5 Cara Tingkatkan Mood Tanpa Biaya Sepeserpun, Cobain Yuk!

Kamis, 14 September 2023 | 02:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Tingkatkan Mood Tanpa Biaya Sepeserpun, Cobain Yuk!

Ilustrasi bahagia. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah mengalami perasaan sedih? Mungkin juga kamu tengah merasa takut akan hari buruk di esok hari? Jika iya, maka kamu perlu simak cara meningkatkan mood tanpa biaya sepeserpun ini sampai akhir. 

Memiliki perasaan kecewa, sedih atau frustasi kecil kerap menjadi penghambat dalam menjalani aktivitas sehari-hari bukan? Alhasil, kamu pun menjadi lebih mudah sensitif, marah, atau tidak bersemangat selama seharian. 

Oleh karenanya, penting untuk kembali mencari hal yang dapat meningkatkan semangat. Nah, daripada kamu bingung dan terus bergumul dengan kondisi tidak menyenangkan ini.

Alangkah lebih baiknya, kamu perlu mencoba cara meningkatkan mood tanpa biaya sepeserpun yang dilansir dari Healthline berikut ini!

Berjalan Santai

Ilustrasi jalan kaki. (Special)

 

Hal pertama dari cara meningkatkan mood tanpa biaya sepeserpun adalah dengan berjalan santai. Kamu bisa dengan berjalan di sekitar lingkungan tempat tinggalmu atau ke taman hijau kota. 

Cara ini dikenal ampuh dalam menghilangkan suasana hati yang sedang buruk. Sebab, mampu meningkatkan jumlah hormon kebahagiaan dalam tubuhmu. Selain itu, juga membuatmu menjadi lebih rileks.
Jadi, jika kamu mulai merasa sedih atau murung. Cobalah untuk keluar rumah dan berjalan santai. Maka, aliran darah ke otak pun menjadi lebih lancar, tubuh semakin berenergi dan rasa lesu pun sirna. 

Dengarkan Musik

Ilustrasi Mendengarkan Musik (Special)

 

Sebagian dari kamu tentu sudah tak asing dengan ungkapan bahwa musik bisa merubah kondisi hati. Nah, ternyata hal ini memang benar adanya lho. 

Ketika kamu tengah menjalani aktivitas dan memiliki latar belakang musik pilihanmu. Maka, kamu akan menjadi lebih ceria dan berenergi dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Bahkan, kamu pun juga tanpa sadar menggerakan badan atau sedikit menghentakan kaki mengikuti irama. Alhasil, kau kembali pada kondisi hati yang menyenangkan dan berenergi. Ada pula beberapa manfaat lain dari musik bagi suasana hatimu seperti meredakan stres, mengurangi kecemasan,meningkatkan fungsi otak dan membuatmu lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. 

Menghirup Aromaterapi

Ilustrasi Lilin Aromaterapi. (Special)

 

Siapa yang menyangka cukup dengan menghirup aromaterapi bisa menjadi cara meningkatkan mood tanpa biaya sepeserpun. Hal ini dikarenakan indra penciuman bisa membantu meningkatkan komunikasi dengan bagian otak yang mengatur kondisi emosional yang biasa disebut amygdala. 

Aroma semacam ini pun kemudian yang membantu menimbulkan kenangan atau nostalgia memori positif. Sehingga, kamu menjadi lebih rileks dan terhindar dari kecemasan.

Selain itu, aroma seperti ini juga bisa membantumu menjadi nyaman karena wewangiannya. Kamu bisa menggunakan wewangian baik berasal dari lotion atau sabun yang kamu miliki dan gosokan ke tubuh. 

Selain itu, bisa juga menggunakan diffuser dan masukan beberapa tetes minyak esensial favoritmu. Maka, secara otomatis mood pun akan kembali meningkat dan kamu menjadi lebih bersemangat.

Peluk Diri Sendiri

Ilustrasi Self Love. (Freepik)

 

Jika kamu sering mengalami kondisi mood tidak beraturan. Bisa jadi, karena kamu melewatkan momen memeluk diri sendiri. 

Bagi sebagian orang, cara ini mungkin terlihat cukup konyol. Namun, nyatanya memeluk diri sendiri adalah cara terbaik untuk membantu meningkatkan mood dan mengembalikannya menjadi lebih positif. 

Sebagai informasi, pelukan atau kasih sayang dalam bentuk fisik lainnya mampu memberikan isyarat pada tubuh untuk melepaskan stres atau oksitosin. 

Cara satu ini pun bisa menjadi solusi yang tepat. Misalnya, bagi kamu yang engah merantau atau hidup sendiri. Tertarik mencoba?

Lakukan Kebaikan Di Sekitarmu

Ilustrasi membantu orang lain. (Special)

 

Terkahir, cara meningkatkan mood tanpa biaya sepeserpun yang bisa kamu coba adalah lakukan kebaikan di sekitarmu. Baik disadari atau tidak, ternyata dengan melakukan hal baik atau sekedar membantu hal ringan kepada orang lain dapat meningkatkan mood secara instan. 

Ketika kamu berhasil, tentunya tanpa sadar kamu akan menjadi mudah tersenyum. Kemudian, suasana hati pun berubah secara instan menjadi lebih positif. 

Namun, bagi kamu yang kebingungan melakukan kebaikan apa? Kamu bisa mencobanya dari hal yang ada disekitarmu. Misalnya, membantu PR sekolah keponakanmu atau sekedar memberi makan kepada hewan di jalanan secara acak. Mudah bukan?

Itu tadi beberapa cara meningkatkan mood tanpa biaya sepeserpun yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya, Ladies!