5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Suatu Hubungan

Kamis, 28 Desember 2023 | 19:39:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Suatu Hubungan

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Setiap orang pasti ingin memiliki hubungan asmara yang harmonis dan langgeng. Banyak pasangan yang menginginkan untuk bisa lebih banyak menghabiskan sisa hidup bersama pasangan.

Namun, di balik itu tentunya terdapat banyak hal yang harus diperhatikan agar hubungan asmara bisa semakin harmonis. 

Melansir Business Insider, para ahli membeberkan beberapa aspek yang penting dalam sebuah hubungan.

Keamanan Emosional

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/Vera Arsic)

 

Fondasi utama dalam sebuah hubungan adalah keamanan emosional dari pasangan. Menurut Jennine Estes, seorang terapis pernikahan dan pendiri Estes Therapy  mengatakan bahwa keamanan emosional sangatlah penting untuk menciptakan hubungan yang penuh kasih dan suportif.

Keamanan emosional adalah ketika seseorang merasa cukup aman untuk bersikap terbuka dan apa adanya di depan pasangan.

Quality Time

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/Blue Bird)

 

Sebuah studi pada tahun 2021 menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama pasangan dapat membuat seseorang merasa lebih puas dalam hubungannya. Selain itu, menghabiskan waktu bersama pasangan juga dapat menghasilkan kualitas positif dalam hubungan.

Meski begitu, tidak ada aturan pasti yang menyebutkan mengenai berapa banyak waktu yang harus dihabiskan bersama pasangan. Menurut para ahli, yang terpenting adalah seseorang mau meluangkan waktunya untuk pasangan mereka.

Interaksi Positif

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/cottonbro studio)

 

Menurut penelitian dari seorang psikolog, John Gottman, pasangan yang memiliki lima atau lebih interaksi positif akan lebih mungkin untuk bertahan dibandingkan berpisah. 

Interaksi positif dapat dilakukan dengan menunjukkan ketertarikan yang tulus terhadap pasangan dengan menatap mata, dan mengekspresikan kasih sayang secara fisik. Selain itu, memberikan pujian dan apresiasi kepada pasangan juga bisa mempererat hubungan.

Keintiman

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

 

Keintiman dalam sebuah hubungan dapat menimbulkan rasa kedekatan. Banyak orang yang menganggap bahwa keintiman hanya berkaitan dengan hubungan seks, namun Cook-McKay mengatakan bahwa keintiman fisik hanyalah salah satu bagiannya.

Adapun jenis keintiman lain yang sama pentingnya adalah keintiman mental atau intelektual yang melibatkan pembelajaran hal-hal baru bersama-sama, keintiman emosional yang melibatkan pembicaraan tentang pikiran, keinginan, dan ketakutan, serta keintiman berdasarkan pengalaman yang mencakup segala jenis kerja tim.

Rasa Hormat

Ilustrasi Wanita. (Pexels.com/Jonathan Borba)

Hal terpenting lainnya dalam sebuah hubungan adalah rasa hormat satu sama lain. Saling menghormati dalam suatu hubungan dapat berkontribusi pada perasaan percaya dan keamanan emosional, serta meningkatkan kejujuran dan kerentanan. 

Adapun beberapa hal yang dalam dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat kepada pasangan adalah dengan saling memberi ruang kepada pasangan, dan mendukung tujuan serta kepentingan masing-masing.