5 Cara Sederhana Atasi Kuku Cantengan, Efektif dan Tanpa Rasa Sakit

Senin, 15 Mei 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Cara Sederhana Atasi Kuku Cantengan, Efektif Dan Tanpa Rasa Sakit

Ilustrasi kuku cantengan. (Special)

Ladiestory.id - Ada banyak hal yang dianggap sepele namun ternyata dapat membawa masalah kesehatan. Salah satunya adalah kebersihan kuku kaki. Kuku kaki jika tidak dirawat dengan baik maka bisa menimbulkan masalah cantengan. Cantengan merupakan kondisi dimana jari kaki umumnya ibu jari mengalami bengkak, kemerahan, dan timbul rasa sakit. Hal ini dapat terjadi karena ujung kuku tumbuh ke dalam kulit.

Meskipun cantengan adalah hal yang sudah biasa terjadi dan umumnya tidak berbahaya, namun cantengan akan menimbulkan rasa nyeri. Sehingga menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. 

Nah, jika kamu mengalami kuku cantengan dan tergolong ringan serta tidak timbul infeksi, maka kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini seperti yang telah dirangkum Ladiestory.id.

Rendam dengan Air Sabun

Ilustrasi Rendam dengan Air Sabun. (Special)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kuku cantengan adalah dengan merendam kaki ke dalam air sabun. Kamu bisa menyiapkan ember yang telah diisi dengan air hangat. Kemudian tambahkan sabun mandi ke dalamnya. Setelah itu, rendam kaki selama 15-20 menit. 

Cara ini diyakini dapat membantu menghilangkan bengkak dan rasa nyeri akibat cantengan. Nah, agar cepat sembuh kamu bisa melakukannya secara rutin sebanyak tiga kali sehari, ya. 

Rendam dengan Cuka Apel

Ilustrasi Rendam dengan Cuka Apel. (Special)

Cuka apel termasuk bahan alami yang punya beragam khasiat, salah satunya yaitu menyembuhkan cantengan. Kamu bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengobati kuku cantengan karena dalam cuka apel terdapat kandungan antiradang, antinyeri, dan antiseptik. 

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama, masukkan seperempat gelas cuka apel ke dalam satu ember air hangat. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk merendam kaki yang mengalami cantengan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, keringkan kaki dengan menggunakan handuk yang lembut. Ulangi cara ini secara rutin setiap hari hingga gejala cantengan membaik. 

Oleskan Salep Antibiotik

Ilustrasi kuku cantengan. (Special)

Kuku cantengan yang bengkak dan terasa nyeri bisa kamu obati sendiri di rumah dengan menggunakan salep antibiotik. Umumnya, salep ini dijual secara bebas di apotik. Tujuan penggunaan salep antibiotik ini adalah untuk mengurangi risiko infeksi dan membantu mempercepat proses penyembuhan cantengan.

Kamu bisa oleskan salep antibiotik ini di area kuku yang bengkak. Gunakan secara rutin sebanyak tiga kali sehari atau sesuai petunjuk di kemasan. Setelah itu, disarankan untuk menutup kuku yang cantengan dengan perban. 

Minum Obat Pereda Nyeri

Ilustrasi minum obat. (Special)

Jika kamu merasakan nyeri yang luar biasa akibat cantengan dan dapat mengganggu aktivitas, maka kamu bisa minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen bisa kamu beli dengan mudah di apotik terdekat. Obat-obatan ini aman dan minim efek samping. Tujuan dari penggunaan obat ini adat agar rasa nyeri dapat hilang sehingga kamu tidak merasa kesakitan. Namun, pastikan kamu mengonsumsi obat-obatan ini sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan, ya. 

Hindari Penggunaan High Heels

Ilustrasi memakai alas kaki yang nyaman. (Special)

Selain melakukan beberapa cara pengobatan tersebut, kamu juga perlu memperhatikan alas kaki yang kamu pakai. Sebaiknya hindari menggunakan high heels maupun sepatu yang sempit ketika kamu mengalami kuku cantengan. Pasalnya, hal ini dapat membuat kondisi kuku semakin memburuk karena akan menimbulkan tekanan pada kuku. Oleh karena itu, sebaiknya pakai alas kaki berupa sandal maupun sepatu yang nyaman. 

Ladies, itulah lima cara sederhana mengatasi kuku cantengan di rumah. Jika kamu telah melakukan cara tersebut namun gejala tak kunjung membaik atau justru timbul peradangan dan infeksi, maka kamu bisa segera berkonsultasi dengan dokter, ya.