5 Fakta Film “Totto-Chan : The Little Girl At The Window” Resmi Tayang di Bioskop

Selasa, 7 Mei 2024 | 18:16:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Fakta  Film “Totto-Chan : The Little Girl At The Window” Resmi Tayang Di Bioskop

Film “Totto-Chan: The Little Girl at The Window”. (Special)

Ladiestory.id - Film animasi “Totto-Chan: The Little Girl at The Window” (Madogiwa no Totto-chan) yang disutradarai oleh Shinnosuke Yakuwa dari Studio Shin-Ei Animation akhirnya tayang di bioskop Indonesia pada 1 Mei 2024. Tentu hal ini disambut hangat bagi para pecinta film animasi di tanah air. Nah, berikut ini lima fakta menarik film animasi “Totto-Chan : The Little Girl At The Window” yang telah Ladiestory.id rangkum.

Diadaptasi dari Novel Best-Seller

Tetsuko Kuroyanagi. (Instagram.com/tetsukokuroyanagi)

 

Film “Totto-Chan : The Little Girl At The Window” sendiri diadaptasi dari novel karya tokoh televisi Jepang dan UNICEF Goodwill Ambassador, Tetsuko Kuroyanagi. Dilansir dari Japan News, novel ini  pertama kali dirilis pada tahun 1981 dan novel ini menjadi novel terlaris di tahun berikutnya. Novel ini merupakan otobiografi di mana Kuroyanagi menceritakan kenangannya tentang kehidupan sekolahnya di Tomoe Gakuen, setelah merasa tidak cocok berada di Sekolah Dasar pada umumnya.

Novel  terbaik karyanya ini telah disertifikasi oleh Guinness World Records sebagai autobiografi yang paling banyak diterbitkan oleh seorang penulis. Rekor jumlah eksemplar buku ini mencapai 25.113.862 eksemplar di seluruh dunia. Karya terbaiknya ini pun menjadi bacaan wajib bagi siswa dasar di Sekolah Dasar Jepang pada tahun 1980-an serta sukses diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya di dunia.

Kisah Gadis Kecil Berusia Tujuh Tahun yang Ceria di Tengah Perang Dunia ke-II

Film “Totto-Chan: The Little Girl at The Window”. (Instagram.com/tottochan_movie)

 

Film ini menceritakan tentang kisah gadis kecil berusia tujuh tahun bernama Totto yang aktif, ceria dan penuh rasa ingin tahu. Dibalik kepribadiannya yang ceria dan bersemangat inilah justru membuat para guru yang tidak tahan dengan tingkah lakunya sehingga mereka harus mengeluarkan gadis cilik ini dari sekolahnya. Tak tinggal diam, sang ibu pun akhirnya mencari sekolah yang cocok untuk putrinya tersebut dan dipilihlah Tomoe Gakuen sebagai sekolah barunya.

Berlokasikan gerbong kereta api tua, sekolah ini tidak hanya memberikan kebebasan, namun juga memperhatikan tumbuh kembang anak didiknya. Sang kepala sekolah, Sosaku Kobayashi berusaha agar setiap muridnya tumbuh dengan kepercayaan diri yang kuat dan tidak malu dengan kekurangan yang mereka miliki serta memberikan ruang bagi anak didiknya untuk bereksplorasi tanpa batas.

Hari-hari Totto chan pun menjadi lebih berwarna dengan adanya teman-teman baru dan suasana sekolah yang berbeda pun berubah menjadi sangat menyenangkan. Suatu hari, sekolah tersebut dibom dan tidak pernah dibangun kembali, meskipun kepala sekolah menyatakan bahwa dia berharap dapat membangun kembali sekolah yang lebih baik lagi di lain waktu. Hal ini mengakhiri masa-masa indah Totto-chan sebagai murid di Tomoe Gakuen.

Hadirkan Nilai Sosial Tinggi

Film “Totto-Chan: The Little Girl at The Window”. (Instagram.com/tottochan_movie)

Film ini juga menjadi salah satu film animasi yang paling ditunggu, akan ada banyak nilai sosial yang bisa menjadi pelajaran dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Film ini sarat akan pesan moral dan makna tentang pendidikan, kepercayaan dan tanggung jawab. Tak hanya itu, film ini akan mengaduk  emosi dan menguras air mata penontonnya serta akan memberikan gelak tawa dan visual yang menakjubkan. Film ini pun dapat disaksikan dari segala generasi.

Raup Keuntungan Milyaran Rupiah

Film “Totto-Chan: The Little Girl at The Window”. (Instagram.com/tottochan_movie)

 

Dilansir dari Anime News Network, film “Totto-Chan : The Little Girl At The Window” sudah resmi tayang di Jepang pada 8 Desember 2023 dan berhasil menduduki posisi ke-enam pada akhir pekan penayangannya. Dalam tiga hari penayangan, film ini berhasil meraup keuntungan sebesar Rp13 miliar.

Film ini disutradarai oleh Shinnosuke Yakuwa yang juga sukses mengeluarkan beragam judul film animasi populer diantaranya “Eiga Doraemon: Shin Nobita no Daimakyō - Peko to 5-nin no Tankentai”, “Doraemon the Movie: Nobita and the Birth of Japan 2016” hingga“ Doraemon the Movie: Nobita's Chronicle of the Moon Exploration”, dia juga menulis naskah bersama Yōsuke Suzuki serta  Shizue Kaneko untuk mendesain karakternya di Shin-Ei Animation.

Selain itu, film ini juga menghadirkan Liliana Ono sebagai pengisi suara Totto chan, Koji Yakusho sebagai Sosaku Kobayashi, Karen Takizawa sebagai Miss Oishi, Anne Watanabe sebagai Cho Kuroyanagi serta Shun Oguri sebagai Moritsuna Kuroyanagi.

Resmi Tayang di Indonesia

Film “Totto-Chan: The Little Girl at The Window”. (Instagram.com/tottochan_movie)

 

Setelah tayang di negara asalnya, kini akhirnya para penggemar di tanah air berkesempatan untuk menyaksikan film animasi ini. Film “Totto-Chan : The Little Girl At The Window” sudah resmi tayang di bioskop Indonesia pada 1 Mei 2024. Fakta menarik lainnya, film ini berhasil masuk dalam nominasi Award of Japanese Academy 2024 dan akan bersaing dengan film animasi populer lainnya yakni “The Boy and the Heron” (2023) besutan Hayao Miyazaki.