab Voal Agar Awet

hijab voal adalah salah satu bahan jilbab yang paling diandalkan pengguna hijab. Hijab voille atau yang biasa disebut dengan nama hijab voal adalah jenis hijab dengan karakteristik bahan yang semi transparan, tipis tapi tidak menerawang. Karena bahannya adem dan ringan inilah yang membuat model hijab voal sangat dicari di pasaran hijab.

Berikut Cara Merawat Hijab Voal Agar Awet

Sama seperti pakaian lain, hijab voal yang memiliki bahan cenderung tipis juga perlu perawatan ekstra. Salah mencuci atau menyimpan hijab voal buat hijab bahan voal jadi cepat melar atau rusak. Nah, biar hijab voal favorit tetap tahan lama, simak tuk tips merawat hijab voal berikut ini.

Selalu Cuci Menggunakan Tangan

Bahan voal yang lembut dan sedikit berbulu atau berserat membuat tipe hijab ini tidak boleh sembarangan dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Jadi kamu perlu mencuci hijab dengan menggunakan tangan.  Pisahkan hijab voal dengan bahan lain untuk mengurangi resiko luntur. Kucek perlahan dan bilas dengan lembut supaya seratnya tidak rusak.

Baca juga: Kira-kira Baju Ungu Cocok dengan Hijab Warna Apa Ya?

Mencuci Hijab dengan Detergen Cair

Tips mencuci hijab voal selanjutnya adalah dengan menggunakan detergen cair. Detergen bubuk yang biasanya tidak larut dalam air secara sempurna bisa menyebabkan tekstur kain voal cepat rusak ketika dicuci. Disarankan untuk memakai detergen cair atau sampo yang sifatnya cepat larut dalam air serta lembut. Selain itu, detergen cair dan sampo efektif meluruhkan noda dan minyak secara cepat.

Hindari Menjemur Hijab Langsung Di Bawah Sinar Matahari

Setelah proses mencuci, sebaiknya jangan menjemur hijab langsung di bawah paparan sinar matahari. Belum tentu hijab memiliki motif premium yang printing-nya kuat dan berkualitas baik.  Karena itulah, kamu disarankan untuk menjemur hijab voal di tempat yang sejuk dan kering saja. Selain itu, hindari melipat kain hijab agar tidak ada sisa sabun atau lipatan ketika hijab mengering.

Menyetrika dengan Suhu Sedang

Sebelum dipakai, biasanya kain voal perlu disetrika terlebih dahulu supaya lebih mudah dibentuk dan tentunya tidak ada bahan lipatan yang terlihat. Gunakan suhu sedang saat menyetrika agar serat kain tidak rusak dan warna kain tetap awet.

Simpan dengan Hanger atau Gantungan

Jangan menyimpan hijab voal dalam keadaan terlipat yang membuat kainnya cepat rusak dan kusut. Selain itu, hindari menyimpan hijab voal dengan pakaian lain. Usahakan untuk menyimpan kain voal dengan cara digantung menggunakan hanger. Susun rapi di dalam lemari khusus hijab atau tempat yang adem.

Mulai dari tips mencuci, mengeringkan hingga pemakaian hijab, inilah perawatan hijab voal yang perlu kamu perhatikan. Jadi hijab voal tidak mudah rusak, deh.

Baca juga: Tips Memakai Hijab Untuk Kamu Berwajah Lonjong


Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

hijab voal cara merawat hijab voal tips mencuci hijab voal voal

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Hijab