5 Cara Mudah Cegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil, Cobain Yuk!

Kamis, 14 Desember 2023 | 19:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mudah Cegah Stretch Mark Pada Ibu Hamil, Cobain Yuk!

Ilustrasi Ibu Hamil. (iStock)

Ladiestory.id - Masalah stretch mark tentu lekat bagi banyak ibu hamil. Namun, tak banyak yang tahu cara mudah cegah stretch mark pada ibu hamil. Apakah kamu salah satunya?

Kondisi stretch mark merupakah hal yang wajar terjadi. Kamu pun tak perlu terlalu stres memikirnya. Namun, pada awal kehamilan kamu bisa melakukan beberapa pencegahan yang tetap aman dilakukan dan tidak mengganggu kesehatan janin. 

Melansir dari byrdie.com, strech mark sendiri merupakan jenis jaringan kulit yang menyusut dan meregang dalam waktu sangat cepat. Hal ini yang kemudian menimbulkan adanya bekas berupa guratan garis pada beberapa bagian tentu di tubuh.

Seringkali, kehadirannya menjadi momok menakutkan bagi sebagian Ibu. Alhasil, rasa percaya diri pun menurun. Nah, supaya hal semacam ini bisa dicegah. Kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

Pastikan Selalu Terhidrasi

Ilustrasi Ibu Hamil Minum Air Putih. (iStock)

 

Urutan pertama dari cara mudah cegah stretch mark pada ibu hamil adalah memastikan diri selalu terhidrasi. Kamu dapat meminum banyak air untuk menjadikan kulit senantiasa lembab. 

Kondisi kulit yang lembab dapat menciptakan tekstur yang lembut, kenyal dan mengurangi resiko timbulnya stretch mark. Kamu dapat meningkatkan jumlah asupan air harian sesuai anjuran dokter.

Selain itu, kurangi konsumsi kafein selama masa kehamilan, Sebab, kandungan kafein bisa mengurangi jumlah kelembaban pada tubuh. Kamu juga isa emlebakipi kebutuhan mineral tubuh ari mengkonsumsi sayuran dan buah segar yang bergizi. 

Cobalah Kandungan Retinoid

Ilustrasi Ibu Hamil. (iStock)

 

Selama masa kehamilan penggunaan produk skincare juga berperan penting dalam merawat kulit. Meski begitu, kamu perlu meperhati kan kandungan yang digunakan. 

Nah, salah satu kandungan yang bisa membantu menghilangkan stretch mark adalah retinoid. Kamu bisa menggunakan bahan ini usai melahirkan. Berbeda dengan retinol yang lebih keras bagi sebagian orang. Jenis atau ini lebih lembut di kulit. 

Cara kerjanya pun emanu meningkatkan jumlah kolagen alami dan elastin pada tubuh. Selin itu, merangsang adanya pergantian sel serta menyamarkan strechmark. Namun, bagi pemilik kulit sensitif tidak disarankan menggunakan cara ini. Sebab, kandungannya cukup keras dan dapat menimbulkan iritasi. Jika ingin mencobanya, lakukan uji coba maupun konsultasi pada dokter spesialis kulit terlebih dahulu ya. 

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Ilustrasi Ibu Hamil Olahraga Ringan. (iStock)

 

Cara mudah cegah stretch mark pada ibu hamil berikutnya adalah dengan melakukan alea secara teratur. Kegiatan satu ini bisa membantumu meningkatkan sirkulasi darah serta menjaga kesehatan kulit.
Selain itu, olahraga juga membantumu dalam menjaga berat badan dan memakainya secara stabil. Sehingga, mencegah munculnya stretch mark yang mengganggu. Namun, untuk melakukan hal ini kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu. 

Lakukan konsultasi dengan dokter seputar jenis olahraga apa yang aman sesuai dengan kodim. Sehingga, lebih terarah dan aman bagimu dan kesehatan janin. . 

Buatlah Rencana Kenaikan Berat Badan

 

Ilustrasi Ibu Hamil Menimbang Berat Badan. (iStock)

 

Masalah stretch mark kerpa disebabkan oleh kenaikan berat badan yang terjadi sangat cepat. Oleh karenanya, kamu dapat menguranginya dengan membuat rencana kenaikan berat badan yang stabil dan lambat. 

Namun, cara ini disarankan untuk dilaksanakan sesuai hasil konsultasi dengan dokter kandunganmu. Sehingga, dapat meraih hasil yang lebih maksimal. Kamu dapat membuat rencana untuk menaikan berat badan sesuai dengan panduan yang tepat. Sehingga, tubuh dan janin pun senantiasa nasehat terjaga. 

Aplikasikan Produk Hyaluronic Acid

Ilustrasi Ibu Hamil Mengoleskan Krim Pelembap. (iStock)

 

Cara mudah cegah stretch mark pada ibu hamil yang terakhir adalah menggunakan produk dengan kandungan hyaluronic acid. Namun, pada masa kehamilan kamu perlu memperhatikan kandungan lain yang digunakan apakah aman atau tidak ya. 

Sebagai informasi fungsi dari hyaluronic acid sendiri melembabkan kulit dan mencegah terjadinya inflamasi. Sehingga, menyamarkan stretch mark dan menghilangkannya secara perlahan. 

Molekul alami yang ada di dalamnya dalam membantu penyembuhan pada bagian kulit yang emenggang. Sehingga. mencegah terjadinya guratan atau garis pada bagian-bagian kulit tertentu.