5 Hal ini yang Bikin Kamu Susah Tidur

Senin, 19 September 2022 | 00:01:00

5 Hal Ini Yang Bikin Kamu Susah Tidur

Ilustrasi susah tidur. (Special)

Ladiestory.id - Setelah lelah karena telah beraktivitas seharian, biasanya orang-orang pasti akan mendambakan tidur yang lelap. Namun, kenyataannya ternyata tidak semudah itu. Walau badan rasanya sangat lelah, kantuk ternyata tak kunjung datang dan menjadi sulit untuk tidur.

Kebiasaan tersebut kemudian terus berlanjut setiap harinya dan membuat kamu insomnia. Jika kamu mengalami hal tersebut, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

Cahaya Kamar yang Terang

Ilustrasi orang insomnia. (Special)

 

Cahaya yang terang ternyata dapat mengurangi produksi melantonin, yakni hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal. Dilansir dari National Geographic, hormon melantonin tersebutlah yang menyebabkan rasa kantuk. Cahaya yang terang juga dapat menimbulkan kepala pusing dan mual. Jadi, lebih baik redupkan atau matikan lampu sekaligus ketika ingin tidur lelap.

Suhu Tubuh dan Ruangan yang Terlalu Hangat

Ilustrasi Kurang Tidur. (Special)

 

Ternyata, suhu yang hangat justru bisa menghambat tidur untuk mencapai fase yang lebih dalam, seperti fase bermimpi. Hal tersebutlah yang membuat mimpi kerap muncul ketika suhu sudah stabil atau mengarah ke dingin. Maka dari itu, lebih baik kamu mengatur suhu ruangan agar lebih stabil.

Mengonsumsi Protein yang Berlebihan

Ilustrasi makanan mengandung protein. (Special)

 

Mengonsumsi protein yang berlebihan ternyata membutuhkan banyak waktu untuk mencernanya. Hal tersebut dapat membuat sistem pencernaan terus bekerja, meskipun sudah masuk waktu tidur.

Kondisi ini pula yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Untuk menghindarinya, lebih baik kamu mengonsumsi kacang-kacangan, susu, atau teh chamomile sebelum beranjak tidur. Makanan dan minuman tersebutlah juga akan membuat kamu terlelap lebih cepat.

Tidur dalam Kondisi Lapar

Terbangun saat tidur. (Special)

 

Jika mengonsumsi protein yang berlebihan tidak disarankan, namun ternyata kondisi lapar juga dapat membuat sulit tidur, maka kamu harus tetap mengisi perut sebelum tidur. Perut yang lapar dapat menyebabkan penurunan gula darah yang dapat membuat dirimu bagun di tengah malam. Maka, akan lebih baik jika kamu makan yang cukup, setidaknya 2 jam sebelum tidur.

Masih Bermain Gadget Sebelum Tidur

 

Bermain hp sebelum tidur. (Special)

Sama seperti ruangan yang terang karena cahaya lampu, bermain gadget juga dapat membuatmu sulit tidur. Cahaya terang dari gadget akan menyerang retina dan mengganggu hormon melantonin. Selain membuat sulit tidur, hal tersebut juga akan membuat dirimu mengantuk di pagi hari. Maka dari itu, berhentilah bermain gadget sebelum tidur.

s