5 Dampak Buruk Tidur Memakai Kaus Kaki 

Selasa, 16 Maret 2021 | 00:46:49

LS Health

Penulis : LS Health

5 Dampak Buruk Tidur Memakai Kaus Kaki 

Tak sedikit orang yang mengenakan kaus kaki ketika tidur, baik orang tua, orang dewasa, maupun anak-anak. Alasannya, bermacam-macam. Entah untuk menghangatkan tubuh, menghindari gigitan nyamuk, hingga sudah menjadi kebiasaan. 

Apalagi, saat musim dingin atau hujan sekarang ini, tidur mengenakan kaus kaki semakin digemari lantaran membuat tidur terasa nyaman. Sayangnya, tidur mengenakan kaus kaki bukan kebiasaan yang baik, bahkan berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja? Simak lima dampak buruk memakai kaus kaki saat tidur dikutip dari laman Times of India. 

Menurunkan Sirkulasi Darah

Tidur memakai kaus kaki memang dapat memberi kehangatan dan dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi darah. Namun, dalam beberapa kasus, hal itu bisa menurunkan aliran darah. Karena itu, pilih kaus kaki yang tidak ketat saat tidur agar aliran darah tetap lancar. 

Meningkatkan Risiko Infeksi Kulit 

Selain bahan yang ketat, sebaiknya juga menghindari kaus kaki berbahan nilon dan bahan yang tidak ramah bagi kulit. Sebab, dapat menyebabkan infeksi kulit seperti ruam, gatal-gatal, serta alergi. Untuk itu, pilih kaus kaki berbahan katun. 

Menaikkan Suhu Tubuh 

Mengenakan kaus kaki saat tidur bisa menyebabkan kepanasan. Terlebih bila memakai kaus kaki dari bahan yang dapat membuat panas. Hal ini juga dapat meningkatkan suhu tubuh atau menyebabkan demam. 

Seperti diketahui, ketika demam, tubuh tidak boleh menggunakan pakaian berbahan tebal karena dapat membuat suhu tubuh makin meningkat. Sebaiknya, tidak memakai kaus kaki saat tidur. Bila ingin tetap memakai kaus kaki, pilih bahan yang tipis agar sirkulasi udara bisa lancar serta tidak membuat panas. 

Tidur Tidak Nyenyak

Beberapa orang yang mengenakan kaus kaki ketika tidur beralasan dapat membuat tidur lebih cepat dan nyenyak. Padahal, hal itu hanya sugesti semata. Menggunakan kaus kaki saat tidur justru dapat mengganggu tidur lantaran memberikan rasa panas dan tidak nyaman. 

Kebersihan Tidak Terjaga 

Kaus kaki yang dikenakan saat tidur jarang sekali kebersihannya diperhatikan. Hal ini lantaran berpikir kaus kaki hanya digunakan di tempat tidur. Padahal, meski digunakan saat tidur, kebersihannya tetap harus dijaga. 

Kaus kaki yang tidak dibersihkan dapat membuat kuman berkumpul, bau kaki, dan menimbulkan infeksi kulit. Untuk itu, rajin-rajin mencuci kaus kaki serta mengganti kaus kaki yang baru setiap kali tidur atau minimal dua kali sehari. 

Untuk itu, menghindari mengenakan kaus kaki saat tidur. Jika kamu memilih untuk melakukannya, pastikan kaus kaki tidak terlalu ketat, terbuat dari kain yang dapat bernapas atau tipis, juga kebersihannya terjaga.